22 Destinasi Tempat Wisata Keluarga, Kekinian, Hits dan Bersejarah di Palembang

Jika mendengar kata Palembang, pasti akan terbesit di benak anda sebuah makanan khas Palembang yaitu pempek. Pempek merupakan makanan khas yang menjadi pengingat bagi orang yang telah mengunjungi palembang.

Selain memiliki makanan yang khas tersebut, ternyata Palembang juga memiliki banyak tempat-temat yang cantik yang bisa mengingatkan anda kepada kota ini dan wajib anda kunjungi, termasuk didalamnya adalah tempat tempat wisata yang terkenal maupun belum seberapa terkenal namun memiliki suasana dan pemandangan yang Indah.

Sekilas mungkin Palembang hanya memiliki sedikit tempat untuk berkunjung yang Populer bagi Keluarga, namun sebenarnya di Palembang memiliki cukup banyak tempat tempat yang Indah yang wajib di coba untuk di kunjungi bagi seorang pribadi maupun berkelompok.

Berikut tempat-tempat wisata dari yang terpopuler sampai dengan tempat-tempat yang indah dan mungkin belum anda ketahui.

Wisata Rekreasi Keluarga 

1. D'Matto Milennial Art


gambar instagram @evakesuiiy
D'Matto Milennial Art merupakan sebuah tempat yang dapat di kunjungi sebagai ajang berselfie ria, karena di sini dihadirkan kumpulan gambar tiga dimensi yang beraneka ragam yang menarik. Hasil dari foto anda dapat menyatu dengan berbagi gambar 3 dimensi tersebut yang menjadikan gambar di dalam foto seperti nyata.

Sembari anda dapt menikmati berbagai gambar tiga dimensi, anda juga bisa sambail bersatai bersama keluarga disana, karena di D'Matto Milennial juga disediakan Cafe untuk makan dan minum yang menyatu dengan tempat tersebut.

Jika anda ingin berkunjung ke D'Matto Millenial anda dapat menuju langsung ke jalan Soekarno Hatta no 824 samping dealer Isuzu astra hadi. Tempat ini dibuka setiap hari mulai pukul 09.00 wib hingga 21.00 wib dengan harga tiket masuk Rp 50 ribu per orang.

2. Amanzi Water Park

gambar Instagram @gunadywirawan
Amanzi Water Park adalah sebuah tempat wisata permainan air yang ke dua berdiri  di kota palembang. Anda dan keluarga dapat menikmati wahana air yang seru dan lengkap yang menyediakan wahana baik bagi anak dan dewasa.

Amanzi Waterpark berada di wilayah terpadu Ciputra Citra Grand City, Copacabana Lifestyle Center yang terletak di Jalan Alang-Alang KM.12 Blok D No.38, Talang Klp., Alang Alang Lebar, Kota Palembang, Sumatera Selatan

Tiket dan Jam Buka
HTM Reguler
Senin (tutup), Selasa - Jumat (Rp.50rb)
Sabtu (Rp.75rb) Minggu (Rp.100rb)
Libur Nasional (Rp.120rb)
☎07116201199.

3. Bird Park

gambar intagram @arinni_juliette

Palembang Bird Park merupakan sebuah tempat wisata rekreasi untuk anda dan keluarga. Di sini anda dapat menikmati bermacam-macan jenis burung. Selain jenis burung yang beraneka ragam, terdapat juga berbagai jenis binatang lain yang cukup bervariasi seperti kuda, igunana, ikan, kura-kura, penyu, rusa dan berbagai binatang lainnya.

Palembang Bird Park juga sering digunakan oleh sekolah-sekolah taman-kanak-kanak sebagai pembelajaran untuk pengenalan berbagai binatang yang ada.

Palembang Bird Park yang terletak di Jl. Gubernur H.A. Bastari, Jakabaring, Kawasan Opi Mall, sebelah OPI Waterfun, Sungai Kedukan, Rambutan, Kota Palembang, Sumatera Selatan ini buka mulai dari hari Senin s/d Minggu  dari jam 08.00 pagi sampai dengan jam 06.00 sore.

Informasi Official Palembang Bird Park: ☎ (0711)5740127

4. Danau Tanah Mas Water Park
gambar instagram @natasya_1110
Danau Tanah Mas Water Park merupakan sebuah wahana Air yang dapat menjadi pilihan rekreasi bagi warga palembang dan sekitarnya.

Walaupun Harga tiket lebih murah dari waterboom yang lainnya, Danau TAnah mas Water Park ini tidak kalah menariknya dengan Wahana Rekreasi Air yang lainnya.

Walaupun secara goeorafis tidak terletak di kota Palembang, tempat tersebut tetap bisa menjadi pilihan wahana air di Palembang karena letaknya di perbatasan kota palembang dan banyuasin yaitu terletak di JL Raya Palembang - Betung Km. 14, Sukamoro, Talang Kelapa, Sukamoro, Talang Klp., Kabupaten Banyu Asin, Sumatera Selatan

Jam buka dan Harga Loket Waterpark Danau Tanah Mas
Senin - sabtu : 20.000
Minggu : 40.000
Info hub : ☎085357351860

5. Fantasi Island Palembang


gambar instagram @fantasyislanpalembang
Fantasi Islan Palembang merupakan Wahana Air atau Waterboom pertama yang ada dipalembang sebelum munculnya wahana-wahana air lainnya yang bermunculan di Palembang.

Wisata Air Fantasi Island tetap bisa menjadi pilihan setelah bermunculannya wisata air yang lain di Palembang.

Fantasi Islan Palembang berada di ujung palembang yang berbatasan dengan kabupaten ogan ilir berdekatan dengan terminal Kertapati tepatnya beralamat di Jalan Prameswara, Karya Jaya, Kertapati, Kota Palembang, Sumatera Selatan.

Tiket dan Jam Buka:
Senin-Jumat Rp 35.000
Sabtu-Minggu & Libur National Rp 50.000
Promo 30% Member Card :
JM, MCC OVO, Ramayana, Alfa Mart, Indo Grosir, Tribun Sumsel


6. OPI Water Fun


Gambar Instagram @opiwaterfun
Opi Water Fun merupakan tempat wisata air yang terpadu dalam kawasan OPI Mall di daerah perbatasan sebelah ulu palembang dengan daerah banyuasin.

Opi Water Fun bisa menjadi alternatif bagi anda dalam rekreasi Air yang berada di Palembang dan sekitarnya. Opi Water Fun memilki wahana yang lengkap sehingga anda bisa bermain dengan puas bersama keluarga anda dalam permainan air di tempat ini.

Mungkin sembari anda berekreasi di Opi Waterfun Ini anda juga mungkin bisa mampir melihat beragam binatang khususnya burung yang beraeka ragam, terletak disebelahnya yaitu Palembang Bard Park.

Jam Buka dan Harga Tiket
Senin-Jumat Rp 40rb
Sabtu Rp 50rb
Minggu, Libur Nasional Rp 60rb
Jam operasional 09.00 - 17.30 WIB
☎ 0811-7891-448

7. Taman Hutan Wisata Punti Kayu


Gambar instagram @kus-miatie
Taman Husata Punti kayu merupakan sebuah taman wisata yang memiliki ciri khas dengan sebagian besar pohon yang didominasi oleh Pohon Pinus sehingga anda secara khusu dapat meikmati keindahan hutan pinus tersebut, serta dilengkapi juga dengan zona-zona kebun binatang, tempat bermain serta zona kekinian yang cantik dan cocok untuk anda yang suka ber selfi ria.

Taman Hutan Wisata Punti Kayu ini terletak kurang lebih tujuh kilometer sebelah hilir dari pusat kota Palembang tepatnya berada di  JL. Kol. Burlian Km.6,5, Karya Baru, Alang-alang Lebar, Kota Palembang, Sumatera Selatan.

Harga Tiket dan Jam Buka
Dewasa Rp.10.000, Anak-anak Rp.5.000
Senin – Jum’at : Jam 09.00 – 16.00,
Sabtu – Minggu dan Hari Libur : Jam 09.00 – 17.00
Telepon: (0711) 410666

8. Taman Kambang Iwak
gambar www.indonesiakaya.com
Taman Kambang Iwak merupakan sebuah taman buat rekreasi santai untuk keluarga. Di kambang Iwak yang terletak didaerah Bukit Kecil bersebelahan dengaan Hotel Swasrna Dwipa ini, memiliki sebuah kolam yang cukup besar yang di tepinya sudah di rapikan dan dibuat sebuah jalan.

Tepian Kolam tersebut bisa di gunakan untuk Joging atai lari keci baik sendiri maupun keluarga di Pagi hari.  Yang unik dari kambang iwak tersebut, pada setiap hari minggu, jalan akan tertutup dengan berbagai macam dagangan dari makanan kecil baju dan pernak pernik lainnya.

Sembari anda joging ataupun jalan jalan, anda dapat berbelanja dengan barang yang bervariatif dan cukup bersaing serta menikmati pemandangan Kolam kambang iwak yang cukup segar. Dikambang Iwak juga tersedia Taman khusus untuk anak yaitu Kid Park Kambang Iwak.


Wisata Penuh Sejarah

9. Sungai Musi dan Ampera

Jembatan Ampera yang meiliki Panjang sekitar panjang 1.177 meter dan lebar 22 meter  merupakan Jembatan yang menjadi Icon Kota Palembang. Jembatan Ampera merupakan jembatan pertam yang menghubungkan Palembang dareah Hulu dan Hilir, sehingga kegiatan kota yang terpisah dapat menjadi mudah dalam aksesnya.

Dalulunya Jembatan Ampera diberinama Jembatan Bungkarno sebagai penghargaan terhadap Soekarna  yang sudah memperjuangkan keinginan warga Palembang yang menginginkan sebuah jembatan di atas Sungai Musi.  Namun Bungkarno tidak menyetujuainya, tetapi lebih ingin memberikan sebuah nama pada sebuah momen Amanat dari sebuah perjuagan rakyat dengan perjuangan dari segala penderitaan warga palembangsaat itu yang dikenal slogan sat itu adalah Amanat Penderitaan Rakyat-Ampera (tahun 1960)

Jembatan Ampera dan Sungai Musi tidak terpisahkan sebagai tempat yang indah dan bersejarah, yang menyatu dengan pusat sejarah lainnya, seperti BKB, Museum Sultan Mahmud Badarudin II , Masjid Agung, Kampung Kapitan, Kampung Arab juga sebagai pusat saouvenir dan jualan makanan di sekitarnya.

10. Benteng Kuto Besak (BKB) dan Depan BKB di Malam Hari
gambar instagram @baka.neko.baka
gambar instagram @ainal0395
Benteng Kuto Besak yang dikenal dengan sebuatan BKB ini merupakan tempat wisata bersejarah dan Populer. BKB berumur ratusan tahun. BKB menyatu dengan wisata sungai musi dan ampera.

Dari pelataran tepian sungai musi yang berada di depan BKB ini, anda dapat menikmati keindahan Pelataran BKB tepian sungai musi ini yang terdapat sebuah Tugu Belido sebagai simbol Ikan Asli palembang sebagau bahan baku pempek, juga anda bisa menikmati sungai musi, ampera dan benteng kuto besak serta museum Sultan mahmud Badarudin II secara bersamaan karena terletak satu kawasan. Keindahan dapat terlihat secara sempurna jika anda menikmatinya di malam hari.

11. Stadion Gelora Sriwijaya

gambar Instagram @dreamfly.drone
Stadion Gerlora sriwijaya merupakan Stadion Sepak Bola Kebanggaan Wong Kito warga Palembang.

Stadion Gelora Sriwijaya Palembang mulai dibangun pada 1 Januari 2001, kemudian pembangunannya dipercepat hingga digunakan pada September 2004 sebagai tuan rumah PON XVI. 
Sebagai markas Sriwijaya FC, salah satu klub raksasa dalam kompetisi sepakbola nasional, Stadion Gelora Sriwijaya merupakan salah satu dari tiga stadion dengan standar A asia yang dimiliki Indonesia.

Di Komplek Gelora sriwijaya terdapat banyak pemandangan dengan pepohonan yang terjaga kerapiannya melengkapi keindahan Gelora Sriwijaya sehingga cocok untuk anda yang ingin bersantai disana.

12. Pulau Kemarau dan Pagoda Berlantai Sembilan



Pulau Kemarau merupakan sebuah pulau legendaris yang terletak ditengah sungai Musi. Di tempat ini waktu atau even even khusus keagamaan agama Budha, temat ini sangat ramai dikunjungi.

Yang menjadi Icon di Pulau ini adalah terdapat sebuah Pagoda berlantai 9 yang menjulang tinggi dan sebuah Pohon Cinta. Katanya, jika kamu dan pacar mengukir nama kalian di pohon tersebut, hubungan kalian bakal berlanjut di pelaminan.

Pulau kemarua memiliki sebuah cerita sejarah. Di sana terdapat makam seorang putri dari palembang yang pernah menikah dengan seorang pangeran dari cina. Dari cerita yang beredar sang pangeran menginggal karena tenggelam disungai musi yang kemudian disusul oleh sang putri. 

13. Bukit Siguntang


gambar instagram @baka.neko,baka
Bukit Siguntang merupakan sebuah tempat yang terkenal sebagai penginggalan Umat Budha pada masa pemerintahan kerajaan Sriwijaya, yang digunakan untuk beribadah dan bertapa mencari pikiran dan Jiwa.

Bukir Siguntang terlihat seperti sebuah bukit kecil terletak di atas 30 meter dari permukaan laut dan terletak sekitar 3 km dari Sungai Musi bagian utara


14. Kampung Kapitan
gambar instagram @plgbari
Kampung Kapitan yang berada di daerah tepi sungai musi ini, merupakan tempat bersejarah yang merupakan tempat atau kampung pertama kali oleh warga tionghoa menetap di Palembang.

Nilai seni dan budaya di Kampung Kapitan terletak pada struktur bangunan rumah di sana. Rumah di kawasan Kampung Kapitan mengandung dua pengaruh budaya, yakni budaya Tionghoa dan budaya Palembang. Budaya Tionghoa bisa dilihat dari bagian dalam rumah dan bagian teras rumah. Sedangkan budaya Palembang terlihat dari bangunan rumah yang menyerupai limas dan ada tiang yang menopang berdirinya rumah.

15. Kampung Arab Almunawar Palembang
gambar instagram @dipratz
Kampung Arab merupakan sebuah perkampungan yang memiliki bangunan lama kolaborasi bangunan gaya eropa berpadu dengan gaya arab.

Ciri khas yang dimiliki oleh perumahan di sini, rumah panggung dengan lantai bawah yang berbahan marmer, dengan motif marmer yang unik menambah kesan tradisional dan juga elegan.

Terdapat juga kubah ala turki yang ditempatkan menghadap Sungai Musi untuk menambah kesan Timur Tengah yang kental, sehingga membuat kampung Al Munawar terlihat lebih cantik

Kampung ini didominasi oleh warga keturunan arab yang meniptakan sebuah pesona timur tengah.

Asal mula kampung Arab Al Munawar tidak lepas dari masa ketika Belanda menduduki Indonesia. Belanda melakukan pendekatan kepada etnis Arab pada tahun 1825. Dari pendekatan tersebut menghasilkan seorang pemimpin yang bernama Ahmad Al-Munawar kemudian diberi pangkat kapten dan wafat tahun 1970

Letak Kampung Arab di Palembang ini terletak di daerah 13 ulu kecamatan Seberang Ulu II, Anda akan cepat mendapatinya langsung menuju ke Loroang Al. Munawar sebagai pintu masuknya.

16. Rumah Limas
gambar instagram @keluargapetualang
Bila anda melihat Rumah Limas pasti akan terlitas gambar pada uang 10.000 seperti terlihat pada gambar di atas tersebut.

Rumah Limas merupakan Rumah Adat dari Warga Sumatera Selatan. Lokasi Ruamh Limas ini yang menjadi peninggalan sejarah yang dilestarikan terletak di Jalan Demang Lebar Daun No. 51

17. Museum Sultan Mahmud Badarudin II

Gambar Instagram @prawistri.yd
Museum Sultan Mahmud Badarudin II ini berada di kawasan terpadu Ampera BKB sungai Musi di kelurahan 19 ilir no. 2.

Museum tersebut menyimpan benda-benda bersejarah meliputi koleksi museum yang berjumlah 669 buah, berupa koleksi arkeologi, etnografi, biologi, keramik, senirupa, dan numismatik


18. Museum Negeri Bala Putra Dewa
gambar instagram @ina2nae
Musem Bala Putra Dewa mreupakan sebuah museum yang terletak di KM 5 tepatnya di Jalan Srijaya I No 28, Palembang.

Museum yang memiliki luas lahan sekitar 23.565 m2 ini menyimpan 10 jenis koleksi, dengan jumlah koleksi mencapai 3.882 item koleksi dari zaman pra-sejarah, zaman Kerajaan Sriwijaya, zaman Kesultanan Palembang, hingga ke zaman kolonialisme Belanda

Museum Balaputera Dewa dibuka setiap hari kecuali Senin mulai pukul 08.30 WIB hingga 15.00 WIB, dengan harga tiket yang relatif terjangkau.

19. Monumen Perjuangan Rakyat  (Monpera) Palembang
gambar instagram @caturlahm
Monpera merupakan sebuah monumen dengan bentuk bangunan yang khas, terlihat seperti gambar di atas tersebut. Disini ada dapat melihat berbagai cerita, gambaran, dan peralatan yang dipakai saat Perang Lima Hari Lima Malam di Palembang, di mana perang tersebut melibatkan seluruh rakyat untuk melawan penjajah.

Monumen yang berdiri kokoh di pusat kota dan tidak jauh dari Jembatan Ampera ini bisa dijadikan Tempat wisata yang cocok banget untuk kamu yang suka belajar sejarah.

20. Masjid Agung Sultan Mahmud Badarudin I


gambar instagram @tafiqhidayat369
Masjid Agung yang berada dipusat kota palembang ini merupakan masjid terbesar yang ada dikota Palembang. Masjid ini menjadi tempat yang memiliki sejarah tinggi.

Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin yang didirikan oleh Sultan Mahmud Badaruddin I ini dipengaruhi oleh tiga kebudayaan, yaitu Indonesia, Eropa, dan China. Gaya arsitektur Eropanya terlihat dari pintu gerbang masjid yang besar dan kokoh.

Dahulu gaya arsitektur China yang terlihat dari atapnya yang mirip kelenteng dan ujung menaranya berbentuk kerucut seperti tumpeng tersebut, sekarang telah dihilangkan dengan gaya moderna saat ini. sehingga mengilangkan sedikit kolaorasi tradisi cinanya.

21. Masjid Cheng Ho
Masjid cheng ho sayarat dengan wisata sejarah.Awal Mula Masjid Ceng Ho dibangun bertujuan untuk menjaga hubungan baik antra warga tiongho dengan warga asli di Palembang.

Nama Cheng ho adalah nama seorang Tokoh Islam dari Tiongkok yang saat itu merupakan Panglima Nagkatan Laut asal Tiongkok pada abad 15. njSelaian berdagang, beliau juga memperkenalkan Agama islam di setiap tempat yang ia singgahi.


22. Alquran Al Akbar
gambar instagram @ahmad_rasyid27
Museum Alquran Raksaksa ini berlokasi di Jalan M Amin Fauzi, Soak Bujang, Gandus, Palembang.
Dikatakan sebagai Alquran Raksaksa karean mamang bentuknya sangat besar berukuran sekitar 177 cm dan lebar 140 cm serta ketebalannya mencapai 2,5 cm yang dilatakkan dalam permukaan kayu tembesu.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "22 Destinasi Tempat Wisata Keluarga, Kekinian, Hits dan Bersejarah di Palembang"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close