Cara membuat Ukuran Kerta F4 (Folio) di Ms Word, Excel 2007 dan di Printer

Mencetak sebuah dokumen dengan hasil yang pas dan sesuai dengan yang diinginkan merupakan sebuah hal yang pasti diharapkan oleh semua orang yang mengerjakannya.

Untuk memperoleh hasil cetak yang pas atau sesuai dengan hasil yang ada di dokumen kita, salah satu syaratnya adalah kita harus mengetahui ukuran kertas yang akan kita pakai. baik itu kuarto, legal, a4, folio ataupun ukuran yang lainnya.

Dalam mengerjakan sebuah tulisan yang akan dicetak untuk sebuah laporan ataupun sebuah karya tulis, kita sering menggunakan program populer yang diciptakan oleh Microsoft yaitu MS Word sebagai pengolah tulisan kalimat atau MS Excel sebagai pengolah data perhitungan dengan data table.

Dalam MS Office baik MS Word ataupun Excel telah menyediakan setting ukuran kertas secara default, sehingga kita tinggal memilihnya saja dengan berbagai pilihan ukuran kertas yang ada. 

Tapi dari sekian banyak ukuran kertas yang ada, ternyata ukuran kertas yang populer dipakai di indonesia tidak masuk kedalam daftar tersebut, yaitu ukuran kertas folio atau sering kita pakai dengan ukuran F4.

Ternyata, ukuran kertas folio yang populer di Indonesia tidak selalu populer di negara pencipta microsoft office atau belum menjadi ukuran populer di semua negara, sehingga ukuran tersebut tidak disertakan dalam kumpulan ukuran default MS Word atau Excel.

Yang menjadi masalah sekarang adalah bagaimana kita akan mendapatkan hasil yang pas jika pilihan kertas yang kita pakai tidak ada dalam pilihan kertas yang disediakan.

Sebenarnya solusinya sangat mudah, kita hanya harus mengetahui ukuran kertas F4 atau folio itu berapa? Setelah kita mengetahuinya kita hanya tinggal menyeting ukuran tersebut pada page setup custom size paper di ms Word atau di pagesetup printer yang digunakan.

Untuk lebih jelasnya, berikut Cara atau langkah untuk membuat ukuran F4.

Cara atau langkah untuk membuat ukuran F4 di Microsoft Word 2007
1. Buka MS Word
2. Pilih Tab Page layout - Page setup
3. Setelah nampak jendela Page setup--> silahkan lanjutkan dengan memilih tab "Paper"
4. Dalam Tab "Paper" terdapat pilihan untuk jenis kertas yang akan digunakan. Karena ukuran F4 tidak ada, maka kita memilih dengan pilihan " Custom Size". Dengan pilihan ini, kita dapat membuat ukuran sendiri sesuai ukuran yang kita tentukan, termasuk didalamnya adalah ukuran F4 (21,5 x 33,0 cm). Dalam contoh ini ukuran menggunakan satuan cm. jika di ms word kamu berbeda yaitu menggunakan inci atau mili, anda bisa mengkonversikannya sendiri, atau anda bisa mengubah satuan cm, mm, inci langsung dari pengaturan word Option ms word itu sendiri.



5. Pada field / kotak " Width"--> kita isikan ukuran lebar kertas (21.5cm), 
sedangkan untuk field/kotak "height" ----> kita isikan ukuran tinggi kertas (33 cm).
6. Setelah diisi semua, untuk mengkonfirmasi ukuran tersebut, terakhir pilih "OK"
7. Dengan demikian ukuran F4 bisa digunakan sesuai kebutuhan anda.

Cara atau langkah untuk membuat ukuran F4 di Microsoft Excel 2007 dan Printer

Untuk membuat ukuran kertas F4 atau ukuran yang lain sebenarnya belum bisa dilakukan dengan seting page setup custom size (tidak ada) langsung pada MS Excel. 

Namun untuk mengakali atau membuat agar cukup dalam kertas yang dipilih tetapi tidak ada pilihan defaultnya seperti F4, Kita bisa gunakan trik memainkan skala didalam page setup scaling. 

Semakin kecil prosentasenya, maka hasil cetak dokumen yang dihasilkan juga akan menjadi semakin kecil sesuai prosentase yang dipilih. Namun pilihan ini kurang cantik karena kita tidak bisa menemukan sebuah hasil yang sesuai atau pas dengan apa yang kita kerjakan di lembar kerja excel tersebut.


Jika anda kurang puas dengan trik Scaling page tersebut. Sebenarnya dalam ms excel untuk membuat ukuran folio atau f4 bisa menggunakan trik dari setting page setup paper size yang ada pada printer yang anda gunakan masing masing.

Langkahnya sebagai berikut.
1. Buka MS Excel
2. Pilih Tab Page layout - Page setup
3. Pilih Tab Page--> Option. Dengan memilih option, kita akan dibawa ke pengaturan setting printer masing-masing. Sebenarnya pada masing-masing printer berbeda-beda letaknya. Namun intinya sama, yaitu membuat ukuran di custome size di bagian page setup paper setting ptinter tersebut.
4. Sebagai contoh saya gunakan printer Cannon IP1880. Setelah masuk ke setting printernya. Lalu silahkan pilih tab Page setup-Page Size-Custom.
5. Lalu muncul jendela untuk mengisi ukuran kertas. Isi ukuran kertas f4 (lebar/width: 215 mm, tinggi/height=330 mm). lalu pilih OK. OK


5. Setelah seting ukuran kertas dari printer selesai. Maka, akan dibawa kembali ke seting page setup di ms excel. Dan hasilnya field paper size akan kosong, hal tersebut tidak masalah karena ukuran tersebut sudah otomatis tersimpan yang juga menandakan bahwa seting default di excel tidak ada namun dipilih dengan ukuran diluar pilihan yang ada.



6. Selanjutnya. Pilih OK. secara otomatis, ukuran kertas 4 pada microsoft excel yang sedang anda kerjakan berubah menjadi ukuran F4 atau folio. Dan Siap di cetak menggunakan Kertas F4.

Demikian tips atau cara embuat ukurankertas f4 di ms word, excel/printer. semoga dapat membantu anda sekalian.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara membuat Ukuran Kerta F4 (Folio) di Ms Word, Excel 2007 dan di Printer"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close