Skip to main content

Lagu Gambang Suling | Asal Daerah, Pencipta, Lirik Terjemahan dan Makna, Hingga Notasi Angkanya

myavitalia.com - Lagu Gambang Suling merupakan sebuah lagu daerah tradisional yang sering menjadi salah lagu favorit untuk warga di Daerah Jawa khususnya Jawa Tengah.

Lagu Gambang sering menjadi materi pembelajaran seni budaya di sekolah dasar maupun menengah karena memang lagu tersebut menjadi salah satu kekayaan budaya Indonesia yang perlu dilestarikan.

Berikut ini ringkasan singkat dari Lagu Gambang Suling
  • Lagu Gambang Suling berasal dari Daerah Jawa Tengah .
  • Lagu Gambang Suling diciptakan oleh Ki Narto Sabdo seorang seniman musik dan dalang wayang kulit legendaris dari Jawa Tengah
  • Lagu Gambang Suling memiliki birama 4/4, dan dinyanyikan dengan nada dasar DO=G# / AS
  • Memiliki Pesan / makna "Kekaguman akan suara nan merdu yang dihasilkan dari Seruling"


Makna dan Cerita Lagu Gambang Suling

Lagu Gambang suling yang diciptakan oleh Ki Narto Sabdo salah satu dalang terbaik yang pernah dimiliki Indonesia ini memiliki sebuah makna dan cerita akan sebuah ungkapan kekaguman terhadap alat musik yang bernama Gambang Suling karena suara yang dihasilkannya.

Untuk alat musiknya sendiri sepertinya terdiri dari dua jenis alat musik yang berbeda yaitu gambang dan seruling, namun dalam nyanyian ini nampaknya hanya menceritakan kekaguman dari segi kemerduan serulingnya saja, dan "gambang" hanya sebagai pelengkap syair saja.

Mengapa demikian, hal itu terlihat bahwa sang penulis dalam menceritakan kemerduannya di dalam lagu ini yaitu dengan cara menunjukkan bagimana alat tersebut menimbulkan bunyi.

Dan jelas yang berbunyi "thulat thulit" di sini adalah bunyi seruling. Sedangkan Gambang yang sumber bunyinya dengan cara dipukul tidak diceritakan.

Namun di luar dari mengapa demikian, yang jelas sang pencipta ingin mengungkapkan kekagumannya tersebut terhadap bunyi merdu yang dihasilkan oleh seruling yang bisa membuat hati "trenyuh / mengharukan", apalagi jika bunyi itu disatukan dengan suara alat musik lainnya seperti kentrung dan ketipung sudah pasti akan menghasilkan suara yang lebih indah dan membuat orang semakin bersemangat "Sigrak".

Lirik dan Terjemakah Lagu Gambang Suling

Gambang suling kumandang swarane
   Gambang suling berkumandang suaranya

Thulat-thulit, kepenak unine
   Tulat-tulit, enak bunyinya

Unine mung nrenyuhake
   Bunyinya mengharukan

Bareng lan kentrung, ketipung, suling
   Bersama kentrung, ketipung, dan suling

Sigrak kendangane
   Mantap bunyi kendangnya

Partitur Sederhana / Not Angka Lagu Gambang Suling

Lagu Gambang Suling memiliki birama 4/4, dinyanyikan dengan tempo Andante / sedang yang artinya memiliki kecepatan seperti kecepatan berjalan kaki (76-108 bpm), dalam nada dasar DO = G# / As.

Lagu tersebut memiliki nada paling tinggi pada nada Mi Tinggi(3.) dan terendah pada nada mi sedang/biasa (3).

Terimakasih.. Semoga bermanfaat... Dan berikut contoh Video Musik dari lagu Gambang Suling.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
close