Cara Gampang Membuat Halaman Nomor Berbeda dalam 1 File MS Word

myavitalia.com- Membuat sebuah tulisan atau karya tulis baik itu karya ilmiah skripsi dan lain sebagainya, termasuk juga dalam laporan sebuah perkantoran merupakan sebuah keharusan bahwa apa yang dikerjakan sesuai urutan dan setiap halaman tidak tertukar ataupun tidak berurutan.

Sebuah kerapian dalam penyususun halaman adalah hal yang sangat wajib dan penting. Dalam sebuah laporan atau sebuah skripsi atau karya tulis biasanya memiliki 3 bagian penting dalam penomoran. Halaman Cover biasanya tidak memerlukan sebuah nomor halaman, Halaman Pembuka atau pegantar biasanya ditulis dengan model penulisan Nomor Romawi sedangkan mulai dari Pendahuluan, Isi hingga penutup menggunakan penomoran pada umumnya (numerik 1 dan seterusnya).

Mungkin para pelajar atau mahasiswa dalam menulis penomoran tersebut banyak mengalami kendala karena bagaimana dalam satu file harus menggunakan nomor yang berbeda jenis dan format. Dalam Dunia pelaporan di perkantoran juga sering mendapatkan kendala tersebut, yang seharusnya sudah tidak menjadi masalah lagi.

Namun pada kenyataannya, baik pelajar, mahasiswa ataupun pekerja masih ada sebagian yang belum mengetahui agar penulisan atau penomoran halaman dapat di setting sedemikian rupa sehinnga mendapatkan hasil yang optimal, tanpa memerlukan beberapa file dokumen.

Untuk pengaturan format halaman tersebut sebenarnya sudah disediakan oleh microsoft Office-khususnya MS word duntuk pengaturan nomer yang berbeda dalam satu fils MS Word tersebut.

Pada kesempatan ini, saya akan membagikan langkah demi langkah untuk menciptakan kolaborasi format halaman yang berbeda dalam satu file MS Word. Untuk Contoh langkah yang saya gunakan menggunakan Microsoft Office 2010. Untuk MS Word yang lainnya seperti MS Word 2007, 2013, 2016 langkah-langkah yang ada tidak terlalu berbeda, karena mempunyai dasar yang sama.

Membuat Format Penomoran Halaman Berbeda di MS Word dalam 1 File

Dalam membuat penomoran berbeda di sebuah karya tulis, skripsi maupun laporan perusahaan cukup mudah.

Ada 2 langkah yangsecara garis besar yang harus di lakukan yaitu
  • memberi batasan halaman untuk yang berbeda jenis nomor (Page section) 
  • melakukan pemformatan jenis nomor dan pengurutan nomor ulang untuk setiap jenis nomor yang dipilih (Format Number)

##Mememberikan Batas Untuk Halaman pada akhir dan awal Format Nomer yang akan dibedakan (Break-Section)

Biasanya batas umum yang diberikan adalah batas cover tanpa nomor dengan batas pembuka seperti kata pengantar dengan jenis nomer Romawi, serta batas halaman pengantar (nomor romawi) dengan halaman Isi (nomor biasa-numerik).

Cara membatasinya adalah

Langkah 1#
Letakkan kursor pada halamam akhir yang dimaksudkan sebagai batas antara jenis nomor sebelum dan sesudahnya.

Contoh:
Lembar pertama (Kosong)--> Cover (Section 1)
Lembar ke 2 sampai ke 3 (Romor Romawi-I,II,III,IV dan seterusnya)---> Pengantar dll (Section 2)
Lembar ke 4 dst sampai penutup (Nomer Numerik Biasa-1,2,3,4,5 dan seterusnya)----> Isi (Section 3)

Jadi untuk memisahkan penomoran section 1 dengan section 2, Kursor letakan pada lembar 1.
dan untuk memisahkan section 2 dengan section 3, Kursor diletakkan pada lembar ke 3.



Caranya: Letakkan kursor sesuai lembar yang akan dipisahkan, lalu Page Layout---> Break--> Lalu pada bagian Section Break Pilih Next Page.

Dengan melakukan langkah tersebut berarti telah terjadi pemecahan (jeda) bagian halaman yang akan dibedakan dengan ditandai kata Section. Langkah tersebut bisa diulang lagi untuk memecahkan atau memisahkan halaman lain yang akan dibedakan. Seperti pemisahan halaman cover dengan Pengantar, serta halaman pengantar dengan halaman isi.


Untuk melihat tanda tersebut, anda bisa lakukan Klik 2 kali pada bagian Footer atau header.

##Memberi Nomer Halaman dan pemformatannya

Setelah pemisahan halaman dilakukan, sekarang saatnya untuk memberikan nomer pada setiap halaman secara otoatis dengan format yang kita tentukan.

Langkah1# Memberikan Nomor di setiap halamannya

Untuk memberikan nomer disetap halamannya, anda bisa mulai dengan memilih Tab Insert==> Page Number==>Format Page Number




Kemudian akan muncul jendela Page Number Format. Pada Jendela ini silahkan pilih jenis nomer Romawi dan selanjutnya pilih OK.  

Pada tahap tersebut, Nomor halaman belum muncul hanya untuk menetukan jenis nomor apa yang akan dimunculkan nanti.


Untuk memunculkan nomer beserta posisinya, silahkan Pilih Tab Insert===> Page Number===> lalu silahkan pilih gaya atau style nomer yang akan di tempatkan, baik itu di sisi kanan, tengah ataupun kiri bagian bawah (pilih sesuai selera gaya yang anda suka)



Dengan demikian setiap halaman akan muncul nomor romawi berurutan dari halaman pertama hingga akhir tanpa membedakan break/ section yang sudah kita buat.


##Menghilangkan Nomer atau Memberikan Format Berbeda pada setiap halaman yang di pisahkan jenis penomorannya.

Langkah ini adalah langkah yang dapat secara nyata akan menampakkan perbedaan penomoran yang kita maksudkan.

Bahwa di halaman Cover, Tidak akan nampak nomer (Section 1), Dipengantar dan sejenisnya dibuat dengan jenis tulisan romawi (section 2), dan Bagian isi akan diberi format dan nomor numerik biasa (Section 3)

Karena pada langkah sebelumnya nomer nampak disemua halaman dan dalam format huruf romawi, maka langkah pertama yang harus dilakukan untuk memperoleh pengaturan yang benar dan sesuai adalah:

Langkah 1# Menghilangkah Nomer pada Halaman pertama yaitu halaman Cover.

Caranya: Letakkan Kursor pada Footer-Section 1 yang merupakan halaman Cover. Selanjutnnya pilih pada Tab Design (Header dan Footer tool)===> centang "Diffirent Fist Page"


Langkah ini untuk membedakan khusus di bagian halaman pertama atau menghilangkan nomer yang sebelumnya ada, sehingga nomer tersebut hilang.

Langkah 2# Mangurutkan Nomer Romawi pada bagian-bagian pengantar dan halaman sejenisnya. (Footer Section 2)

Karena Halaman 2 merupakan halaman I (romawi), maka format pengurutan nomernya harus dimulai dari pertama lagi.

Caranya: Letakkan Kursor pada Footer Section 2. Selanjutnya memunculkan jendela Pagenumber format dengan pilih Insert--->Page Number

Setelah  jendela Pagenumber format tersebut muncul: Number Format tetep menggunakan Nomer Romawi dan Page Numbering pada field Start at: Ketik atau Pilih mulai dari nomer "i" (romawi).



Dengan begitu hasil yang akan terjadi pada bagian section 2 akan dimulai dari Nomer "i" romawi hingga seterusnya sampai pada halaman akhir section 2.

Langkah 3# Mangurutkan Nomer Numerik Biasa pada bagian Isi dan halaman seterusnya (Footer Section 3)

Halamam Cover sudah tidak ada nomernya lagi. Halaman Pengantar sudah urut dengan format nomer Romawi. Selanjutnya di bagain akhir (section 3), kita akan mengurutkan dan mengubah nomer yang sebelumnya berbentuk romawi menjadi numerik biasa dimulai dari nomer awal lagi.

Caranya: Letakkan Kursor pada Footer Section 3. lalu munculkan jendela jendela Pagenumber format dengan pilih Insert--->Page Number

Setelah jendela tersebut muncul, pada bagian  Number Format Pilih Jenis tulisan numerik biasa (1,2,3 dst) dan Page Numbering pada field Start at: ketik atau pilih mulai dari nomer "1" .


Dengan demikian, Seluruh halaman pada bagian isi atau Section 3 akan dimulai dari angka satu dan seterusnya hingga akhir section 3.

Dengan mengikuti langkah di atas, maka semua halaman yang ada pada satu file sudah terbagi dalam tiga bagian dengan format penomoran yang berbeda. Disini maka semua langkah sudah selesai.

Terimakasih. Jika anda mengalami kesalahan dalam meletakkan posisi section breaknya, dan ingin menghapus dan memperbaikinya, silahkan lihat tutorial menghapus section break di MS Word. atau jika masih kurang jelas atau belum paham terhadap tutorial di atas, bisa sampaikan pada kolom komentar dibawah. Sebisa mungkin akan saya balas.


Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Gampang Membuat Halaman Nomor Berbeda dalam 1 File MS Word"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close