Skip to main content

Cara Mengeprint Bentuk Buku Kecil (Booklet)

Booklet adalah teks yang dicetak dalam sebuah kertas dan kemudian kertas tersebut dapat dilipat seperti buku, atau kalau menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia Booklet adalah buku kecil yang berfungsi sebagai selebaran. Isi dari booklet biasanya lebih lengkap dan lebih menarik dari selebaran biasa namun penyajiannya lebih singkat dari sebuah buku.

Secara umum booklet digunakan sebagai media promosi juga sebagai media informasi produk suatu barang ataupun jasa dari sebuah unit usaha.
Namun disini, myavitalia tidak akan membahas detail apa itu booklet, tetapi lebih pada cara bagaimana mencetak bentuk booklet itu sendiri.
Mengapa demikian, karena teks yang dicetak menyerupai sebuah buku kecil ini (yang dalam bahasa printer memang disebut mencetak dalam bentuk booklet), saat ini tidak hanya digunakan untuk membuat sebuah selebaran saja. Akan tetapi terkadang kita memang membutuhkan teks yang perlu kita atur agar lebih sederhana dalam bentuknya atau juga dengan alasan untuk menghemat kertas dan lain sebagainya.


Mencetak booklet adalah mencetak dengan perintah pengaturan bentuk booklet sehingga menghasilkan hasil cetakan seperti booklet. Hasil print tinggal kita lipat menjadi dua bagian sehingga hasil akhir bisa seperti buku.
Nah cara mencetak teks menjadi bentuk buku kecil ini (booklet) ada beberapa cara.
Pertama, bisa melalui perintah printer langsung(bagi printer yang sudah ada fitur bookletnya),
Kedua, bisa melalui pengaturan di Microsoft Word,
Ketiga, bisa dari bentuk pdf.
Pada kesempatan ini, myavitalia akan berbagi cara mencetak bentuk booklet dengan cara ketiga, karena alasan jika kita mencetak teks yang kita terima dari orang lain biasanya kita terima dalam bentuk file pdf, juga karena alasan mencetak dari file pdf dirasa lebih sederhana pengaturannya.
Caranya hampir sama dengan mengeprint bolak balik dari file Pdf.

Baca juga Cara mengeprint bolak balik dari file Pdf.

Langkah 1
Karena diawal tadi sudah disampaikan bahwa kita akan mencetak dari file pdf, maka jika file kita masih dalam bentuk Word kita akan simpan dulu dalam bentuk Pdf dengan pilih File>Save as>beri nama, pada type penyimpanan kita pilih extention yang PDF, OK.

Langkah 2
Buka aplikasi Adobe Reader lalu cari file yang akan di print, kemudian kita pilih Print.
Pada kotak dialog Print>pilih printer yang akan kita gunakan. Dan berapa banyak kita akan mengcopy.


Langkah 3
Masih pada kotak dialog Print pada Page Sizing & Handling >kita pilih Booklet.

Selanjuatnya kita atur jenis kertas yang akan kita gunakan dengan pengaturan pada Page Setup.

Nah sampai disini jika kita lihat pada Booklet subset ada 3 pilihan;
Both sides untuk pengaturan mencetak bolak balik secara otomatis.
Front side only maksudnya kita hanya akan mencetak satu muka yang dibaca printer sebagai bagian depan.
Back side only maksudnya kita hanya akan mencetak satu muka yang dibaca printer sebagai bagian belakang (selain bagian depan tadi).

Langkah 4
4.1. Mencetak secara pengaturan manual
Untuk pengaturan manual, pada Booklet subset kita pilih terlebih dahulu yang Back side only

Pastikan pada Binding kita pilih left,

lalu tekan Print.
Setelah selesai mengeprint pada sisi Back side only, kita ambil hasil printnan, kita balik kertas mengikuti sisi pendeknya, masukkan kembali kertas hasil printnan tadi ke tatakan belakang printer.
Kemudian pada Booklet subset kita pilih yang Front side only, kemudian tekan Print.
Hasilnya kemudian tinggal dilipat sehingga bentuknya sudah seperti buku.

4.2. Mencetak secara pengaturan otomatis
Untuk mencetak dengan pengaturan otomatis, pertama pada More option, yang pada bagian Reverse pages bisa dicentang artinya pengeprintnan bolak balik dimulai dari halaman tengah, atau bisa juga tidak dicentang artinya pengeprintnan bolak balik dimulai dari halaman sampul.
Dan pada Booklet subset kita pastikan kita pilih yang Both sides.

Jenis kertas yang akan kita gunakan tetap sama kita atur pada Page Setup.

Lalu tekan Print
Setelah sisi pertama selesai diprint otomatis muncul halaman sebagai berikut ;

Ambil hasil printnan, balik kertas mengikuti sisi pendeknya, masukkan kembali ke tatakan belakang print, klik Mulai mencetak.
Setelah printer selesai mencetak, ambil hasil printnan, dan kita tinggal melipat menjadi 2 saja, maka teks bentuk buku kecil kita (booklet kita) sudah jadi. Selesai, dan selamat mencoba.

Semoga bermanfaat.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
close