Skip to main content

Lirik dan Makna Lagu Hanya Debulah Aku | Teteskan Air Mata Dengar lagu ini

Sebuah lagu menarik hati di awal prapaskah setiap tahunnya khususnya bagi umat Katolik di Indonesia. Salah satu lagu tersebut adalah Lagu "Hanya Debulah Aku"

Lagu Hanya Debulah Aku yang kerap dinyanyikan dalam perayaan Rabu Abu ini juga bisa menjadi lagu dalam merenungkan atau meneliti diri selama masa tobat tersebut.

Lagu Hanya Debulah Aku merupakan karya dari seorang musisi Gereja Katolik "Cosmas Margono" yang diciptakan dan digunakan sejak tahun 1980, serta diresmikan sebagai salah satu lagu liturgi Gereja Katolik sejak masa menggunakan buku Madah Bhakti hingga Buku Puji Syukur (PS) yang kerap digunaakn saat ini.

Saat ini dalam versi lagu versi solonya bisa kamu lihat pada kanal youtube "Maranathaindonesia Official" dengan versi yang dinyanyikan oleh Lisa A. Riyanto, juga beberapa versi lainnya yang belum diketahui siapa yang membawakannya.

Lagu ini mungkin akan terasa biasa bila hanya menyanyikannya sebagai sebuah rutinitas semata.

Namun jika kita melihat lirik per lirik dan meresapinya bukan hal yang tak mungkin kamu akan menteskan air mata dan bisa merasakan kedalaman arti lagu tersebut.

Berikut ini akan disajikan Lirik lagu serta makna yang terkandung di dalamnya serta juga Notasi Angka dari lagu tersebut.

Makna dan Arti Lagu Hanya Debulah Aku

Seperti lirik yang tertuang dalam lagu Hanya Debulah Aku, lagu ini memiliki sebuah makna yang menunjukkan bahwa manusia adalah manusia lemah yang diibaratkan sebagai debu, manusia yang penuh dosa dan membutuhkan sebuah pengampunan.

Sebagai seorang yang penuh dosa, diibaratkan untuk menatap wajah Allah pun serasa tak pantas.

Namun karena kepercayaan akan kerahiman Allah terhadap manusia, maka kita pun percaya dan memiliki harapan akan pengampunan Allah jika manusia mau menyesal dan bertobat akan dosa-dosa yang telah dilakukannya.

Allah Maharahim, kata "Rahim" sendiri mengambil istilah yang merujuk pada istilah perempuan dengan "Rahim Ibu".

Dalam hal ini, sifat rahim seorang ibu adalah melindungi, menghidupi, menghangatkan, memberi pertumbuhan, menjaga, menerima tanpa syarat, membawa kemana-mana. bu mencintai anaknya yang lahir dari rahimnya bukan karena anaknya berbuat baik tetapi karena itu merupakan suatu dorongan hati yang tak terelakkan.

Dalam hubungannya dengan Allah Maharahim, Allah rela mengampuni bahkan menebus umat manusia dengan darah dan air yang mengalir melalui Yesus yang tersalib.

Maka, dalam masa prapaskan umat Kristen atau Katolik seharusnyalah merendahkan diri dan mohon ampun dan melakukan pertobatan untuk mendapatkan kerahiman Allah. Sampai akhirnya menang melawan hawa nafsu yang menjadikan manusia berbuat berdosa dan bangkit bersama Kristus yang menang mengalahkan maut.

Lirik Lagu Hanya Debulah Aku

HANYA DEBULAH AKU

Hanya debulah aku
Di alas kakiMu Tuhan
Hauskan titik embun
Sabda penuh ampun

Tak layak aku tengadah
Menatap wajahMu
Namun tetap kupercaya
Maha Rahim Engkau

Ampun seribu ampun
Hapuskan dosa-dosaku
Segunung sesal ini
Ku unjuk padaMu

Maha Rahim Engkau
Maha Rahim Engkau

Info Lagu dan Video Hanya Debulah Aku



Judul Lagu: Hanya Debulah Aku
Penulis Lagu:Cosmas Margono
Buku: Puji Syukur (PS 481)
Rilis: 1980
Kanal Youtube: Maranathaindonesia Official (versi Lisa A. Riyanto), katolik info
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
close