4 Cara Mudah Mengubah Bahasa di WhatsApp

Whatsapp adalah aplikasi chatting yang sangat populer saat ini. Bahkan hampir semua pemilik hp smartphone baik itu android, iOS-apple dan hp berbasis windows menggunakannnya.

Whatsapp sebagai sebuah layanan chatting tanpa iklan, memberikan sebuah kenyamanan bagi para penggunanya dalam berkomunikasi, baik dengan teman, rekan bisnis maupun group yang yang terbentuk dalam WA tersebut.



Demi sebuah kepentingan agar aplikasi dapat diterima oleh semua kalangan masyarakat diberbagai banyak negara, pihak Whatsapp mencoba memberikan layanan pilihan multi bahasa yang dapat dipilih sesuai bahasa lokal setempat. 

Saat ini, whatsapp telah tersedia dalam berbagai bahasa hingga mencapai lebih dari 40 bahasa, dan secara khusus bagi aplikasi whatsapp yang terdapat dalam operating system Android telah tersedia dalam 60 bahasa yang dapat digunakan.


Dalam hal ini, sebuah bahasa akan sangat membantu sekali dalam sebuah komunikasi agar seseorang mendapatkan informasi yang diberikan atau yang diterima dengan benar.

Nah, bagi anda pengguna aplikasi Whatsapp silahkan gunakan bahasa sesuai keinginan anda untuk memperolah kenyamanan dalam berkomunikasi dengan kerabat atau rekan-rekan anda.

Pengaturan bahasa di dalam aplikasi whatsapp dapat dipengaruhi oleh 2 pilihan pengaturan, yang dapat anda pilih mana menurut anda yang lebih mudah.

Pilihan Pertama adalah mengubahnya dari pengaturan bahasa smarthpone / telefon secara umum.

Bila Smartphone / HP anda baik Android, iOS-iPhone, atau pun Windows saat ini berbahasa Inggris, maka secara otomatis bahasa whatsapp yang digunakan akan mengikuti bahasa smarthpone yang saat ini anda gunakan yaitu bahasa Inggris. 

Dan jika suatu saat bahasa smarthpone anda diganti dengan bahasa Indonesia, maka secara otomatis juga wahatsapp akan mengikuti bahsa smartphone yang anda ubah tadi yaitu bahasa Indonesia.

Pilihan kedua adalah mengubahnya langsung dari Aplikasi Whatsapp yang anda gunakan. 

Dalam pilihan kedua ini, bahasa yang digunakan oleh aplikasi whatsapp dapat berbeda dengan bahasa yang digunakan pada bahasa smartphone secara umum. Pengaturan bahasa smartphone secara umum tidak mempengaruhi bahasa whatsapp yang sedang digunakan, karena langsung diatur dari aplikasi whatsappnya secara langsung.

Yang menjadi kendala saat ini pada pilihan kedua adalah tidak semua negara pengguna whatsapp mendukung pengaturan ini, termasuk di Indonesia. 

Pengaturan bahasa di aplikasi ini dihilangkan atau ditiadakan. Jadi jika anda mencarinya tidak akan ketemu / hilang.

Mungkin bagi anda, sebagian besar sudah mengetahui bagimana cara mengubah pengaturan bahasa telepon atau smartphone atau HP.

Namun dari pengamatan yang ada, ternyata masih banyak juga yang belum mengetahui cara atau langkah mengubah bahasa pada pengaturan di smarthpon yang digunakan.

Berikut langkah-langkah yang bisa anda simak dalam mengganti atau mengubah pengaturan bahasa smarthpone / hp anda, yang juga dapat mempengaruhi perubahan bahasa pada whatsapp yang anda gunakan.

Cara Mengubah Setelan Bahasa pada HP Android

Dalam langkah ini, saya memberikan contoh dari pengaturan bahasa HP Xioami MIUI 9
1. Silahkan masuk ke Setelan (Sistem dan Perangkat) ===> Setelan tambahan


2. Di dalam setelan tambahan terdapat banyak pilihan, tetapi anda ketuk saja pilihan "Bahasa & Masukan"


3. Selanjutnya dalam halaman bahasa dan masukkan, anda pilih lagi "Bahasa".

Nanti di dalam pilihan bahasa tersebut, anda akan diberi pilihan dengan begitu banyak bahasa yang support dengan wahtsapp. Lalu silahkan pilih bahasa sesuai yang anda inginkan.



4. Dengan demikian,bahasa telepon anda sudah berubah, dan secara otomatis juga akan merubah bahasa di whatsapp anda.

Cara Mengubah Setelan Bahasa pada iPhone (iOS)

Dalam pengaturan di HP iPhone anda bisa mengikuti langkah ini:
1. Buka Pengaturan telepon Anda ,
2. Pilih Umum ==> Bahasa & Wilayah ==> Bahasa iPhone
3. Pilih bahasa yang Anda inginkan lalu pilih Selesai ===> Ubah ke "bahasa".

Cara Mengubah Setelan Bahasa pada Windows Phone

Dalam pengaturan di HP yang memiliki operating system Windows, anda bisa mengikuti langkah ini:

1. Buka Pengaturan telepon
2. Pilih Waktu dan bahasa  ===> Bahasa (Anda dapat mengetuk Tambah bahasa atau  Drag (ketuk dan tahan) pada bahasa yang Anda inginkan)
3. lalu Pindahkan ke atas agar posisinya berada di paling atas. 
4. Reboot atau mulai ulang hp anda untuk memperolah hasil perubahan bahasa yang dilakukan.

Cara Mengubah Setelan Bahasa Langsung dari Aplikasi WA

Cara ke 4 ini sebenarnya tidak berlaku di Indonesia, karena pada setelannya, pengaturan bahasa di hilangkan atau tidak dinampakkan.

Berikut tampilan di pengaturan WA di Indonesia



Namun untuk diketahui, jika negara tertentu mendukung opsi tambahan tersebut. Anda dapat melakukan langkah sebagai berikut:

1. Buka WhatsApp.
2. Pilih Menu ===> Setelan ===> Chat ===> Bahasa aplikasi.
3. Pilih bahasa yang diinginkan dari pop-up yang ditampilkan.


Demikian cara mengubah atau mengganti bahasa pada aplikasi Whatsapp anda, semoga anda dapat menggunakan bahasa pilihan favorit anda,dan akhirnya dapat memperoleh pengalaman berkomunikasi yan nyaman dan menyenangkan. Terimakasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "4 Cara Mudah Mengubah Bahasa di WhatsApp "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel