Cara Mudah Membuat Daftar Isi dengan Titik-titik yang Rapi di Microsoft Word

myavitalia.com-Daftar isi dalam sebuah laporan atau karya tulis, skripsi ataupun karya tulis lainnya adalah hal yang wajib. Karena dengan adanya daftar isi, seseorang yang akan membaca laporan atau karya tulis tersebut akan sangat terbatu untuk menemukan isi isi yang akan dicari di dalamnya.

Dengan adanya Daftar isi berarti sebuah tulisan memiliki petunjuk sebagai navigasi yang dapat mengarahkan seseorang untuk menelusuri atau menemukan semua tema tulisan yang ada didalamnya.

Karena daftar isi digunakan untuk membantu memberi petunjuk untuk menemukan setiap isi di dalamnya, adalah hal yang baik pula jika daftar isi juga dibuat sebaik mungkin dengan tampilam yang rapi dan mudah dimengerti atau dibaca.

Salah satu yang wajib dilakukan adalah menghubungkan antara judul dengan nomor halaman dengan sebuah tanda titik-titik yang rapi untuk memudahkan seseorang mendapatkan halaman atau nomer judul dengan pas atau sesuai.

Dalam membuat daftar isi sebenarnya di program MS Word saat ini dari 2007, 2010, 2013, 2016 dan seterusnya sudah memiliki cara terbaru untuk membuat daftar isi hanya dengan waktu 5 menit saja yaitu dengan menggunakan mentu Table Content yang memanfaatkan fungsi heading disetiap bagiannya. 

Namun demikian masih ada sebagian orang yang masih suka menggunakan cara lama ini karena mungkin lebih mudah dikoreksi secara manual oleh pemiliknya. Karena Membuat daftar isi masih menggunakan metode Manual dalam pengetikannya, sehingga orang sering terjadi ketidak rapian dalam menetukan atau membuat titik-titik sebagai penghubung dari judul ke nomer penunjuk halaman yang ada karena masih manual menggunakan tanda titik yang digabung dengan spasi.

Dalam hal ini, sebenarnya ada cara untuk membuat daftar isi yang memiliki tanda titik-titik yang rapi sebenarnya dengan mudah yaitu kita menggunakan fungsi dan Fitur TAB yang disediakan oleh MS Word.

Untuk Lebih jelasnya ikuti langkah berikut:



Membuat Daftar ISI dengan Titik-Titik Otomatis di MS Word

Dalam tutorial yang saya gunakan ini, menggunakan MS Word versi 2010. Untuk Versi yang lain seperti MS Word  2007, 2016, 2013 dan seterusnya, bisa mengambil intinya saja, karena pada dasarnya cara dan langkah memiliki prinsip yang sama.

Langkah 1:# Buka Daftar isi yang sudah anda buat dengan cara manual tersebut.

Daftar isi terdapat judul dan nomer halaman sekaligus diketik tanpa diberi spasi.

Langkah 2:# Menampilkan Ruler-Penggaris

Pastikan tampilan MS Word yang anda gunakan menampilkan "Ruler" yang akan digunakan untuk memnentukan jarak pembatas antara titik titk dengan nomer halaman.

Biasanya secara default fungsi ruler sudah nampak, namun jika ternyata fungsi ruler tersebut tidak ada, untuk memunculkannya silahkan pilih Ribbon View====>pada bagian Show-centang Ruler.  Dengan Demikian Fungsi Ruler atau penggaris akan muncul otomatis pada bagian atas dan kiri halaman.



Langkah:3# Blok seluruh daftar isi.

Daftar isi ini di- blok bertujuan untuk memberikan format sekaligus untuk semua judul daftar isi yang sudah dibuat tersebut. Sehingga pengaturannya tidak berulang ulang.


Langkah :4# Menuju pada pengaturan jenis tab yang berada pada fitur Paragraf

Setelah semua telah di Blok, letakkan Pointer pada bagian salah satu kata yang di blok tadi, maka akan muncul beberpa item pengaturan. Selanjutnya Pilih "Paragraf" 



atau

Pilih pada Ribbon Home===>Paragraph ===> pilih tanda panah kecil di kanan bawah untuk memunculkan jendela Paragraf secara keseluruhan.



Langkah:5# Mangatur setting ukuran dan Jenis titik-titik yang akan dipakai pada menu TAB

Setelah muncul jendela Paragraf, perhatikan pada bagian kiri bawah, lalu klik button "TAB" yang selanjutnya akan muncul jendela pengaturan TAB

Sebelum mengaturnya, kita harus sudah mempunyai gambaran berapa panjang titik-titik yang akan kita buat dan pada batas mana nomer judul tersebut itu akan ditempatkan.

Bila kita tekan Tab pada keyboard kita, maka titik titik tersebut akan lari pada ukuran yang sudah ditetapkan

Sebagai Contoh: agar titik-titik nantinya tidak terlalu panjang atau tidak terlalu pendek, saya contohkan titik titik hanya sampai pada ukuran 15 cm, dan jarak penempatan nomer judulnya maksimal pada ratakanan dengan ukuran di 16,5 cm.


Langkah :6# Mangatur setting Tab: Format ukuran dan Jenis Titik-titiknya

Masuk pada jendela TAB:

Membuat Ukuran Panjang Tab Titik-titik

- Isi secara manual atau ditulis pada " Tab Stop Position" dengan angka 15 CM. ini berarti nanti jika sekali pencel Tab pada keyboard maka akan lari sejauh pada ukuran ruler 15 cm.
-lalu pilih Alignment: Right
- Leader: pilih sesuai dengan jenis titik titik yang akan muncul. misalkan kita pakai jenis titik-titik, jadi kita pilih "2....."
-selanjutnya pilih "SET" untuk menyimpan setelen pertama tadi.



Membuat Batas Tab Jarak titik-titik ke Nomer Halaman

- Isi secara manual atau ditulis pada " Tab Stop Position" dengan angka 16.5 CM. ini berarti nanti jika sekali pencel Tab pada keyboard maka akan lari sejauh pada ukuran ruler 15 cm.
-lalu pilih AlignmentRight
Leader: pilih sesuai dengan jenis titik titik yang akan muncul. misalkan kita pakai jenis titik-titik, jadi kita pilih "1 None" (kalau pencet Tab yang di keyboard tidak akan kosong, tidak ada titik-titiknya)
-selanjutnya pilih "SET" untuk menyimpan setelen pertama tadi.

-untuk mengkonfirmasi seluruh setelah pada jendela tab, pilih OK dan jendela tab akan menghilang


Langkah 7# Menerapkan atau memunculkan titik titik pada lembar kerja di daftar isi

Setelah setting jarak dan jenis titik titik selesai. Selanjutnya kita akan munculkan pada Daftar di lembar kerja yang sudah dibuat tadi.

Caranya: Letakkan Kursor pada akhir judul, atau ditengah tangah anatar judul dan nomer halaman



selanjutnya tekan keypad TAB sebanyak 2 kali yang berada di papan ketik. Maka secara otomatis titik-titik akan muncul sepanjang ukuran tab yang sudah di setting tadi dan nomer halaman akan terpisah dan tersusun rapi dengan susunan angka halaman rata kanan.


Selesai
Dengan Demikian Anda sudah dapat membuat daftar isi dengan format titik-titik yang rapi. Jika anda belum jelas, bisa masukan pertanyaan atau tanggapan di kolom kementar. dan Jika tutorial ini berguna silahkan share untuk membatu rekan-rekan yang belum bisa membuat daftar isi yang rapi.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Mudah Membuat Daftar Isi dengan Titik-titik yang Rapi di Microsoft Word"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close