Cara Cepat Menghapus Section Break pada MS Word

myavitalia.com - Section Break dalam Microsoft Word merupakan sebuah tanda yang memiliki arti sebagai bagian yang dijadikan pembatas atara bagian yang satu dengan bagian yang lainnya, atau dengan kata lain juga sebagai sebuah jeda.

Dalam satu section break bisa memiliki lebih dari satu halaman, tergantung dimana seseorang meletakkan jeda atau break section tersebut antara baian yang satu dengan bagian yang lainnya.


Seperti contoh untuk bagian Cover biasanya hanya memiliki satu halaman untuk section break yang diberikan.

Bagian sebuah pengantar atau bagian isi bisa saja memiliki sebuah section yang memiliki beberapa halaman, sesuai dengan isi yang dicantumkan.

Secara tampilan norman atau pada Layout Normal View, Section break tidak nampak atau tidak terlihat. Untuk melihatnya secara jelas, kita dapat menemukannya pada bagian footer atau header di setiap halamannya. caranya dengan memberikan double klik pada bagian footer atau header, maka tanda section break akan muncul.

Nah, mugkin jika anda sudah memberikan Section break dalam sebuah halaman, namun ternyata section break yang diberikan salah pada posisi. Sedangkan dalam tampilan atau View Print layout tidak nampak cara mnghapusnya di klik deletepun tidak bisa. Lalu bagaimana cara menghapusnya.

Kali ini, coba saya berbagi mengenai cara menghapus section break tersebut. Sebenarnya caranya cukup mudah. Hanya cukup mengubah tampilan Layoutnya dan fungsi delete akan berfungsi.

Namun masih banyak sebagian orang belum mengetahuinya. Untuk Lebih lengkap dan detail cara menghapusnya. Berikut langkahnya:

Cara Menghapus Section Break pada MS Word

Dalam langkah menghapus section Break kali ini, saya menggunakan MS Office Word 2010 untuk MS Word versi yang lainnya (MS Word 2007/2016/ 2013) bisa menyesuaikan, karena pada dasarnya memiliki cara yang sama.

Langkah #1 Buka Dokumen
Langkah pertama silahkan buka dokumen yang akan dihapus section breaknya. disini saya akan contohkan menghapus section braek pertama yang memisahkan section 1 dan section 2.


Selanjutnya seilahkan tampilkan bagian Footer header section breaknya dengan klik 2 kali pada bagian footer atau headernya yang dapat memperlihatkan dimana jeda atau perbatasan antara section sebelum dan sesudahnya.

Pampilan tersebut terlihat dari View Print Layout. Di posisi seperti ini, tidak terdapat pilihan yang harus dihapus. Garis-garis break yang ada juga tidak bisa di select untuk di delete.

Untuk mengaktifkan fungsi delete dan menampilkan garis batas yang dapat di hapus yaitu dengan mengubah Viewnya.

Langkah #2 Mangubah View layout
Untuk mengubah tampilan Dokumen View Layoutnya. Caranya silahkan langsung saja pilih Tab View===>Document View. 



Pada Document View terdapat beberapa jenis view yang akan ditampilkan seperti Print Layout (View default), Full Screen Reading, Web Layout, Outline dan View Draft.

Untuk memunculkan tampilan section break yang dapat dihapus, pada  Document View kita pilih view dengan jenis Draft. View===>Document View (pilih Draft)

Langkah #3 Delete garis Section Break
Setelah layout berada dalam tampilan Document View Draft. Maka secara jelas akan terlihat garis pembatas antara section sebelum dan sesudahnya.

Dalam tampilan ini, Kursor dapat di tempatkan pada garis pembatas section break tersebut.

Untuk menghapus section break yang ditandakan dengan garis putus-putus dengan sisipan kalimat Section Break (Next Page) tersebut. 



Caranya letakkan Kursor pada garis putus-putus tersebut. lalu tekan Tut / keypad " Delete" yang terdapat pada kewboard PS atau Laptop anda.

Dengan menekan "delete" maka secara otomatis garis pembatas yang menandakan setion break tersebut akan hilang yang berarti, section break tersebut telah terhapus.

Selesai

Dengan demikian langkah untuk menghapus Section Break telah selesai dan Complit. Bila ada yang kurang jelas, silahkan berkomentar di bagian kolom komentar dibawah.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Cepat Menghapus Section Break pada MS Word"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel