6 Trik Mudah Membuat Tabel di MS Word | Lengkap Cara Pengaturan dan Modifikasinya

myavitalia.com - Menyajikan sebuah kumpulan data baik angka maupun tulisan agar dapat dimengerti dengan mudah, bisa dilakukan dengan beberapa cara,yaitu dengan menggunakan grafik atau menggunakan tabel.

Tabel secara umum diartikan sebagai sebuah susunan data yang terdiri dalam baris dan kolom. Sebuah tabel dapat menyajikan sebuah ringkasan sebuah tulisan ataupun sebagai pelengkap yang bisa menjelaskan sebuah dokumen secara ringkas namun berisi sebuah data yang lengkap.

Data yang dikelompokkan menggunakan sebuah tabel terbukti dapat membantu dalam merapikan sebuah data, sehingga akan membantu seseoranguntuklebihmemahami data tersebut dari pada disajikan dalambentuk tulisan yang begitu panjang denganberbagai uraian didalamnya.

Dalam kesempatan ini, saya akan membahas seputar pembuatan sebuah tabel beserta beberapa pengaturan dan modifikasinya,sehingga bisa mendapatkan sebuah tabel yang menarik dan mudah dipahami oleh penggunanya.

Tabel ini anda bisa buat dalam sebuah program dari microsoft office yaitu MS Excel dan MS Word.

Microsoft word yang merupakan sebuah program khusus pengolahan kata yang terbaik, juga melengkapi fiturnya dengan sebuah fitur Insert Table sebagai pendamping dalam menyajikan data dan dokumen yang telah dibuat dalam MS Word tersebut.

Dasar pembuatannya, dari beberapa versi yang berbeda seperti MS Word 2007, 2010, 2013 memiliki cara yang mirip bahkan sama, cuma memiliki beberapa perbedan tata letak dalam tampilaan yang di suguhkan.

Membuat Tabel dalam pembuatannyamenggunakan salah satu fitur yang terdapat pada menu Ribbon /Tab "Insert" yang sebelumnya juga dibahas dalam pembuatan sebuah diagram dan chart/grafik.

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk membuat tabel tersebut. Anda bisa simak dan silahkan pilih sesuai dengan kenyamanan anda dalam membuatnya.

  5 Pilihan Cara Mudah Untuk  Membuat Tabel di MS Word

Untuk Tutorial kali ini sayaakan sajikan dari MS Word 2016. Untuk versi yang lain jangan kawatir, tutorial ini memiliki dasar yang sama bisa diikuti oleh versi-versi yang lain (seperti MS Word 2007, 2010, dan 2013.

Untuk membuat sebuah tabel yang terdapat dalam Fitur Tab Insert-Table dapat dilakukan dengan cara 
  • menunjuk dengan pointer jumlah gambar cell (garis dan kolom)
  • mengetiknya langsung dengan jumlah baris dan kolom
  • menggambarnya per baris/kolom dengan fungsi Draw Tabel
  • menyisipkan spreed sheet Excel agar lebih mudah dalam sebuah penghitungan data
  • Quick Table yaitu template khusus yang telah disediakan dengan ciri khas mmasing-masing.
  • Membaca Susuan Text dan di convert kedalam tabel.

Cara 1: Menggunakan drag Pointer (Matrik Table)

Langkah 1: Posisikan Kursor pada halaman dimana tabelakan dimunculkan

Langkah 2: Pilih Tab Insert==>Ribbon " Table"




Langkah 3: Selanjutnya akan muncul gambar kotak-kotak yang bisa dipilih untuk menentukan jumlah kotak tabel yang akan dibuat.

Langkah 4: Arahkan pointer pada kotak-kotak tersebut. Pointer jika digerakkan akan membuat kotak-kotak tersebut berwarna jingga yang memunjukkan jumlah baris dan kolom yang akan dipilih (jumlah ditunjukkan pada bagian kiri atas kotak-kotak tersebut) 

Contoh gambar di atas menunjukkan jumlah 4 kolom dan 5 baris ( 4 x 5 table)

Langkah 5: Pilih kolom dan baris sesuai yang akan digunakan dengan menaik pointer tesebut pada posisi yang sesuai. Setelah dirasa pas /sesuai ,silahkan klik pada posisi terakhir tersebut.

Maka tabel kosong akan dimunculkan pada lembar kerja dimana kursor terakhir diletakkan.

Langkah 6: Untuk menulis dalam tabel tersebut, mulailah dengan menempatkan kursor pada kotal atau cell dimaka akan menempatkan tulisan tersebut.


Cara 2: Mengisi  Jumlah Baris Dan Kolom dengan Angka.

Langkah 1#: Posisikan kursor pada halaman dimana akan di tempatkan tabel tersebut

Langkah 2#: Pilih Tab " Insert " ===> ribbon " Table" ===> "Insert Table..."


Langkah 3# : selaanjutnya dengan memilih insert table tadi, maka kita akan dibawa pada jendela baru dimana kita akan diberi pilihan untuk mengisi berapa jumlah kolom dan baris yang akan dibuat.

  • Number of columns==> isi dengan jumah kolom akan kita buat
  • Number of rows==> Isi dengan jumah garis yang akan kita buat
Selain mengisi jumlah kolom dan baris, juga diberi piihan kostumisasi untuk lebar tabel yang akan muncul nantinya;
  • Fixed Column Width  (isi dengan auto untuk menghasilkan lebar otomatis yang diberikan oleh MS Word, atau pilih ukuran tersendiri sesuai keinginan.)
  • Autofit to Content (lebar kotak atau tabel yang dihasikan akan menyesuaikan dengan isi tuliasn yang berada dalam kotak atau tabel tersebut)
  • Autofit to windows (lebar tabel akan mengikuti lebar lembar kerja pada ms word yaitu lebar tabel akan ful dari tepi margin kanan sampai batas margin kiri)

Sebagai contoh saya kanan membat tabel dengan kolom: 4 dan baris: 5 dengan menggunakan pilihan autofit windows. maka hasilnya seperti dibawah ini.


Langkah 4: Selanjutnya siap untuk diisi dengan tulisan atau data yang akan masukkan ke tabel tersebut

Cara 3: Draw Table menggambar langsung dengan pensil Gambar yang disediakan.

Cara ke 3 ini, tidak begitu populer karena harus meluangkan waktu mencorat-coret, dan dibuat satupersatu setiap cell atau kotak yang akan di jadikan tabel.

Namun jika penasaran bisa anda coba.

Langkah 1#: langkah pertama ini tidak seperti langkah pada cara yang lain, Letakkan kursor bebas dimana saja. Anda tidak perlu bingung akan menaruh kursor dimana dahulu karena kursor akan dibentuk dari drag pensil ita.

Langkah 2#: Pilih Tab Insert kemudian Ribbon "Table"===> Draw Table


Langkah 3#: dengan mengklik Draw table maka secara otomatis pointer akan berubah seperti tampilan pensil, yang fungsinya bisa untuk menggambar kotak-kotak tabel.

Langkah 4#: Untuk menggambar table tersebut, caranya dengan drag (Klik kiri, tahan dan tarik) pensil tersebut sesuai dengan lebar yang diinginkan.

Tips menggambar agar kotak yang satu dan yang lain bisa tersambung, yaitu  pada pembuatan kotak ke 2 dan seterusnya, posisikan pensil menyentuh garis tepi pada kotak sebelumnya, baru selanjutnya drag pensil tersebut untuk meneruskan menggambar kotak yang lain.

lihat contoh gambar dibawah ini
Menggambar tanpa mengenai garis tepi tabel atau kotak yang sebelumnya, maka hasilnya akan terpisah.



Menggambar dengan mengenakan garis tepi kotak atau tabel sebelumnya, akan menghasilkan beberapa kolom dan baris yang saling berhunbungan.

Langkah 5# silakan teruskan menggambar tabel sebanyak kolom dan baris yang diinginkan.

Langkah 6# Jika dirasa sudah cukup, silahkan saja langsung di isi dengan data yang sudah anda persiapkan.


Cara 4:  Menyisipkan Spreed Sheet Excel

Selain beberapa fitur lain seperti pembuatan diagram dan grafik yang bisa terhubung dengan fitur excel, ternyata dalam pembuatan tabel di MS Word.pun diberi keleluasaan untuk mengolah datanya dalam sebuah Speadsheet Excel.

Cara ke 4 ini merupakan sebuah cara membuat tabel yang keperluannya lebih pada keperluan untuk mengolah data perhitungan, karena bisa menyisipkan rumus-rumus excel dalam tabel tersebut.

Langkah 1# Letakkan Kursor dimana akan diletakkan tabel nantinya.

Langkah 2# Piih tab Insert===> Ribbon Table===> Excel Spreadsheet.



Langkah 3# Maka secara otomatis selanjutnya akan muncul tampilan Excel Spreadsheet.



Langkah 4# Silahkan isi data sesuai yang sudah di siapkan.

Langkah 5# Untuk kembali pada tampilan tabel MS Word dan menghilangkan tampilan Excel spreadsheet, silahkan double klik halaman kosong di luar spread sheet tadi.

atau jika ingin mengedit atau memodifikasi tabelnya lagi (memunculkan spreadsheet), klik double pada tampilan tabel tanpa bingkai Excel.

Cara 5:  Membuat Table dengan Gaya Cepat (Quick Table)

Untuk cara ke 5 ini cocok bagi anda yang tidak mau ribet dengan memodifikasi table secara namual. Karena Quick Tabel memberikan beragam tanilan tau gaya untuk table ynag akan digunakan.

Langkah 1# Pastikan kursor beada pada posisi dimana table tersebut akan ditempatkan.

Langkah 2# Pilih Tab Insert===> Ribbon Table==> Quick Table

Langkah 3# Dalam Quick Table disediakan macam macam gaya tabel. silahkan pilih sesuai yang akan anda pakai. Pilihan diantaranya adalah Gaya Calender, Double Table, Tabular List, Matrik, dan masih banyak lagi.



Langkah 4# Setelah menentukan jenis mana yang akan dipilih, silahkan klik langsung gaya tersebut, maka akan secara otomatis table akan keluar dengan gaya yang sudah dipilih.

Langkah 5# Sebagai contoh saya piih gaya Matrik, maka akan muncul gaya dengan tampilan bawaan yang siap di edit dan di isi sesuai data yang anda punya.




Cara 6:  Membuat Table dengan Convert Text

Untuk cara ke 6 ini cocok bagi anda yang telah mempunyai sebuah text yang tersusun menyerupai table dengan pemisah  atara tulisan yang satu dengan yang lainnya adalah dengan fungsi Tab (bukan Spasi) dan Enter. 

Atau tanda lain yang anda tentukan sendiri seperti tanda koma, minus, paragraf atau yang lainnya.

sebagai contoh saya akan menggunakan fungsi tab dan enter pada setiap teks yang saya buat.

Fungsi pemisah Tab ini akan dibaca oleh sistem merupakan pembatas baris cell atau kotak yang bersebelahan. 

Sedangkan fungsi enter dibaca sebagai pemisah atau pembatas antara cell atau kotak bawah dengan kotak atas.

Langkah 1# Siapkan data yang akan diconvert atau diberikan sebgauh border dalam bentuk tabel.

Langkah 2# Blok Semua teks tersebut.



Langkah 3# Pilih Tab Insert==. Ribbon Table ===> Convert  text to table.




Langkah 4# maka secara otomatis akan muncul tampilan jendela pengaturan jumlah kolom baris, pilihan pemisah, dan lebar table.

Jendela pengaturan tersebut akan membaca secara otomatis, susuan teks yang diblok tadi.



Untuk Pengaturan " Separat Text at" berarti teks atau ketikan tertentu yang akan dikonversi menjadi garis pembatas pada table. pilihan yang diberikan adalah

Tab: setiap fungsi tab yang ada pada teks tadi akan dijadikan garis pembatas
Paragraf: setiap fungsi paragraf  yang ada pada teks tadi akan dijadikan garis pembatas
Commas: setiap tanda Koma  yang tedapat pada teks tadi akan dijadikan garis pembatas
Other: anda bisa menetukan sendiri, tanda apa yang akan dijadikan pembatas.

Langkah 5# Selanjutnya jika sudah pas seluruh engaturan yang ada, silhkan pilih "OK".  

Maka selanjutnya text dan table akan menjadi satu, teks dengan sentuhan table yang mengeliinginya.


Itulah 6 langkah memunculkan atau membuat tabel standar di microsoft word. untuk selanjutnya kita melangkah untuk trik-trik memodifikasi dan Pengaturan Tabel di MS Word.


Modifikasi Editing dan Pengaturan Tabel di MS Word

Tabel dalam bentuk standar, bisanya kurang bisa slalu sesuai dengan keinginaan kita. mungkin masalah lebar dan tinggi table yang tidak sesuai, keperluan data yang harus menggabungkan atau menghapus kolom atau baris yang satu dengan yang lainnya, mengatur tata letak alignment teks yang ada, atau mungkin juga ingin mempercantik tabel dengan perpaduan wana pada kolom atau baris yang sudah ditentukan.

Nah untuk keperluan tersebut, berikut cara memodifikasi tabel tersebut dalam beberapa bagian.

➲ Cara Menambahkan Baris atau Kolom pada tabel di MS Word

Untuk memenuhi kebutuhan menambah sebuah kolom atau baris pada tabel, kita dapat menambahnya dengan memfungsikan klik kanan pada posisi kursor saat itu berada.

Caranya:
1. Letakkan kursor pada salah satu baris atau kolom yang akan di tambahkan sebuah baris atau kolom baru.

2. lalu Klik kanan===> Insert==> pilih posisi kolom atau baris yang akan ditambahkan.


  • Insert Column to the Left: Menambahkan sebuah kolom pada bagian kiri di mana kursor saat itu berada.
  • Insert Column to the Right: Menmbahkan sebuah Kolom pada bagian kanan di mana kursaor saat itu berada.
  • Insert Rows Above: menambahkan sebuah baris di atas dimana kursor itu berada.
  • Insert Rows Below: menambahkan sebuah baris dibawah dimana saat itu posisikursor berada.

➲ Cara Menghapus Kolom atau Baris
Selain dapat menambah baris dan kolom, kita juga dapat menghapusnya kembali setiap baris atau kolom yang kita buat, caranya dengan memfungsikan klik kanan.

Caranya:

1. Letakkan Kursor pada baris atau kolom yang akan di hapus

2. Lalu Klik Kanan sehingga akan memunculkan beberapa pilihan dan pilih Delete cell




3. Dengan memilih Delete cell, maka secara otomatis akan dibawa ke jendela delete cell dengan beberapa pilihan

Delete Entire Row : Menghapus Baris yang terdapat di mana kursor tersebut berada
Delete Entire Colom : Menghapus Kolom yangterdapat kursor saat itu berada.

4. selanjutnya untuk mengkonformasi pilihan delete/ penghapusan tersebut. Klik "OK", Maka baris atau kolon yang dimaksud akan terhapus.

➲ Cara Menggabungan beberapa kolom atau baris menjadi satu (Merge Cell)

Untuk beberapa keperluan, seperti memberi keterangan yang menggabungkan data di bawahnya  baris tersebut merupakan dalam kategori yang sama, biasanya diperlukan penggabungan beberapa kolom atau baris menjadi satu.

Caranya cukup mudah:

1. Blok beberapa baris atau beberapa kolom yang akan di gabungkan menjadi satu

2. Selanjutnya Klik kanan, pilih Merge Cell



3. dengan meng-klik mergecel yang artinya menggabungkan kotak, maka beberepa baris atau kolom yang di blok tadi akan menjadi satu.
4. Jika ternyata anda bermaksud membatalkan kembali penggabungan tersebut. Anda tinggal Klik kanan pada kolom atau baris yang sudah tergabung tersebut, selanjutnya pilih split cell.

6. Dengan memilih Split cell, maka beberapa kolom atau baris yang di gabungkan tadi akan terpisah kembali menjadi pada jumlah kolom atau baris sebelumnya.

➲ Cara mengubah Ukuran Baris atau Kolom Pada Tabel

Selanjutnya untuk melakukan editing atau modifikasi pada ukuran lebar dan tinggi kolom pada tabel. Anda bisa menggunakan sistem merubah ukuran dengan digit angka yang sesuai. atau menngunakan sistem drag pointer pada posisi yang diinginkan.

Cara 1#
Letakkan kursor dimana kolom atau baris akan diubah ukurannya

Selanjutnya pilih Tab Layout ==> Ribbon Cell Size, 

kemudian isikan nilai digit angka untuk lebar baik itu lebar kolom (width)  atau Tinggi baris (height)


Cara 2#  Menggunakan sistem drag pointer pada garis kolom atau baris.
Posisikan ponter pada garis yang akan di tarik sampai pointer berubah bentuk seperti panaj dengan garis 2 di tengahnya.

Selanjutnya tarik sesuai lebar yang diinginkan.



➲ Cara mengatur posisi text (Alignment-Text Direction)

Sebuah teks pada tabel akan terlihat rapi bila di susun proporsional dengan tabel yang ada. Salah satunya adalah dengan mengatur text alignment tersebut baik rata tengah (vertikal Horizontal), kanan, atau kiri serta bisa memposisikan terbalik tulisan dalam tabel (text direction)

Cara 1# pengaturan Text Alignment:

Blok cell atau text yang ajakan diatur posisi alignmennya.

Selanjutnya Layout==> Ribbon Alignment.  Dalam ribon tersebut terdapat beberapa lambang yang menunjukkan posisi text Alignmen baik rata kanan, kiri dan rata tengah (baik Vertikal maupun Horizontal)


Cara 2# Mengubah Text Direction

Text direction ini, bisa membuat tulisan berposisi terbalik ataupun menyamping.

caranya:
Blok text atau letakkan kursor pada cell dimana tulisan tersebut akan diubah text directionnya.

Selanjutnya pilih Tab Layout===> Ribbon Alignment

Sesuaikan posisi yang dipilih dengan meng klik text direction sampai berubah tanda seperti posisi yang diinginkan. selain kitu juga bisa dikombinasikan dengan perubahan text aligenmen seperti cara diatas.

Lihat contoh gambar dibawah ini. Alignment rata kanan, dan text direction terbalik menyamping.


➲ Cara Memberi Warna pada Cell dan Variasi Garis Tabel

Untuk memberi sentuhan penuh warna pada tabel anda, anda bisa memodifiasinya dengan tabel yang berwarna.

Cara 1# untuk memberi warna kolom atau baaris tabel yaitu
Blok atau letakkan kursor pada kolom atau baris yang akan di beri warna

Selanjutnya pilih Tab Home==> Ribbon Paragraf==> Klik gambar Shading===> Pilih Warna yang anda sukai.



Cara 2# Mengubah warna garis tabel dan bentuk garis tabel.

Blok bagian tabel yang akan di beri sentukan perubahan warna maupun perubahan jenis garis tersebut.

Selanjutnya Pilih Tab Home==> Ribbon Paragraf==> klik drop down gambar border ==Pilih Border and Shading, 


maka selanjutnya akan muncul pengaturan untuk merubah bentuk garis dan warna garis tabel tersebut

Style: Jenis garis
Color: Warna Garis
Width: Ketebalan garis

Silahkan modifikasi sesuai selera anda. setelah fix, silahkan pilih OK. 
lihat contoh hasilnya dibawah ini
Cara 3: Membuat Garis Diagunal pada cel tertentu

Variasi Garis pada Tabel juga diperlukan untuk beberapa keperluan, seperti halnya membuat garis diagunal juga dapat dilakukan dalam tabel di MS Word.

Untuk membuat Garis diagonal caranya cukup mudah.

# Letakkan Kursor pada bidang atau cell dimana akan dibuat garis diagonal didalamnya.

# Selanjutnya Pilih Tab Home==> Ribbon Paragraf==> klik drop down gambar border

#lalu klik salah satu pilihan garis diagonal. (Up Diagonal atau Down Diagonal)



Itulah cara dan modifikasi dasar dalam pembuatan tabel di MS Word.

Semoga dengan tutorial ini, bisa menjadi dasar anda dalam membuat table di MS Word, dan selanjutnya dapat menghasilkan sebuah tabel yang menarik.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "6 Trik Mudah Membuat Tabel di MS Word | Lengkap Cara Pengaturan dan Modifikasinya "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close