Cara Pemesanan Tiket Kereta Api Beserta Pemilihan Tempat Duduk Kelas Ekonomi

Sebuah pengalaman perjalanan mengunakan kereta api dari stasiun Kertapati Palembang menuju stasiun Martapura OKU Timur

Sebenarnya ada beberapa alternatif  transportasi umum untuk pulang kampung kemarin saat liburan anak sekolah dan cuti kerja, yaitu bisa menggunakan Mobil Travel dan Kereta Api.

Sudah sering dan hal yang biasa, kami menggunakan jasa anggkutan Mobil Travel. Tapi yang menjadi kendala saat itu adalah kondisi kesehatan dan daya tahan tubuh yang berbeda-beda dari bebrapa anggota

Ada salah satu anggota dalam keluarga kami yang tidak tahan dengan perjalanan menggunakan Mobil Travel, alias pasti muntah saat perjalanan yang diakibatkan daya tahan tubuh yang tidak siap/tidak stabil, tidak tahan udara AC, serta gaya pengemudi yang kadang-kadang tidak halus dalam membawa mobil.

Maka di tahun ini, kami mencoba mencari alternatif transportasi lain untuk mudik kampung kemarin yaitu KERETA API.


Mendengar kabar bahwa saat ini pelayanan dan fasilitas kereta api sudah mengalami perubahan kearah yang lebih baik, saya memutuskan untuk mencoba menggunakannya.

Apa yang telah dilakukan pihak kereta api untuk. kenyamanan para penumpangnya, inilah yang saya alami. 

#Pertama: Pemesanan tiket bisa dilakukan secara online, seperti melalui agen-agen PPOB, Indomart, Traveloka.com, tiket.com dan masih banyak lagi. Dengan begitu anda bisa menghemat waktu dan tenaga, dan tidak perlu antri berdesak-desakan.

Pemesanan tiket dapat dilakukan H-90 dari jadwal pemberangkatan. Jadi 3 bulan sebelumnya, anda dapat memesan tiket tersebut.

#Kedua: Setiap tiket yang didapat pasti sudah menempatkan anda pada  tempat duduk yang sesuai dengan pilihan anda.

Berbeda dengan jaman dulu, waktu itu walaupun sudah ada tiket belum tentu anda bisa duduk dengan nyaman di kursi. Bisa saja anda mendapatkan tiket tanpa tempat duduk, jadi anda hanya bisa terkapar di lantai atau berdiri saja, sembari menunggu keberuntungan, siapa tahu ada penumpang yang turun di stasiun terdekat dan kita bisa mwnggantikannnya.

#Ketiga: Kenyamanan di dalam kereta sudah ditingkatkan.

Untuk kelas ekonomi, tidak ada lagi pedagang asongan, dan saat ini sudah digantikan olah petugas kereta api yang cantik dan ganteng yang siap melayani snack atau makanan ringan, minuman dan sarapan kecil selama perjalanan anda.

Customer service juga siap dihubungi setiap saat. Jadwal petugas CS tersebut tertempel disetiap gerbong kereta masing-masing.

Untuk kebersihan, telah disediakan Cleaning Service dalam setiap perjalanan. sehingga lantai bisa terlihat bersih, sampah terkontrol serta toilet yang selalu di kontrol kebersihannya.

Ruangan, seluruh kelas sudah menggunakan AC (Air Conditioner) termasuk kelas Ekonomi dan Bisnis yang dulu tanpa AC sekarang ber AC, bukan lagi hanya yang Kelas Eksekutif  saja.

Selain itu, bagi yang biasa mabuk di mobil coba dengan kereta api, karena didalam kereta api, secara umum, ruangan lebih besar dari mobil sehingga sirkulasi udara lebih bagus. Anda juga tidak terpaku untuk duduk terus menerus, anda bisa refreshing, sesekali anda bisa mencob berjalan-jalan menghilangkan lelah ditempat duduk.

Kabar baik sudah saya terima, lalu bagai mana cara memesannya dan Penentuan tempat duduknya, apa lagi kalau sekeluarga, pasti akan nyaman bila berkumpul dalam area dan kursi yang berkelompok. dan akan tidak. nyaman bila posisi tempat duduk berpisah pisah, apa lagi kalau berlainan gerbong

Pemesanan Tiket Kereta Api

Pemesanan Tiket Kereta Api dapat dilakukan melalui agen - agen PPOB yang ada disekitar anda. Tapi yang pupuler biasanya melalui Indomart, Traveloka, dan Tiket.com.


Secara garis besar, Untuk mendapatkan tiket dilakukan dengan melalui 3 tahapan, yaitu
  • Pilih mau pesan dimana akan memesan tiket (indomart, traveloka atau yang lainnya), 
  • Lakukan booking/pemesanan tiket di agen tiket tersebut, 
  • Lalu Tukarkan kode booking tersebut di stasiun yang ditentukan untuk mendapatkan tiket perjalanan tersebut. 
Dalam pemesanan tersebut, wajib. menyertakan data penumpang seperti KTP atau SIM, atau yang lainnya yang dipergunakan untuk keperluan monitor data penumpang dan Asuransi.

Dalam satu Booking Tiket membatasi jumlah penumpang yaitu 4 orang dewasa (di atas 3 tahun) dan 4 Bayi (dibawah 3 tahun).

Untuk anak-anak di bawah 3 tahun tahun, tidak dikenakan biaya tiket, tetapi tetap harus terdaftar dalam tiket tambahan  dengan Tipe Penumpang Infant tanpa tempat duduk.

Cara Memilih Gerbong dan Tempat Duduk Kereta Api

Kenyamaan dalam melakukan perjalanan dengan kereta api salah satunya adalah penempatan posisi tempat duduk yang akan diambil, terutama yang melakukan pemesanaan untuk kelas ekonomi.

Mengapa demikian? karena kereta api Kelas Ekonomi di Indonesia saat ini, untuk posisi tempat duduk tidak bisa digeser menghadap belakang atau menghadap kesepan sesuai keinginan kita. Jadi solusinya adalah dengan memesan posisi tempat duduk yang tepat sejak  awal awal pembelian.

Nah, mungkin yang sudah sering naik kereta api kelas ekonomi sudah paham akan hal itu. Tetapi yang ingin mencoba atau mencoba untuk pertama kali mungkin akan bingung dengan situasi kursi yang ada.

Kursi di dalam kereta Api Ekonomi memiliki struktur berhadapan dan saling saling membelakangi, dan kursi tersebut tidak bisa anda geser-geser.

Bagi anda yang mau pesan sendirian mungkin tidak menjadi masalah, mau duduk dimana saja. Tetapi yang menjadi masalah adalah jika anda ingin bepergian bersama anggota yang lain dan ingin berkumpul dalam satu group kursi yang saling berhadapan atau berdampingan, untuk mendapatkan interaksi dan suasana yang nyaman.

Cara Mendapatkan Kursi Kereta Api Yang Saling Berhadapan.
Dalam angka kursi terdiri dari angka genap dan Ganjil. Angka Genap dan gajil akan selalu berpasangan, bisa kemungkinan berhadapan atau bertolak belakang.

"Untuk mendapatkan kursi yang berhadapan anda harus memilih angka kursi dengan angka gajil yang lebih kecil dibandingakan angka yang genap setelahnya"

Cantoh kursi berhadapan
➮Kursi 1A (satu) akan berhadapan dengan Kursi 2A
➮Kursi 15C akan berhadapan dengan Kursi 16C
➮Kursi 27B akan berhadapan dengan Kursi 28B
➮dan seterusnya

Jika anda memilih kursi dengan angka genap lebih kecil dengan angka ganjil. maka posisi anda akan saling bertolak belakang atau adu punggung.

Contoh Kursi Bertolak belakang / adu punggung
➮Kursi 6A akan bertolak belakang dengan Kursi 7A
➮Kursi 20C akan bertolah belakang dengan kursi 21 C
➮dan seterusnya.

Jadi sebagai catatan, "coba cermati angkanya dan samakan hurufnya"


Cara Mendapatkan Kursi yang Bersebelahan
"Untuk mendapatkan kursi yang bersebelahan. anda cukup memperhatikan atau memilih angka yang sama dengan huruf yang berurutan"

Contoh menempatkan 3 orang berdampingan dalam 1 deret kursi
➮Anda Cukup Memesan Kursi 1A,1B, 1, C
➮atau 2A, 2B, 2C dan seterusnya

Contoh menempatkan 2 orang bersebelahan
➮Anda cukup memilih 1A dan 1B (yang 1 C akan ditempati orang lain)==>dalam posisi isi kursi tiga orang
➮atau 1D dan 1E ===> dalam posisi isi kursi 2 orang

Memilih Posisi Gerbong Kereta Api

Untuk memilih gerbong kereta api, cukup simpel. Perhatikan tanda "Ekonomi 1 atau Ekonomi 2 dst, Bisnis 1 atau Bisnis 2 dst, Eksekutif 1 atau eksekutif 2 dst.

Ekonomi, Bisnis dan Eksekutif merupakan tanda Kelas Kereta yang dipilih dan angka dibelakang Kelas tersebut merupakan tanda urutan gerbong yang tersedia.

Angka Gerbong dari 1, 2 dan seterusnya dimulai dari belakang kepala Kereta Api (Lokomotif). Semakin besak angkanya berarti anda memilih gerbong yang semakin kebelakang atau mengarah ke Ekor kereta api dan menjauh dari Depan (kepala Kereta api-Lokomotif)..

Yah, itu lah itulah sepenggal sharing pengalaman dan informasi mengenai pemesanan dan pemilihan tempat duduk kursi kereta api yang sudah saya alami. Semoga informasi ini dapat membantu anda yang masih baru mencoba menggunakan jasa angkutan kereta api....

Comments

Popular posts from this blog

Cara Mudah Membuat Jadwal Piket /Jadwal Dinas 3 Shift

100+ Nama Baptis Katolik Berdasarkan Pesta Nama orang Kudus dari Buku Puji Syukur

Lirik, Arti dan Makna Lagu Imagination - Shawn Mendes