Cara Setting Windows 7 Terus Menyala Tidak Blank (Sleep) Walau Tidak DIpakai

Dalam sebuah komputer, banyak hal-hal yang sebenarnya sederhana tetapi masih saja banyak orang yang belum mengetahuinya, atau mungkin belum pernah menjelajahinya.

Seperti Cara mengatur sebuah komputer tetap menyala terus walaupun di biarkan atau tidak dipakai dalam jangka waktu lama.

Sebuah komputer biasanya memiliki setting atau pengaturan standar, bahwa setiap kali komputer tersebut dalam keadaan tidak terpakai atau status idle lebih dari beberapa menit biasanya menimbulkan sebuah screen saver atau status komputer akan blank hitam atau dalam keadaan standby. Hal tersebut memiliki maksud agar komputer / PC atau laptop lebih hemat energi atau hemat baterai.

Tetapi dalam keadaan khusus, hal-hal tersebut tidak diinginkan oleh si pengguna komputer tersebut. Ada yang menginginkan komputer yang digunakan tetap menyala walaupun ditinggalkan beberapa saat tanpa mengalami blank.

Seperti untuk keperluan Presentasi yang terkoneksi dengan layar infocus ataupun Proyektor. Jika komputer terjadi status Sleep atau Blank, maka yang ada di layar infocus tersebut akan hilang atau tidak konek. dan jika di hidupkan kembali, biasanya tanpilan di layar proyektor atau infocus tidak sempurna atau menjadi kecil atau tidak full. Sehingga hal tersebut pati akan menjadi masalah, apa lagi presentsi tersebut di gunakan dalam forum yang besar.

Selain hal tersebut tersebut, Komputer perlu menyala terus menerus karena sebuah koneksi yang terus menerus, seperti komputer yang di gunakan oleh operator telepon yang harus terkoneksi dengan alat PABX yang terus menerus yang bertujuan memonitor semua aktifitas yang terjadi dalam PABX, baik telpon kelur masuk bahkan record-record yang lain. Akan sangat mengganggu jika komputer tersebut mengalami blank atau sleep, karena secara otomatis koneksi LAN dari komputer ke PABX pasti akan putus.

Itu beberapa contoh dan mungkin masih banyak lagi, mengapa komputer tidak boleh dalam keadaan sleep atau blank tidak menyala.

Nah, sebenarnya untuk pengaturannya sangatlah mudah, di tiap komputer dengan os yang berbeda-beda pasti memiliki pengaturan atau setting yang berbeda-beda. Namun secara khusus, pada kesempatan ini, saya mencoba membagikan cara yang dapat digunakan di Windows 7.

Langkah-langkahnya sebagai berikut:

1. Pilih Start--Control Panel



2. Selanjutnya anda akan dibawa pada menu-menu berbagi macam setting yang terdapat pada Control panel tersebut. Dari semua pilihan yang ada, anda pilih atau klik "Hardware and Sound"




3. Pada menu pilihan "Hardware and Sound" akan menampilkan sub pilihan-pilihan lain. Silahkan pilih Power Option lalu pilih kembali "Change When Computer Sleep"



4. Pada langkah terakhir akan muncul beberapa pilihan "Change setting for the plan: Balanced" yang akan memberikan pilihan pengaturan beberapa waktu komputer tersebut akan sleep atau mematikan display (blank) secara otomatis setelah beberapa menit atau jam. Dari 1 menit hingga 5 jam,dan pilihan  jangan pernah dimatikan (Never).

silahkan semua pilihan yang anda, anda pilih "Never" semua. untuk memastikan bahwa pada semua keadaan, komputer anda tidak akan mati.


5. Jika semua telah dipilih dengan pilihan Never, silahkan Pilih "Save Change" untuk memastikan pengaturan tersebut telah tersimpan. Dengan begitu, sekarang komputer anda tidak akan mengalami status Sleep atau Mati Blank pada display. Maka Koneksipun secara aman tidak akan terputus.

Jika anda rasa pengaturan tersebut ingin di ubah kembali seperti aturan standar Window. langkah-langkah hampir sama yaitu ikuti langkah 1 sampai 3 dan pada langkah ke 4, anda tinggal pilih "Restore Default setting for plan" lalu pilih save change.

Itulah cara sederhana yang dapat diterapkan pada komputer anda khususnya dengan OS Windows 7, agar koneksi komputer atau laptop anda dengan pernagkat lain seperti proyektor atau jaringan lain tidak terputus. Terimakasih.

Comments

Popular posts from this blog

Cara Mudah Membuat Jadwal Piket /Jadwal Dinas 3 Shift

100+ Nama Baptis Katolik Berdasarkan Pesta Nama orang Kudus dari Buku Puji Syukur

Lirik, Arti dan Makna Lagu Imagination - Shawn Mendes