Lagu Apuse | Pencipta, Asal, Lirik, Beserta Makna Lagunya

myavitalia.com - Apuse kokon dao.. bla--bla-la... dan seterusnya. Itulah sekilas lirik awal dari lagu yang berasal dari daerah bagian Timur Indonesia, tepatnya berasal dari daerah Papua, Irian jaya sebagai lagu daerah anak-anak nusantara.

Lagu Apuse menjadi salah satu lagu yang terpopuler selain lagu "Yamko Rambe Yamko" yang juga berasal dari papua.

Liriknya yang sedikit, sederhana, gaya lirik yang berulang-ulang serta nadanya yang enak  membuat lagu ini mudah diingat.

Walaupun "Apuse" merupakan lagu daerah tapi terbukti sudah akrab ditelinga masyarakat Indonesia, dan saya yakin juga pasti anda bisa menyanyikan lagu tersebut.

Jika anda mencoba mencari siapa pencipta lagu Apuse, mungkin anda tidak akan menemukannya. Lagu daerah Apuse merupakan sebuah lagu turun menurun yang tidak diketahui penciptanya, alias Pencipta lagu Apuse adalah "NN"= No Name

Makna Lagu Apuse

Lagu apuse memiliki sebuah cerita dan makna yang mungkin kita dapat telaah jika sudah mengerti dari atri atau terjemahan lagu tersebut kedalah bahasa yang di mengerti seluruh rakyat indonesia, yaitu bahasa indonesia.

Melihat dari Judulnya " APUSE" yang artinya Nenek atau Kakek, bisa diartikan bahwa lagu ini memiliki sudut pandang  cerita hati seorang kakek/nenek.

Seorang kakek atau nenek mempunyai seorang cucu, yang pada titik tertentu ingin pergi merantau untuk mencari sebuah kehidupan yang lebih baik ke daerah atau negeri seberang.

Dan tujuan tersebut adalah ke teluk doreri yang menjadi pusat keramaian dan perekonomian di sana.

Teluk Doreri merupakan sebuah teluk dimana terdapat sebuah pelabuhan Domestik Nasional, maupaun anta papua sendiri, disana roda perekonomian lebih

Selain itu teluk Doreri juga menjadi sebuah pintu masuk jalur laut menuju Manokwari yang merupakan ibukota Papua barat juga ibukita kabupaten Manokwari itu sendiri.

Dalam sejarah yang ada, teluk Doreri memiliki sebuah peranan penting dalam penyebaran agama kristen katolik yang saat ini menjadi agama mayoritas disana.

Dengan kepergian cucunya tersebut, Sang kakek merasakan sebuah kesedihan karena perpisahan yang dialami. Walaupun demikian sang kakek tetap harus merelakannya, karena niat dari cucu tersebut adalah untuk mencari kehidupan yang lebih baik.

Lirik Lagu "Apuse" dan Terjemahannya kedalam Bahasa Indonesia beserta Not Angka dan Kunci /Chord-nya



Apuse kokon dao
Kakek/nenek aku akan pergi

Yarabe Soren Doreri
Ke negeri seberang, Teluk Doreri

Wuf lenso bani nema baki pase
Pegang sapu tangan dan melambaikan tangan

Apuse kokon dao
Kakek/nenek aku akan pergi

Yarabe Soren Doreri
Ke negeri seberang, Teluk Doreri 

Wuf lenso bani nema baki pase
Pegang sapu tangan dan melambaikan tangan

Arafabye aswarakwar
Kasihan aku, selamat jalan cucuku

Arafabye aswarakwar
Kasihan aku, selamat jalan cucuku


Informasi Umum Lagu Apuse

Asal Lagu Apuse : Papua
Pencipta Lagu Apuse: NN
Nada Dasar yang sering biasa dipakai : DO=C
Birama : 4 / 4
Tempo Lagu: Moderato

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Lagu Apuse | Pencipta, Asal, Lirik, Beserta Makna Lagunya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel