Cara mengubah Ukuran Inchi Ke CM, MM dan Satuan Lainnya di MS Word 2007/2010

Satuan ukuran akan sangat membantu kita dalam mengukur atau menentukan ukuran sesuatu dengan tepat dan mudah. Sebuah kendala jika kita tidak akrab dengan jenis ukuran tersebut.

Dalam hal ini juga sering terjadi saat kita mengerjakan pekerjaan kantor atau tulis menulis di program pengolahan kata milik Microsoft, khususnya MS Office.

Dalam MS Office kita sering melakukan pengaturan terhadap ukuran panjang dan lebar jenis kertas yang akan kita gunakan, terlebih bila kita ingin meng custom ukuran kertas yang tidak tersedia pada kumpulan default ms Word tersebut.

Biasanya dalam setting bawaan, ukuran lebih diberikan pada satuan inchi. Namun dari sebagian orang satuan inci kurang mudah digunakan untuk mngukur panjang dan lebar kertas, atau mungkin juga kurang familier dengan kebiasaan kita yang jarang menggunakan satuan inci atau mungkin agak susah mengkonversikannya dengan ukuran mm atau cm yang menjadi ukuran favorit kita.

Sebenarnya hal tersebut tidak menjadi masalah, kita tidak perlu mengkonverikannya ukuran mm atau cm menjadi inci secara manual. Dalam hal ini MS word sendiri telah memberikan fasilitas untuk mengubah satuan tersebut kedalam pilihan satuan ukuran yaitu inci, milimeter, sentimeter, Point dan Picas. Kita tinggal memilihnya saja.

Nah bagi kamu yang mungkin belum tahu cara mengubahnya, Caranya cukup mudah.

Berikut cara merubah satuan inci menjadi cm, mm atau sebaliknya, sesuai dengan keinginan kamu.

Dalam kesempatan ini saya menggunakan Microsoft office 2007, namun untuk ms Word 2010 atau 2016 juga kurang lebuh sama pengatuarannya atau tidak jauh berbeda. kamu tinggal menyesuaikannya saja.

1. Buka MS Office Word 2007
2. Klik Logo MS Office di Pojok Kanan atas---> Pilih Word Option.




3. Selanjutnya kamu akan dibawa ke jendela "Word option" dengan banyak pilihan menu. Lalu pilih saja menu "Advance "

Dalam bagian menu advance terdapat banyak pengaturan yang terletak di bagian kanan. dari sekian banyak pilihan seperti pengaturan Editing option, Cut, Copy dn  Paste, Show Document Content, display, print, when printing this document, save, dan lain sebaginya. silahkan kamu pilih pada bagian "Display"
Pada bagian tersebut terdapat pilihan untuk mengubah satuan ukuran yang digunakan " show measurenment in unit of: ". Pilih dengan satuan yang kamu pilih (Cm atau mm atau inci).


4. setelah semua langkah diatas dilakukan. pilih OK. Selanjutnya secara otomatis semua ukuran yang terdapat dalam ms word tersebut, seperti Ruler, paper size dan yang lain akan berubah semua kedalam satuan ukuran yang kamu pilih tadi.

Dengan demikian kamu sudah dapat mengubah satuan panjang di MS word sehingga lebih mudah digunakan dan familier dengan satuan ukuran favotir kamu.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara mengubah Ukuran Inchi Ke CM, MM dan Satuan Lainnya di MS Word 2007/2010"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel