Skip to main content

Lirik Lagu Hanya Debulah Aku | Teteskan Air Mata Dengar lagu ini

Sebuah lagu menarik hati di awal prapaskah tahun ini  (2021) khususnya bagi umat Katolik di Indonesia. Salah satu lagu yang ada di masa prapaskah, masa puasa dan pantang 40 hari sebelum Paskah yaitu lagu "Hanya Debulah Aku"

Lagu ini menjadi adalah satu yang tak lepas selalu dinyanyikan di seluruh gereja katolik Indonesia, yang menjadi pengiring hati meresapi diri dalam masa tobat dan sangat cocok dinyanyikan pada hari Rabu Abu.

Lagu tersebut merupakan karya dari seorang musisi gereja katolik Cosmas Margono yang diciptakan  digunakan sejak tahun 1980 dan diresmikan sebagai salah satu lagu liturgi Gerja Katolik dari masa menggunakan buku Madah Bhakti hingga revisi terbaru di Buku Puji Syukur (PS) oleh Tim Revisi PS tahun 1992.

Saat ini dalam versi yang bisa dinikmati dalam lagu solo bisa kamu lihat dalam kalal youtube Maranathaindonesia Official dengan versi yang dinyanyikan oleh Lisa A. Riyanto, dan beberapa versi lainnya yang belum uga diketahui siapa yang membawakannya.

Lagu ini mungkin akan terasa biasa bila hanya menyanyikannya sebagai sebuah rutinitas semata. 

Namun jika kita melihat lirik per lirik dan meresapinya bukan hal yang tak mungkin kamu akan menteskan air mata dan bisa merasakan kedalaman arti lagu tersebut.

Berikut ini akan disajikan Lirik lagu serta makna yang terkandung di dalamnya serta juga Notasi Angka dari lagu tersebut.

Makna dan Arti Lagu Hanya Debulah Aku

Seperti lirik yang tertuang dalam lagu Hanya Debulah Aku, lagu ini memiliki sebuah makna yang menunjukkan bahwa manusia adalah manusia lemah yang diibaratkan sebagai debu, manusia yang penuh dosa dan membutuhkan sebuah pengampunan.

Sebagai seorang yang penuh dosa diibaratkan, untuk menatap wajah allahpun serasa tak pantas.

Namun karena kepercayaan akan kerahuman Allah terhadap manusia, maka  kitapun percaya dan memiliki harapan akan pengampunan Allah, jika  manusia mau menyesal dan bertobat akan dosa-dosa yang telah dilakukan yang tak berkenan pada-Nya.

Allah Maharahim, rahim sendiri mengambil istilah yang merujuk pada istilah perempuan dengan "Rahim Ibu". 

Dalam hal ini, sifat rahim seorang ibu adalah melindungi, menghidupi, menghangatkan, memberi pertumbuhan, menjaga, menerima tanpa syarat, membawa kemana-mana. Ibu mencintai anaknya yang lahir dari rahimnya bukan karena anaknya berbuat baik tetapi karena itu merupakan suatu dorongan hati yang tak terelakkan.

Dalam hubungannya dengan Allah Maharahim, Allah rela mengampuni bahkan menebus umat manusia dengan darah dan air yang mengalir melalui Yesus yang tersalib.

Maka, dalam masa prapaskan umat Kristen atau Katolik seharusnyalah merendahkan diri dan mohon ampun dan melakukan pertobatan untuk mendapatkan kerahiman Allah, dan akhirnya menang melawan hawa nafsu yang menjadikan manusia berdosa dan bangkit bersama Kristus yang menang mengalahkan maut.

Lirik Lagu Hanya Debulah Aku

HANYA DEBULAH AKU

Hanya debulah aku
Di alas kakiMu Tuhan
Hauskan titik embun
Sabda penuh ampun

Tak layak aku tengadah
Menatap wajahMu
Namun tetap kupercaya
Maha Rahim Engkau

Ampun seribu ampun
Hapuskan dosa-dosaku
Segunung sesal ini
Ku unjuk padaMu

Maha Rahim Engkau
Maha Rahim Engkau

Info Lagu dan Video Hanya Debulah Aku



Judul Lagu: Hanya Debulah Aku
Penulis Lagu: Cosmas Margono
Buku: Puji Syukur (PS 481)
Rilis: 1980
Kanal Youtube: Maranathaindonesia Official (versi Lisa A. Riyanto), katolik info
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
close