Ukuran Kertas F4 (Folio) dalam milimeter (mm), sentimeter (cm) dan inci (Inchi)

Ukuran Kertas F4 merupakan sebuah ukuran kertas yang sangat populer di Indonesia yang banyak digunakan untuk segala keperluan seperti laporan-laporan kantor, skripsi, foto copy atau yang lainnya.

Kertas F4 merupakan sebuah kertas format seri F dari standar International yang memiliki ukuran dalam satuan mm (nilimeter) yang juga bisa dikonversi kedalam ukuran cm (centimeter) atau Inci (Inchi). Ukuran tersebut merupakan komposisi dalam sebuah perhitungan panjang dan lebar kertas tersebut.

Walaupun Kertas F4 begitu populer di indonesia, namun ukuran tersebut tidak termasuk dalam sebuah pilihan ukuran kertas yang terdapat dalam sebuah Printer atau Microsoft Office khususnya di MS Word yang merupakan sebuah alat pengetikan dan cetak dalam sebuah penulisan.

Dengan tidak adanyas sebuah pilihan ukuran kertas tersebut dalam aplikasi pendukung seperti microsof office (word khususnya) atau pilihan bawaaan didalam sebuah printer, hal tersebut menjadi sebuah masalah dalam dinia percetakan di Indonesia. Banyak permintaan tetapi tidak tersedia setting  default untuk kertas tersebut.

Banyak kejadian atau ada sebuah pengalaman, pernah mungkin dari banyak orang yang menyangka bahwa ukuran F4 (Folio) merupakan ukuran dengan nama kertas Legal, namun sebenarnya ukuran kertas tersebut berbeda sekitar 2.5 cm, sehingga sering terjadi ketidaktepatan dalam sebuah hasil cetakannya bahkan hasilnya sering terpotong.

Lalu, bagaimana cara memperoleh ukuran yang tepat untuk kertas F4 atau folio tersebut?

Dalam sebuah penentuan ukuran kertas, biasanya didalam ms word terdapat dalam Page setup-- Paper Size

Field Paper Size tersebut memberikan sebuah pilihan untuk banyak ukuran kertas, seperti letter (kuarto), A4 dan lain-lain, namun untuk ukuran F4 atau Folio tidak tersedia.

Jika tidak terdapat pilihan untuk F4, Field Paper size tersebut memberikan sebuah pilihan untuk Custom Size sendiri, biasanya terletak pada pilihan paling akhir. dalam pilihan tersebut anda dapat mengisi dengan ukuran panjang dan  lebar sesuai pilihan anda termasuk bila anda ingin memasukkan ukuran kertas Folio tersebut.

Lain halnya jika anda bekerja melalui microsoft Excel, Ukuran Kertas F4 di MS Excel biasanya dalam page setup-Paper Size tidak menyediakan custom Size dalam pilihan paper zise tersebut. Dalam hal tersebut, ukuran kertas F4 dapat di custom melalui setting printernya langsung pada Page setup-paper Size- Custom Size



Berikut Ukuran Kertas F4 (Folio) dalam mm, cm dan Inci

Ukuran Kertas F4 dalam Satuan mm (milimeter)
  • Ukuran Kertas F4 dalam satuan mm (milimeter) adalah 215 x 330 mm.
Ukuran Kertas F4 dalam satuan cm (centimeter) 
  • Ukuran Kertas F4 dalam satuan cm (centimeter) adalah 21,5 x 33,0 cm.
Ukuran Kertas F4 dalam satuan inci (inchi)
  • Ukuran Kertas F4 dalam satuan inci (inchi) adalah 8,46 x 12,99 inci.
Berikut Tabel Kertas Ukuran F4 dalam mm (milimeter), cm (Centimeter) dan Inci (Inchi)

Ukuran Kertas satuan mm satuan cm satuan inci
F4 (Folio) 215 x 330 21,5 x 33,0 8,46 x 12,99

Itulah ukuran kertas F4 atau folio, semoga dapat memberi refrensi anda dalam mengubah atau membuat ukuran sendiri pada custon size agar ukuran sesuai dengan apa yang diinginkan khususnya pada ukuran F4 tersebut. terimakasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Ukuran Kertas F4 (Folio) dalam milimeter (mm), sentimeter (cm) dan inci (Inchi)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel