Cara Mudah Membuat Daftar Isi Otomatis dan Manual yang Rapi di Microsoft Word

Sebuah kumpulan artikel, karya tulis, skripsi, proposal, dan laporan-laporan pekerjaan biasanya memiliki isi yang bervariatif yang dapat memberi informasi yang bermanfaat bagi pembacanya.

Isi yang lengkap juga memberikan suatu efek bahwa tulisan tersebut akan menciptakan suatu halaman yang begitu banyak atau berlembar-lembar kertas yang terpakai.

Suatu sarana atau kreasi yang dapat menciptakan kemudahan dalam menemukan suatu materi atau informasi yang dicari dalam sebuah tuliasan yang tercetak dalam sebuah lembaran-lembaran kertas yang begitu banyak adalah hal yang sangat diharapkan dari para pembacanya.

Untuk memenuhi keperluan dan tuntutan tersebut, adalah hal yang penting dan wajib dalam suatu buku, artikel, skripsi dan sejenisnya untuk membuat suatu sitemap, atau daftar isi.

Daftar isi adalah sebuah navigasi yang berguna untuk menelusur semua materi yang dicari dalam sebuah kumpulan tulisan. Sehingga Daftar isi harus memiliki pentunjuk halaman yang tepat untuk semua judul yang terdapat dalam kumpulan tulisan tersebut.

Sekilas mata, orang yang bisa membuat tulisan atau mengetik di MS Word pasti sudah bisa membuat daftar isi tersebut. Hanya dengan mengetikkan judul-judul yang ada , tanda titik-titik, spasi, enter dan nomer halaman dan kemudian disusun secara manual.

Tetapi pada kenyataannya hal tersebut kurang menghasilkan suatu daftar isi yang teratur, terkesan kurang rapi juga pasti sangat lelah dalam mengerjakannya.

Sebelum muncul MS Office Office 2000 ke atas, pekerjaan membuat daftar isi bisa dilakukan dengan proses modifikasi pada menu Format--> Tab ( Cara ini sampai sekarang masih Populer)

Namun sekarang Microsoft Word (2000, 2002, 2003, 2007, 2010, 2013, 2016) telah menyediakan menu khusus yang dapat digunakan untuk membuat daftar isi baik secara otomatis maupun manual yaitu pada menu Table of Content.

Untuk MS Word 2000 menu tersebut terletak di Insert --> Index and Tables
Untuk MS Word 2002, 2003 menu tersebut terletak Insert --> Reference --> Index and Tables
Dan MS Word 2007 ke atas menu tersebut terletak  Reference -->Table of Conten

Untuk mendukung hal tersebut, bagi anda yang biasa menulis judul secara manual (Huruf di tebalkan (Bold) dan Ukuran tulisan di perbesar) harus merubah cara penulisan tersebut, yaitu dengan menggunakan menu Heading: Heading 1, Heading 2, Heading 3 dan seterusnya.

Heading 1 dimaksudkan untuk memformat Judul Utama, Heading 2 digunakan untuk memformat Sub Judul pertama, Heading 3 digunakan untuk memformat Sub Judul kedua  dan seterusnya.

Mengapa demikian? karena dalam pembuatan Daftar Isi otomatis, data yang diolah adalah hasil dari analisa level Heading / struktur Judul yang ada pada seluruh tulisan tersebut

Lalu bagaimana cara pengimplematasikan pembuatan Daftar isi tersebut? 

Cara Membuat Daftar Isi Otomatis di MS Word

1. Tentukan terlebih dahulu semua jenis judul yang berada pada artikel atau tulisaan anda,  baik itu Judul Utama  (Heading 1), ataupun Sub Judul (Heading 2, 3, 4 dst)

Untuk lebih jelasnya lihat gambar dibawah ini.
➮Untuk Judul Utama silahkan di blok dahulu lalu di format dengan Style Heading (Home--> Style-->Heading1), 


Selanjutnya anda bisa membuat Rata tengah dengan mengklik simbol "center" dan modifikasi huruf  (Font), serta Ukuran Huruf (Font Size).


➮Selanjutnya kita ubah Sub Judul tersebut , silahkan di blok dahulu lalu ubah dengan format dengan Style Heading (Home--> Style-->Heading2)


2. Setelah semua urusan Judul dan sub judul didalm tulisan atau makalah tersebut beres, Sekarang saatnya kita membuat daftar isi tersebut yang dapat memunculkan halaman secara otomatis berdasarkan analisa Heading dan Sub Heading

Caranya:
➮ Tentukan halaman kosong untuk membuat daftar isi tersebut

➮ Lalu pilih References ----> Table of Contens. Terdapat 2 pilihan gaya daftar isi otomatis, anda bisa pilih menurut selera anda (Automatic Table 1 atau Automatic Table 2)


3. Selanjutnya, hasil akan membentuk daftar isi secara otomatis. Nomor halaman akan muncul dengan otomatis, titik-titik penghubung judul ke nomer halaman terlihat lebih rapi.

Untuk Judul Table of Content atau Content, bisa anda edit sendiri baik tulisan, warna, letak tengah kiri atau kanan sesuai keinginan anda.



Cara Membuat Daftar Isi Manual di MS Word

Setelah cara otomatis kita pelajari, di menu ini terdapat juga pilihan untuk membuat daftar isi secara manual. Menu pembuatan secara manual tersebut memberikan keuntungan dalam hal kebebasan menentukan judul, dan nomor halaman sesuai yang anda inginkan.

Disamping kelebihan tersebut, cara manual juga membutuhkan ketelitian yang lebih dalam hal ketepatan dalam menentukan Judul dan halaman agar selalu sinkron/ sesuai.

Dalam proses pembuatan secara otomatis, untuk nomor halaman disetiap halamannya tidak harus selalu di tampilkan dalam proses pembuatan daftar isi tersebut.

Sedangkan untuk manual, sangat dianjurkan untuk menampilkan nomer pada setiap halaman artikel atau makalah tersebut. karena fungsinya untuk melihat secara manual dalam menentukan kecocokan antara judul dah halaman yang ditempati.

Berikut Langkah / Cara Membuat Daftar Isi Secara Manual
Langkahnya awal hampir sama dengan pembuatan table otomatis, hanya berbeda pemilihan tablenya saja.  Preference---> Table Of Contens--> pilih pilihan ke 3 (Manual Table)



Setelah hasil bentuk table bawaan yang manual tersebut. Anda hanya perlu mengeditnya satu-per satu.
  • Tulisan Judul default tersebut bisa di hapus dan diganti dengan judul sesuai keinginan anda
  • Angka-angka yang sudah ada bisa anda ganti sesuai penomoran halaman pada judul yang diinginkan.
  • Untuk menambah daftar isinya, anda cukup copy dan paste, daftar isi tersebut ke bagian selanjutnya setelah judul di atas yang telah terisi tadi

Dengan mengikuti salah satu dari dua cara di atas, semoga sekarang anda bisa membuat daftar isi dengan mudah, rapi dan teratur.

Terimakasih

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Mudah Membuat Daftar Isi Otomatis dan Manual yang Rapi di Microsoft Word"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close