Skip to main content

Lagu Kicir Kicir | Asal Daerah, Pencipta, Lirik Terjemahan dan Makna, Hingga Notasi Angkanya

myavitalia.com - Lagu Kicir Kicir merupakan sebuah lagu daerah tradisional yang sering menjadi lagu favorit untuk warga di Daerah Betawi atau Kota Jakarta. Lagu tersebut dibawakan dengan nada gembira dengan pola bernyayi seperti pantun nasihat yang dilengkapi dengan sampiran dan isi di dalam setiap baitnya.

Lagu Kicir-kicir sering menjadi materi pembelajaran seni budaya di sekolah dasar maupun menengah karena memang lagu tersebut menjadi salah satu kekayaan budaya Indonesia yang perlu dilestarikan.

Berikut ini ringkasan singkat dari Lagu Kicir Kicir
  • Lagu Kicir Kicir berasal dari Daerah Jakarta.
  • Lagu Kicir Kicir diciptakan oleh seseorang yang tidak diketahui namanya atau sering disebutkan dengan istilah NN (No Name)
  • Lagu Kicir Kicir memiliki birama 4/4, dan dinyanyikan dengan nada dasar DO=D
  • Memiliki Pesan "Kita semua hendaknya bisa menjadi penyemangat hidup bagi sesama, dengan kehadiran kita, orang lain bisa merasa bergembaira. Juga Jadilah orang yang berguna bagi masyarakat, caranya dengan kita semakin giat bekerja"


Makna dan Cerita Lagu Kicir Kicir

Lagu Kicir - kicir adalah sebuah lagu yang memiliki bait-bait seperti sebuah pantun yang dinyanyikan, yang bila dikembangkan lebih lanjut sebenarnya tidak terbatas pada 3 bait yang sudah kita dengar seperti biasanya.

Lagu Kicir-kicir sebagai lagu khas orang Betawi atau daerah Jakarta ini, nampaknya mereka atau pembuat lagu ini ingin mengirimkan sebuah pesan bahwa dengan berpantun dan bernyayi kita bisa menghibur seseorang yang sedang bersedih atau berduka. Selain itu dalam lagu tersebut memberi pesan kepada para pendengarnya untuk bisa menjadi seseorang yang berguna bagi masyarakat.

Dalam bait pertama, terungkap bahwa mereka bernyayi memang sengaja untuk menghubur hati orang lain yang sedang berduka.

Pada bait kedua, menyebutkan bahwa dengan bernyanyi, kita bukan saja dapat menghibur orang lain, tetapi juga dapat membuat badan sehat, dan hati bergembira.

Dan sebagai penutup dalam bait ke tiga, ada sebuah pesan untuk kita semua, hendaknya kita menjadi warga yang berguna. BAgaimana caranya? caranya adalah dengan bekerja lebih giat dan lebih rajin dan sepenuh hati.

Lirik Lagu Kicir Kicir

Kicir kicir ini lagunya
Lagu lama ya tuan dari Jakarta
Saya menyanyi ya tuan memang sengaja
Untuk menghibur menghibur hati nan duka

   Burung dara burung merpati
   Terbang cepat ya tuan tiada tara
   Bilalah kita ya tuan suka menyanyi
   badanlah sehat ya tuan hati gembira

Buah mangga enak rasanya
Si manalagi ya tuan paling ternama
Siapa saya ya tuan rajin bekerja
pasti menjadi menjadi warga berguna

Partitur Sederhana / Not Angka Lagu Kicir Kicir

Lagu Kicir Kicir memiliki birama 4/4, dinyanyikan dengan tempo sedang dalam nada dasar DO = D.

Lagu tersebut memiliki nada paling tinggi pada nada La Sedang (6) dan terendah pada nada Sol rendah ( 5. )

Terimakasih.. Semoga bermanfaat... Dan berikut contoh Video Musik dari lagu Kicir-Kicir.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
close