4 Cara Ampuh Print Screen - Screen Shot di PC Laptop Berserta Pointer dan Kursornya.

myavitalia.com - Mempresentasikan sebuah tutorial, atau tugas-tugas lain yang berkenan dengan teknologi Informasi dan komputerisasi, pada kesempatan tertentu sering membutuhkan sebuah tindakan menampilkan gambar sebuah tampilan layar komputer secara keseluruhan atau pun sebagian, bahkan mungkin sebuah tampilan pointer pun perlu dinampakkan dalam gambar tersebut.

Untuk menangkap gambar atau capture semua aktifitas yang sedang terjadi dalam layar / screen di komputer atau Laptop pada saat tertentu dan kemudian dijadikan dalam bentuk gambar disebut sebagai sebuah tindakan Print screen 

Gambar yang dihasilkan sebuah tindakan print screen ( Screen Shot) tersebut dapat menjadikan sebuah tampilan yang bisa menerangkan sesuatu yang terjadi dalam tangkapan layar komputer saat itu.

Untuk melakukan print screen tesebut, sebenarnya sangat mudah, karena pada dasarnya sudah disediakan sarana atau alatnya oleh setiap perangkat laptop atau komputer untuk melakukan tindakan tersebut.

Walaupun cara ini cukup mudah, tetapi masih ada sebagian orang yang masih belum paham untuk melakukan print screen ini.

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk melakukan print screen ini yang secra agaris besar yaitu menggunakan alat yag sudah sediakan oleh windows sendiri (sniping tool), tombol PRNTSC (printscreen) yang ada ada setiap keyboard, juga dengan aplikasi dari pihak ke 3 seperti gadwin print screen dan aplikasi ainnya.

 1. Cara Print Screen Hanya Dengan Tombol PRINTSCREEN  saja.

Cara pertama ini bisa dikatakan cara yang paling mudah, hanya dengan tekan tombol print screen lalu tempelkan pada aplikasi lain untuk memunculkan hasil tangkapan gambar tersebut.

Langkah lengkapnya sebagai berikut:

Langkah 1: Buka secreen atau layar yang akan di tangkap gambarnya. sebagai contoh saya buka homepage www.myavitalia.com


Langkah 2: Cari Tombol dengan tulisan PRNTSC/SYSRQ atau Print Screen/PrtSc SysRq, lalu tekan tombo tersebut.


Pada masing-masing keyboard biasanya memiliki letak tombol yang berbeda, siahkan cari saja, tapi pada umumnya Print Screen tedapat pada bagian kanan keyboard.

Secara perasaan tindakan tersebut tidak terdapat reaksi apa-apa, soalnya tidak ada tanda-tanda yang terlihat saat memencet tombol tersebut.

Walaupun seperti itu, sebenarnya pada sistem telah merekam semua tampilan yang terdapat pada layar yang saat itu sedang terbuka.

Langkah 3: Untuk melihat hasilnya, kita dapat tempelkan gambar tersebut ada aplikasi lain seperti
MS Office (MS Word, MS Excel, Power Point dll), namun gambar tersebut akan disimpan menjadi satu dengan dokumen dengan extensi masing-masing dokumen.

Caranya pada MS Office ( contoh MS Word) setelah melakukan langkah 2 di atas tadi,
  • selanjutnya buka dokumen office (contoh Ms Word), 
  • letakkan kursor pada halaman yang akan di tempelkan gambar tersebut, 
  • Lalu tekan keypad CTRL+ V (paste) untuk memunculkannya pada halaman tersebut.



Atau untuk menjadikan Print screen tersebut dalam bentuk format Gambar seperti JPG, PNG atau yang lainnya, bisa buka aplikasi lain seperti Paint atau aplikasi sejenis yang lainnya.

Caranya pada Aplikasi Paint: setelah menekan tombol print screen ada langkah ke 2 diatas tadi
  • Buka Paint
  • Lalu tekan keypad CTRL+ V (paste) untuk memunculkannya pada halaman tersebut.
  • Selanjutnya simpan-Save AS (pilih salah satu format gambar yang diinginkan seperti JPG, PNG atau yang lainnya)


 2. Cara Print Screen Kombinasi  ALT + PRINT SCREEN  

Cara Print Screen ke dua ini menggunakan kombinasi tombol Alt + Prt Scr. Kombinasi tombol tersebut fungsinya untuk menghasilkan tangkapan gambar hanya mengenai Window /Jendela Paling depan atau jendela yang aktif sedang digunakan terakhir kali.

Untuk aplikasi lain yang sedang dibuka namun berada di susunan kedua dan seterusnya, serta taskbar yang ada tidak akan terkena tangkapan.

Sebagai contoh saya membuka 2 aplikasi secara bersamaan, yaitu Winamp dan MS Word. Posisi yang sedang aktif digunakan atau jendela paling depan adalah winamp dan jendela setelahnya adalah jendela MS Word.




Maka yang tertangkap dengan kombinasi alt+prt scr adalah hanya aplikasi jendela Winamp saja. Untuk MS Wordnya tidak akan tertangkap atau diabaikan. untuk hasil print screennya bisa lihat gambar dibawah ini:


Untuk menjadikan hasil Prt scr tersebut, anda bisa buka aplikasi lain seperti Paint, kemudian Paste (ctrl+V) dan kemudian menyimpannya, sama seperti cara pertama di atas.

 3. Cara Print Screen dengan Aplikasi Snipping Tool Pada windows 7, 8, 10

Aplikasi Snipping Tool merupakan Aplikasi bawaan windows yang sudah ada mulai dari Windows 7 ke atas (8, 8.1, dan Windows 10), yang memungkinkan bagi pengunanya melakukan screen shoot / print screen baik secara full size maupun sebagian dengan sistem crop sesuai yang diperlukan saja.

Cara ini juga cukup nyaman  dan mudah untuk melakukan penggambilan gambar pada tampilan layar atau jendela yang sedang aktif.

Caranya Cukup Mudah:

Langkah 1: Buka Jendela atau layar yang akan di screen shot / print screen.

Langkah 2: Selanjutnya cari dan  klik aplikasi sniping tool.

Aplikasi Snipping tool biasanya berada pada menu utama (start Menu==> All Program==> Snipping tool (Win7)), atau langsung ketik saja di menu pencarian dengan kata kunci "Snipping.."



Langkah 3: Dengan meng klik snipping tool, maka secara otomatis Kursor akan berubah bentuk seperti tanda Plus (+) yang berarti kursor tersebut siap untuk men crop bagian yang akan di ambil gambarnya.

Setelah pointer berubah bentuk menyeruai tanda Plus (+), Drag Pointer tersebut untuk memperoleh area gambar yang akan diambil.


Langkah 3: Setelah dirasa drag pointernya sesuai dengan area yang akan diambil gambarnya. Selanjutnya lepaskan saja Drag tersebut. Maka secara otomatis akan di bawa ada aplikasi Snipping tool yang menampilkan hasil print secreen tadi.



Langkah 4: Selanjutnya Save (gambar disket), dan silahkan tentukan jenis extension gambat yang akan dipakai, biasanya terdapat 3 pilihan yaitu PNG, JPEG dan GIF.


 4. Cara Print Screen Full dengan Tampilam Cursor atau Pointer (Gadwin Print Screen)

Nah untuk cara terakhir yang saya bagikan ini, saya rasa cara yang paling ampuh. Dan Aplikasi ini adalah aplikasi prinscreen favorit saya. Mengapa demikian?

Karena dari ke 3 cara di atas semuanya tidak bisa menampilkan semua hal yang sedang terjadi dalam layar yang sedang aktif. 

Ini terbukti bahwa pointer atau cursor yang tampil ada layar atau jendela laptop atau komputer tidak terekam seluruhnya.

Namun dengan cara ini, anda bisa merekam seluruh yang tampil pada layar komputer atau laptop termasuk kursor atau pointer yang sedang aktif saat itu.

Untuk memperoleh print screen seperti itu, pada aplikasi standar bawaan windows dan tombol prinscreen biasa, tidak bisa melakukannya.

Maka untuk menghasilkan print screen full Pointer dan kursor yang sedang aktif anda bisa gunakan aplkasi dari pihak ke 3 atau aplikasi lain seperti Gadwin Print Screen yang bisa anda download secara gratis dan instal aplikasi tersebut.

Dalam Aplikasi Gadwin Print screen kelebihan yang bisa didapatkan adalah
  • Print Screen bisa merekam tampilan pointer dan Kursor yang sedang aktif
  • Print screen memiliki beberapa pilihan tangkapan yaitu bisa menangkap / Capture sesuai keinginan dengan sistem crop, serta bisa juga menampilkan full screen windows yang sedang aktif.
Biasanya jika anda sudah menginstal aplikasi ini, fungsi print screen bawaan windows yang terdapat pada papan keyboard masing-masing komputer (cara 1 sampai 4) tidak berlaku lagi, namun fungsinya akan diambil alih oleh gadwin print screen.

Aplikasi Gadwin Print screen ini secara otomatis akan selalu berjalan setiap kai laptop atau PC hidup atau aktif. Kecuali memang sengaja aplikasi ini untuk sementara dimatikan oleh penggunanya.

Untuk melakukan print screen dengn gadwin print screen cukup mudah. caranya hamir sama dengan cara pertama sampai ke 4.

Langkah 1: Buka Jendela atau pilih tampilan layar yang akan di screen shot atau print screen

Langkah 2: Tekan tombol Print Screen atau beberapa kombinasi Alt+PrntScn, Ctrl+Prnt Scn yang ada pada papan keyboard laptop atau PC.

Gadwin Print Screen dapat melakukan Penangkapan gambar untuk :

- Full seluruh Layar komputer dengan menekan "Prt Scr / SysRq" saja


- CROP / Rectangle Area yaitu menangkap gambar dengan mengcrop bagian yang kita inginkan saja seperti halnya sama dengan proses di Snipping Tool. Tangkapan ini dapat dilakukan dengan menekan tombol :"CTRL+Prt Scr/Sys Rq"

- Windows Print screen yaitu menangkap gambar dengan deteksi otomatis bagian-bagian tertentu yang merupakan satu bagian dari yang dituju oleh pointer. Tangkapan tersebut dapat dilakukan dengan menekan tombol:  "Shift+Prt Scr/Sys Rq"


Langkah 3: Setelah menekan tombol Print Screen tersebut ataupun kombinasinya biasanya akan muncul jendela atau bagian dari jendela dengan tanda Cheklist √ (save) dan stop (pembatalan).


Langkah 4: Untuk mengyimpan pilih tanda Save . Nanti secara otomatis gambar akan  disimpan dalam folder C:\Users\(nama user)\Pictures\My Screen Shots.

Demikianlah sharing mengenai cara print screen atau Screen Shot yang dapat dilakukan dari PC, komputer atau laptop anda.

Semoga cara ini bisa mempermudah anda dalam mengerjakan tugas yang diberikan, atau untuk keperluan anda yang memerlukan tindakan print screen untuk menerangkan apa yang anda kerjakan.



Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "4 Cara Ampuh Print Screen - Screen Shot di PC Laptop Berserta Pointer dan Kursornya."

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close