Skip to main content

Lagu 'Berkibarlah Benderaku' | Dari Sejarah Pencipta, Notasi, Lirik dan Maknanya

myavitalia.com -  "Berkibarlah benderaku, lambang suci gagah perwira....." itulah sekilas cuplikan dari lagu "Berkibarlah Benderaku".  Lagu tersebut adalah salah satu lagu Nasional yang menjadi inspirasi untuk menumbuhkan rasa nasionalisme bagi orang-orang yang mengaku diri sebagai bagian dari bangsa Indonesia.

Sebuah lagu akan kecintaan terhadap negaranya dan kesiapaan akan komitmen menjaga kemerdekaan yang telah dicapai dan mengisinya untuk menjadikan negara tetap gagah berdiri diantara bangsa-bangsa yang ada.

Syair atau lirik yang digunakan untuk menggambarkannya dalam lagu ini adalah dengan menggunan lambang yaitu "Bendera". Dimana sebuah negara yang sudah merdeka tentulah memiliki sebuah Simbol Bendera tersendiri yang khas sesuai makna yang diambil negara tersebut.

Bendera berkibar adalah lambang bahwa bangsa itu tetap berdiri dengan derajat yang dimilikinya. Dan yang berani merusak atau menurukan bendera tersebut, berarti melawan sebuah negara yang memilikinya.

Pencipta Lagu Berkibarlah Benderaku - Ibu Sud (Soed)

Ibu Saridjah Niung yang lebih dikenal dengan sebutan Ibu Soed (Sud) ini adalah salah satu pencipta lagu ternama dari komponis-komponis Nasionalis yang ada di Indonesia. 

Ia adalah seorang keturunan jawa ningrat yang lahir pada pada 26 Maret 1908 dan wafat tahun 1993 pada usia 85 tahun. Dalam perjalanan hidupnya banyak sudah karyanya dalam menciptakan lagu-lagu Nasional bagi negeri ini.

Selain pencipta Lagu Nasional, Ibu Sud juga memiliki sebuah talenta dalam bidang menciptakan lagu anak-anak yang populer di dunia pendidikan taman kanak-kanak Indonesia, di samping itu juga pada jamannya Ibu sud adalah seorang penyiar radio, dramawan, juga seniman Batik.

Untuk khusus Lagu Berkibarlah Benderaku ini merupakan sebuah inspirasi yang didapatkan oleh Ibu sud dikala melihat perjuangan Jusuf Ronodipuro, seorang pimpinan kantor RRI (Radio Republik Indonesia) di saat menjelang agresi militer  Agresi Militer Belanda I pada tahun 1947.

Jusuf Ronodipuro kala itu berani menolak ancaman senjata api dari Belanda untuk menurunkan bendera Indonesia Merah Putih yang berkibar di  kantor RRI yang dengan latang meneriakkan “Kalau memang bendera harus turun, maka dia akan turun bersama bangkai saya!”

Makna Bendera Merah Putih dan Lagu Berkibarlah Benderaku

Benderaku, ini tentunya ditujukan bahwa Bendera tersebut adalah Bendera Indonesia yang didapatkan dari perjuangan bagsa ini untuk mencapai sebuah kemerdekaan.

Bendera Indonesia memiliki warna Merah dan putih yang memiliki arti khusus yaitu Merah Berani dan Putih Suci. Disamping makna tersebut Merah juga melambangkan sebuah persatuan Tubuh (Merah) dan Jiwa (Putih) Manusia yang keduanya saling melengkapi dan menyempurnakan sejadi sebuah keutuhan.

Dalam sejarah yang ada, kedua warna itu juga mengandung sebuah warna yang suci. Kedua warna tersebut adalah sebuah warna yang menjadi bahan utama masakan yang menghidupi warganya yaitu melekat pada (nasi-Putih) dan Gula aren (menyerupai warna aren dengan warna merah gelap).

Dalam kebudayaan jawa juga, terdapat kepercayaan bahwa kehamilan yang terjadi dimulai sejak bersatunya unsur merah, yang menjadi lambang ibu yaitu darah yang tumbuh ketika sang bayi lahir, dan unsur putih sebagai lambang ayah yang ditanam di gua garba.

Melihat dari makna yang terkandung dari Warna bendera itu, sudah barang tentu, sebuah lagu Berkibarlah benderaku menginnkan kita dalam menjaga makna suci yang terkandung didalam bendera itu.

Selain warna bendera memiliki makna yang begitu dalam bagi kehidupan manusia yang meyakininya, Bendera merupakan sebuah simbol kedaulatan dan Derajat sebuah bangsa.

Sudah barang tentu, Indonesia menginginkan sebuah kedaulatan dan derajat yang harus diakui dimata dunai sebagai bangsa yang merdeka.

Sebuah kegigihan, pertaruhan jiwa dan raga untuk sebuah derajat dan kedaulatan bangsa pun harus terus ditanamkan agar indonesia tetap jaya di bumi dan di mata dunia.

Partitur Not Angka Lagu Berkibarlah Benderaku

Lagu Berkibarlah Benderaku yang terinspirasi dari sebuah kegigihan membela bendera yang menjadi tanda kedaulatan bangsa kita ini, akan bisa memberi semanagat yang berkobar bila dinyayikan dalam tempo "Di Marcia" yang artinya dinyanyikan dengan hentakkan-hentakan seperti orang baris berbaris. Untuk temponya sendiri memiliki hitungan kurang lebih antara 83 - 85 Bpm.

Birama yang digunakan dalam lagu ini adalah 4/4. Untuk Keperluan menyayikan lagu secara bersama-sama, lagu ini akan baik dinyanyikan dalam nada dasar DO=G karena nada terendah terletak pada nada 5 (rendah) dan nada tertinggi adalah nada 6 (sedang). 

Namun untuk kondisi tertentu dan bisa dinyayikan secara solo, nada dasar bisa dinaikkan atau di rendahkan sesuai dengan jenis suara yang dimiliki (sopran, alto atau tenor, bas) masing-masing orang.


Rangkuman Lagu Berkibarlah Benderaku

Pencipta Lagu: Ibu Sud
Nada Dasar: DO = G
Birama 4/4
Tempo: Di Marcia


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
close