Skip to main content

3 Cara Mudah Mengubah File Dokumen Ms Word ke PDF

myavitalia.com - Suatu sofeware/ media penulisan dan media penerbitan dalam sebuah tulisan memiliki suatu kaitan yang erat dalam setiap kesempatan.

Salah satu media penulisan dalam membuat suatu karya tulis yang sering kita gunakan atau populer dalam kegiatan kita sehari-hari dalam hubungannya dengan dunia komputerisasi adalah Microsoft Word.

Microsoft Word adalah salah satu dari serangkaian kumpulan aplikasi milik Microsoft dalam mendukung kegiatan kantoran yaitu Microsoft Office.

Dalam MS Word, setiap penulis dapat mengeksplore tulisannya dengan berbagai kreatifitas yang bervariasi.

Biasanya MS Word sering digunakan untuk pembuatan skripsi, Artikel, ataupun karya tulis yang didalamnya mengolah suatu kalimat yang harus disusun dengan baik dan rapi.

Dalam hal ini, MS Word memang menjadi jagonya dalam proses pembuatan tersebut.

Di era digital seperti saat ini, sebuah tulisan sering kali perlu disebarluaskan melalui media internet untuk dapat dibaca oleh kalangan luas.

Dalam penyebaran tersebut diharapkan sebuah dokuman dapat bersifat flexibel dapat dibuka dikomputermanapun, bahkan oleh sebuah smartphone sekalipun tanpa adanya perubahan pada struktur data dan isinya.

Selain hah tersebut sebuah keamanan dokumen pun perlu dilindungi, seperti adanya suatu password dalam membuka dokumen tersebut.

Untuk memenuhi akan tuntukan hal tersebut, terciptalah sebuah output file extensi yang dapat memberikan sebuah dokumen yang flexsibel dan protektif yaitu dokumen dengan File Extensi PDF.

Lalu bagai mana mendapatkan file dengan extensi PDF tersebut?

Caranya adalah dengan mengkonversi file MS Word yang telah dibuat tersebut ke dalam format PDF tau dengan kata lain Mengubah Word ke PDF. 

Dalam mengubah Word ke PDF dapat dilakukan dengan dua metode yaitu Offline dan Online.

Mode Offline ini biasanya tersedia dalam sebuah aplikasi Convert to PDF baik free maupun berbayar.

Dan untuk mode online tersedia dalam bentuk web convert to PDF baik yang trial maaupu yang gratis.

Berikut beberapa cara yang sering saya lakukan untuk mengconvert file MS Word ke dalam Format PDF.


Cara Mudah Mengubah Word ke PDF Melalui Microsoft Word / MS Word 2010. 

Dalam MS Word 2010 pihak microsoft sudah mem bundling / menyatukan format PDF kedalamnya. Anda tidak perlu lagi menambah sofware lain untuk mengkonvert file tersebut dan ini bisa dilakukan secara offline.

Caranya:
1. Buka (Open) File Word yang akan anda convert tersebut dengan MS Word 2010

2. Lalu Simpan dalam format PDF.  File ===> Save As 


3. Buat Nama File (File Name) ===> Pilih Extensi PDF. (Save As Type)


4. Selanjutnya langkah terakhir untuk mendapatkan hasil corvert tersebut yaitu pilih "Save", otomatis File Word yang dibuka tadi (misal: Weekand Mandiri.doc) menyimpan dengan format baru yaitu Format PDF (hasil: Weekand Mandiri.pdf)



Cara Mudah Mengubah Word ke PDF Melalui Web Conterter to PDF Online

Dalam hal convert online, banyak web converter PDF yang menyediakan fasilitas tersebut. Intinya proses kerjanya adalah

1. Upload File Word pada Field yang disediakan.

2. Klik Proses Covert untuk mendapatkan File PDF tersebut. Untuk hasil biasanya didapat melaui proses download/ save as otomatis ke dalam Internal Drive di komputer kita.

Sebenarnya ada banyak Web Convert penyedia layanan Convert to PDF. Anda banya cukup mencarinya dengan kata kunci "Convert Word to PDF online" pada Google search Engine, maka hasil akan bermunculan banyak sekali, anda tinggal memilih saja. 

Namun, biasanya Web Converter PDF yang sering saya gunakan yaitu pada situs web: online2pdf.com



Mengapa saya gunakan web converter tersebut.

1. Benar-benar Free, hanya ada beberapa iklan yang bersahabat yang muncul untuk berpromosi.

2. Tanpa ada jeda waktu bila mengkonverter beberapa kali. 

Mau Convert file berapa pun, bisa dilakukan saat itu juga tanpa ada peringatan harus menunggu beberapa saat lagi atau penawaran untuk member premium.

Cara Mudah Mengubah Word ke PDF Melalui Google Drive

Untuk cara ini merupakan salah satu alternative cara online yang bisa anda coba.

Caranya:

1. silahkan masuk ke google Drive Anda https://www.google.com/drive/

2. Upload File Word yang akan di convert to PDF tersebut,


3. Klik kanan pada file word  ==> Buka Dengan ==> Google Dokumen, atau Double Klik Hasil Upload tersebut, maka secara otomatis akan terbuka dalam bentuk google dokumen.



4. Setelah file tersebut terbuka dalam tampilan Google Doc. Silahkan Download hasilnya dengan langkah. File==>Download sebagai==>Dokumen PDF(. pdf)




Itulah 3 cara yang sering saya gunakan untuk mengubah MS Word ke PDF.  Sebenarnya masih banyak aplikasi khusus yang bisa digunakan baik secara offline maupun online.

Semua aplikasi tersebut memiliki cara kerja yang hampir sama, yaitu memasukkan dokumen ms word dan di convert dengan hasil output akhir berupa file PDF.

Semoga informasi berbagi pengalaman ini, bisa bermanfaat bagi anda sekalian. Selamat mencoba.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
close