Skip to main content

Format Cells Number pada Microsoft Excel

Microsoft Excel menurut pengertian umum Wikipedia adalah sebuah program aplikasi lembar kerja bagian dari Microsoft Office yang memiliki fitur kalkulasi dan pembuatan grafik.

Menurut pandangan umum penggunanya, Microsoft Excel secara sederhana adalah sebuah program yang memungkinkan pengguna untuk mengolah data yang bersifat numerik (angka).
Lembar kerjanya berbentuk kumpulan sel yang tersusun menjadi baris dan kolom, atau biasa dikenal dengan sistem spreadsheet.


Untuk memperjelas proses pengolahan data di lembar kerja Microsoft excel, maka terlebih dahulu kita perlu menentukan format penulisan angkanya.

Jenis-jenis format cells number yaitu:
General penulisan angka biasa tanpa format khusus.
Number penulisan angka dengan pengaturan digit desimal (Decimal Places), dengan pemisah   ribuan (Use 1000 separator) dan bentuk penulisan bilangan negatif (Negative Numbers)
Currency penulisan angka dengan penambahan simbol mata uang
Accounting penulisan angka dengan penambahan simbol mata uang dan pemisah   ribuan.
Date macam-macam bentuk penulisan tanggal.
Time macam-macam bentuk penulisan jam.
Percentage penulisan angka dalam format persen (%).
Fraction penulisan angka pecahan.
Scientific penulisan angka eksponensial (pangkat).
Text penulisan angka dalam bentuk teks.
Special penulisan angka untuk database (kode area, Nomor Telepon,   dll).
Custom penulisan angka dengan format yang bisa diatur sendiri.

Contoh Penggunaan Format Cells Number


1. General
Penulisan pada sel tanpa menggunakan format khusus, misal pada sel B10 ketik “Tuan AA” pastikan pada kotak dialog cells: Number Category : General.


2. Accounting
Penulisan angka dengan penambahan simbol mata uang dan pemisah ribuan.
Misal pada sel D6 ketik 120000, pada kotak dialog cells: Number >pilih Category :Accounting >atur Decimal places “2” dan pilih pada Symbol “Rp”, OK.


3. Date
Macam-macam bentuk penulisan tanggal, misal ketik pada sel D3 “24/3/2022” pada kotak dialog cells: Number >pilih Category: Date atur salah satu type misal Type: *14/03/2021 , OK.


4. Time
Macam-macam bentuk penulisan jam, misal pada sel D4 ketik “8.00.00” >pada kotak dialog cells: Number >pilih Time> location : Indonesian, OK.


5. Custom
Penulisan dengan format yang bisa kita atur sendiri misal ketik pada sel D7 angka “500” > pada kotak dialog cells: Number >pilih Category: Custom atur salah satu type misal Type: 0. Setelah 0 kita atur sendiri, misal kita ketik “/menit” , OK. (maka pada sel D7 akan membuat pengaturan 500/menit)


Demikian, semoga bermanfaat.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
close