22 Destinasi Tempat Wisata Alam Air Terjun di Sumatera Selatan-Palembang, Pagar Alam, Lahat, Lubuk linggau dan Muara Enim

Palembang merupakan kota terpopuler di daerah Sumatera ke 2 setelah Medan yang menjadi incaran para wisatawan untuk mengunjungi daerah tersebut.

Palembang sebagai Ibukota Sumatera selatan memiliki cukup banyak destinasi wisata yang patut di kunjungi baik Wisata rekreasi keluarga, Wisata Kekinian bahkan wisata sejarah. Namun untuk Destinasi Wisata Alam khususnya Wisata Air terjun tidak terdapat di Kota Palembang.

Walaupun di Ibukota Palembang ini tidak memiliki wisata air terjun tersebut, jangan kuatir ternyata di daerah sumatera selatan dengan berbagai kabupaten yang menyertainya memiliki tempat wisata Air terjun yang sangat indah yang bisa menjadi pilihan bagi anda untuk berlibur atau berekreasi bersama keluarga atau kerabat.

Wisata Air terjun tersebut di dominasi oleh daerah Lahat - Pagar Alam, Muara Enim, dan Lubuk Linggau.

Berikut Tempat Wisata Air terjun yang menyebar di berbagai daerah di Sumatera Selatan. 

1. Air Terjun Lematang Indah di Kota Pagar Alam

Photo  Instagram @asmaulhusna_d
Di Pagar Alam selain Kawasan Gunung Dempo yang terkenal, terdapat juga Air Terjun yang dapat menjadi tujuan berikutnya.

Air Terjun Lematang Indah merupakan air terjun yang populer dan banyak dikunjungi oleh para wisatawan, karena lokasinya berada di tepi jalan pintas yaitu Dusun Prahu Dipo, Kecamatan Dipo selatan, Kota Pagar Alam, Sumatera Selatan.

2. Air Terjun Goa Mata / Curup Goa Mata - di Lahat

Photo by @@pikoaguswan
Air Terjun dalam bahasa Lahat atau bahasa setempat sering di sebut Sebagai Curup. Sehngga Nama Air Terjun  Gowa Mata sering disebut juga dengan Curup Gowa Mata.

Air terjun sering memberikan kesejukan dan dinginnya air yang berjatuhan dari aliran air yang berada di atasnya. Aliran Air yang tidak begitu besar di kelilingi tebing batu yang besar dan membentuk seperti gua, menambah kesan eksotis terhadap lingkungan air terjun ini.

Bila anda mencoba mengunjunginya, langsung sasaj anda menuju Desa Serambi, kecamatan Jarai, Kabupaten Lahat, Sumatera Selatan

3. Air Terjun Laye / Curup Laye - di Lahat
Photo by @dersa_wijaya
Air terjun Laye atau Curup Laye berada di Desa Sapay, Pagar Gunung,Lahat, Sumatera Selatan. 

4. Air Terjun Gunung Nyawe / Curup Sambar Nyawe di - di Lahat
Photo by @patrishiela
Lokasi Air terjun Nyawe atau orang di sana sering menyebutnya dengan Curup Sambar Nyawe berada di Desa Tanjung Payang di seberang Sungai Lematang, Lahat. Untuk Jalan menuju ke air terjun tersebut, sudah cukup baik. Dari desa tanjung Payung anda dapat mencapainya sekitar kurang lebih 1 jam perjalanan dengan kendaraan bermotor.

5. Air Terjun Buloh / Curup Buloh/ Curup 7 Tingkat  - di Lahat

Photo by @radograph
Air terjun Bulon atau sering disebut juga dengan Curup Buloh dikenal juga dengan Nama Air terjun tujuh tingkat karena memang bentuknya yang bertingkat-tingkat membuat air terjunini menjadi lebih indah dan memukau.

Anda dapat mengunjunginya seilahkan langsung menuju Desa Lubuk Selo Kecamatan Gumay Ulu, Kabupaten Lahat, Sumatera Selatan.

6. Air Terjun Tembok / Curup Tembok - di Lahat

Photo by @fbsputra
Air terjun yang berada di Desa Tanjung Raja, Gumay Ulu, Lahat, Sumatera Selatan bernama Air terjun Tembok dalam bahasa keseharian disana sering disebut sebagai Curup Tembok.

Mengapa di namakan dengan nama "tembok", karena memang aliran air disini membentuk seperti tembok yang terjadi karena susuan bebatuan yang menyebankan aliran tidak langsung jatuh ke pusat utama melainkan melewati bebatuan yang bersusun bertingkat menyerupai tembok.

7. Air Terjun Duguk / Curup Duguk - di Lahat


Photo by @bitariaa

Air terjun yang berada di daerah Sapay village, Pagar Gunung,Lahat, Sumatera selatan ini terlihat begitu indah. Dengan dinding yang berundak menimbulkan keindahan tersendiri

8. Air Terjun Curup Panjang - di Lahat
Photo by @dersa_wijaya

Air terjun Curup Panjang merupakan Air terjun yang terletak di Desa Tanjung Sirih, Kecamatan Pulau Pinang, Lahat, Sumatera Selatan. Untuk mencapai ke air terjun tersebut dibutuhkan perjalanan menyusuri jalan sepanjang 2 kilometer.

Air terjun Curup panjang memiliki sebuah kolam tepat dibawah jatuhnya air, sehingga pengunjung dapat menikmati berendam di air kolam yang terbentuk dari jatuhan air terjun tersebut dengan sesnasi rasa dingin dan segar.

9. Air Terjun Haman / Curup Haman

Photo by @ekopurr
Air terjun Haman yang berada si Desa Sumpur, Gumay Ulu, Lahat, Sumatera Selatan memiliki pesona yang sungguh mengagumkan bak seperti pesona taman air para bidadari.

Air Terjun Haman sangat istimewa dengan ukurannya yang tidak terlalu besar dan air jatuh dari sela-sela bebatuan besar yang tersusun setengah lingkaran bak pancuran air yang sengaja menutupi orang yang mandi di dalamnya dan di imbangi dengan Lingkungan alam sekitar air terjun yang masih terbilang asri dan natural. 

10. Air Terjun Bidadari - di Lahat
gambar oleh @avedkucing
Air terjun Bidadari berada dalam lingkungan Desa Karang Dalam, Kecamatan Pulau Pinang, 8 km dari Kota Lahat, Lahat, Sumatera Selatan.

Air terjun yang memiliki ketinggian 30 m dan lebar 10 m memiliki pesona yang begitu indah. Karena Keindahannya tersebut, maka dinamakanlah sebagai Air terjun Bidadari.

Air Terjun Bidadari ini memiliki daya tarik tersendiri untuk menarik pengunjung. Selain dapat menikmati pemandangan alam yang indah, Anda juga dapat menyegarkan badan dengan berenang di danau yang ada di bawah air terjun.

Di sekitar danau terdapat batu koral yang berjejer secara alami yang terlihat sangat indah.  Suara air terjun yang mengalir akan memberikan suasana yang menyejukkan hati.

Apalagi suara tersebut diiringi dengan suara alam yang masih asri sehingga tempat ini menjadi pilihan yang ideal untuk menenangkan diri dan melepaskan pikiran yang penat setelah lelah beraktivitas

11. Air Terjun Maung - di Lahat

Photo by @egga_megaria
Air terjun Maung merupakan salah satu wisata Air terjun yang menjadi salah satu pilihan dari banyaknya curup atau air terjun yang tersebar di derah lahat atau pun apakah daerah pagar alam.

Posisi goegrafis air terjun ini yatu yang berada Desa Rinduhati, Kecamatan Gumay Ulu, Lahat, Sumatera Selatan menunjukkan letak yang lebih dekat dengan pagar alam sering menimbulkan perbincangan dikalangan masyarakat disana.

Air Terjun Maung memiliki aliran air setinggi 80 meter menuju kebawah yang terbagi-bagi dalam beberapa aliran dan di sebelah kanan curup maung ini ada dua air terjun kembar yang mengalir deras. Hal itulah yang meyebabkan indahnya air terjun maung tersebut.

12. Air Terjun Temam di Lubuk Linggau
Photo Instagram @linggauterkini
Air terjun Temam merupakan Air terjun yang memiliki julukan Air terjun Niagara Mini. Hal ini di karenakan Bentuk dan aliran air tersebut menyerupai air terjun Niagara yang berada di Amerika serikat, berbentuk memanjang dan menyerupai tirai raksaksa.

Air terjun Temam memiliki kekhasan tersendiri dari pada air terjun pada umumnya. Kentuk yang memanjang sekitar 25 dan tinggi mencapai 12 meter, dengan tambahan batu yang bercelah dan melengkung dibawahnya yang sering dimanfaatkan oleh para pengunjung untuk duduk-duduk sambil menikmati sensasi jatuhnya air di sekitar mereka.

Untuk menikmati air terjun tersebut, anda dapat mengunjungi di daerah Rahma, Kota Lubuk Linggau, Sumatera Selatan. Jarak dari pusat kota lubuk linggau sekitar 11 km ke arah selatan dan bisa ditempuh dengan waktu kurang lebih 30 menit dengan kendaraan bermotor.

13. Air Terjun Sando di Lubuk Linggau

Photo Instagram @lee_suwanda
Air terjun Sando terletak di Kelurahan Kayu Ara Kecamatan Lubuklinggau Barat I. Air terjun initak kalahindahnya dengan air terjun temam. 

Untuk menuju kesana membutuhkan jiwa treveling yang kuat karena kita ditantang untuk mengadu nyali untuk tiba di lokasi air terjun Sando tersebut. Karena jalan menuju lokasi air terjun Sando masih jalan tanah bebatuan. Tetapi jangan kuatir, anda pasti kan dibayar dengan indahnya persona perjalanan yang dilalui dan di mantabkan kembali dengan pesona air terjun yng di tuju tersebut.

14. Air Terjun Pelegan di Lubuk Linggau

Photo Instagram @linggau_nasrul
Air terjun Pelegan berada di desa Air Temam Kecamatan Lubuklinggau Selatan I Kota Lubuklinggau Sumatera Selatan.

Air terjun Pelegan tidak kalah menariknya dengan air terjun yang lain di lubuk linggau. Anda dapat mencapainya dari Desa air Temam sekitar 10 menit perjalanan melewati kebun karet warga setempat.

15. Air Terjun Bedegung - di Muara Enim

Photo Instagram @ayudyia
Air terjun bedegung merupakan salah satu air terjun yang populer yang ada di Muara enim. Air terjun Bedegung juga menjadai salah satu Air terjun tertinggi yang ada di indonesia setelah setelah Air terjun Sigura gura (250 meter), Air terjun Payakumbuh di Ngarai Harau (150 meter), dan Air terjun Curug Citambur (100 meter).

Air terjun Bedegung terletak di Desa Bedegung, Kecamatan Tanjung Agung, Kabupaten Muara Enim. Dari Pusat Kabupaten Muara enim anda bisa menghabiskan waktu 1,5 hingga 2 jam menempuh jarak 56 kilometer menuju objek wisata tersebut. Melewati jalan setapak terlebih dahulu sebagai akses utama untuk tiba di Air Terjun Bedegung.

16. Air Terjun Bemban - di Muara Enim

Photo Instagram @chaerunisa_azzahra

17. Air Terjun Curup Bali di Muara Enim

Photo Instagram @misdahlita19

Lokasi air terjun Curup Bali terletak di Desa Lebak Budi Kec. Tanjung Agung Kab. Muara enim Prov. Sumatera Selatan. Untuk keindahan dan pesona alam dan kesejukan juga tidak kalah dengan air terjun lainnya

Jarak antara kota Muara Enim dengan Kecamatan Tanjung Agung sekitar 60 Km. untuk mencapai ke tujuan curup Bali, jika menggunakan transportasi darat dapat di tempuh kurang lebih 1 jam, kemudian berjalan dari parkir yang dekat dengan pinggir jalan dengan waktu kuang lebih 90 menit untuk sampai ke Curup Bali tersebut.

18. Air Terjun Jernihan - di Muara Enim

gambar by suara1996.blogspot.com
Letak Air Terjun Jernihan ini berada di Desa Keban Agung, Kecamatan Lawang Kidul. Keindahan yang disuguhkan pasti tak akan menyurutkan untuk anda yang berjiwa traveling, karena tempat ini indah namun untuk perjalanan masin cukup susah ditempuh.

Anda dapat melalui jalan setepak melewati kebun dan juga menyibak lebatnya hutan. Membutuhkan waktu setidaknya 1 jam perjalanan dengan melewati sungai kecil yang mengalirkan air yang jernih yang bisa mengobati kelelahan yang mungkin akan dihadapi.

9. Air Terjun Lemutu - di Muara Enim

Photo Instagram @mutiaradorky
Air terjun Lemutu berada di Desa Pagar Dewa, Kecamatan Tanjung Agung, Kabupaten Muaraenim, Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel).

Untuk Mencapai Air terjun ini masih membutuhkan tenaga yang ekstra karena akses jalan menuju ketempat ini masih kurang bagus. Tapi bagi anda yang memiliki jiwa traveling pasti akan terbayar dengan indahnya Air terjun Lemutu tersebut.

20. Air Terjun Napal Carik - di Muara Enim
Photo Instagram @muaraenimupdate
Air terjun Napal Carik terletak di Desa Muara Emil, Kecamatan Tanjung Agung, Muaraenim. Keindahan air terjun Napal Carik tidak kalah indahnya dengan air terjun Bedegung. Jarak untuk menuju Air terjun Napal Carik sekitar 10 km dari pusat daerah Tanjung Agung.

21. Air Terjun Napal Lintang Muara Enim

Photo Instagram @bgmuaraenim.kece
Airr terjun Napal Lintang berlokasi di Desa Lubuk Nipis, Kecamatan Tanjung Agung, air terjun. Perjalanan menuju ke tempat tersebut bisa ditempuh 90 menit perjalanan darat dari Kota Muara Enim.

22. Air Terjun Selingsing - di Muara Enim

Photo Instagram @mdritno
Curup atau Air terjun Selingsing terletak di Desa Tanjung Agung, Muara Enim, Sumaters Selatan, Indonesia.

Sperti halnya air terjun Temam yang berada di Lubuk linggau, Air terjun ini memiliki kemiripan dengan Air terjun Niagara

Untuk Mencapai air terjun Selinsing cukup dekat dengan akses jalan dan mudah dijangkau apalagi, jika menggunakan sepeda motor  hanya sekitar 15 menit sudah tiba dilokasi air terjun yang cukup lebar dengan ketinggian sekitar 10 meter.

Comments

Popular posts from this blog

Cara Mudah Membuat Jadwal Piket /Jadwal Dinas 3 Shift

100+ Nama Baptis Katolik Berdasarkan Pesta Nama orang Kudus dari Buku Puji Syukur

Lirik, Arti dan Makna Lagu Imagination - Shawn Mendes