Skip to main content

Lagu My Everything -Ariana Grande| Makna Lirik dan Terjemahan | Sadar setelah Ditinggal Pergi

myavitalia.com - Ariana Grande sebagai seorang penyanyi cantik dan berbakat, sepertinya dengan musik dan lagunya bisa memberikan sebuah karya yang mengena pada hati pendengarnya, bahkan bisa sebagai bahan refleksi akan pengalaman hidup oleh sebagian orang yang memiliki sebuah cerita yang sama dengan cerita dalam lagu tersebut.

Lagu My Everything ini sendiri adalah sebuah single yang sekaligus menjadi Title track dalam Album keduanya dengan nama yang sama "My Everything"  dan rilis sudah beberapa tahun yang lalu pada 25 Agustus 2014.


Album My Everything dalam edisi standarnya memiliki 12 track di dalamnya yang meliputi Intro, Problem (featuring Iggy Azalea), One Last Time, Why Try, Break Free (featuring Zedd), Best Mistake (featuring Big Sean), Be My Baby (featuring Cashmere Cat), Break Your Heart Right Back (featuring Childish Gambino), Love Me Harder (dengan The Weeknd), Just a Little Bit of Your Heart, Hands on Me (featuring A$AP Ferg), My Everything. 

Lagu My Everything sejak perilisannya tidaklah langsung mendapatkan Music videonya, namun barulah pada 25 Agustus 2017 diluncurkan MVnya dengan versi animasi yang diupload pada channel youtube "Megan DiLaurentis"

Lagu yang memiliki nada sendu sebagai lagu yang didedikasikan untuk kakeknya (Frank_Grande) yang meninggal saat di The Honeymoon Tour ini memang sungguh menjadi sebuah lagu yang menyentuh hati.

Dalam beberapa moment, lagu ini juga sempat dibawakan oleh Ariana Grande, seperti pada 4 Juni 2017 lalu dengan Parrs Wood High School Choir di konser Grande's One Love Mancheste untuk mengenang para korban Bom Arena Manchester 2017 . 

Dan sempat menjadi naik daun lagi saat ia membawakan lagu ini pada 05 April 2020 lalu saat Ariana Grande membawakan lagu ini bersamaTommy Brown dan kemudian membagikan videonya tersebut dari rumah mereka sendiri saat di karantina.

Nah, jika kita mendengar lagu tersebut dan mengerti maknanya, pastilah akan tebawa hanyut akan emosi dan perasan yang dibawa oleh lagu ini.

Lalu sebenarnya apa yang menjadi cerita dan makna baik lirik atau music video yang di sajikan tersebut?

Makna dan Arti Lagu My Everything - Ariana Grande

Secara umum lagu ini nampaknya masih bertema seputar cerita perasaan sayang dan cinta. Namun secara khusus lagu ini memiliki latar belakang sebagai sebuah lagu yang didedikasikan untuk kakaeknya (Frank Anthony Grande) yang meninggal dunia pada usia 90 tahun (22 Juli 2014) karena sebuah penyakit yang sudah dideritanya yaitu Kanker di saat mengikuti acara The Honeymoon Tour.

Grande sungguh mencintai kakeknya, dan lagu ini menjadikan ungkapan grande betapa sayangnya ia pada sang kakak dan mengibaratkan ia adalah segalanya,dan kini ia merasakan kehilangan yang begitu dalam.

Ia sebelumnya kurang mnyadari perasaan betapa sayangnya ia pada sang kakek. Dia sangat berarti baginya sebelum dia pergi. Ia bisa mengobrol, dia mengenanya, menangis begitu banyak air mata karena dia sangat merindukannya sehingga Anda bahkan tidak bisa menjelaskannya dengan kata-kata.  Kakeknya yang segalanya baginya sekarang sudah tiada, dan barulah ia sungguh merasakannya saat ini. 

Secara latar belakang, memang lagu ini dipersembahkan untuk kakaknya. Namun, secara umum sebagai lagu yang dinikmati oleh semua orang yang mendengarkannya, tentunya dapat diartikan dengan cara pandang yang berbeda, dengan hanya menginterpretasikan liriknya secara pribadi.

Yang membedakannya mungkin objek tujuan rasa sayangnya tersebut. Yang menjadi segala-galanya bukan lah kakak melainkan sang kekasih, atau yang lainnya.

Mungkin dilihat dari sudut pandang percintaan anak muda, lagu ini menceritakan tentang cinta yang kuat yang masih dimilikinya untuk mantan kekasih.

Ia menyadari, bahwa perasaan cinta yang begitu dalam terhadap kekasihnya tersebut, disadari setelah jalinan putus dan saat sudah menjadi seorang mantan kekasih.

Penyesalan memang selalu datang terlambat. Orang yang selalu dekat dan dengan apa yang dilakukannya sebagai sebuah rasa sayang, kadang kala tidak disadari sebagai rasa sayang dan dianggap sebagai hal yang biasa.

Saat ia ditinggalkan ataupun tidak bersamanya lagi barulah ia sadar, bahwa sang mantan adalah sumber kebahagiaanya, sebenarnya mantannya adalah orang yang paling berharga yang bisa mengerti dirinya

Akhirnya ia sadar bahwa perpisahannya tersebut adalah kesalahannya sendiri, dan maaf saja bukanlah jawaban untuk membalikkan semuanya menjadi lebih baik lagi dan bisa menyembuhkan luka.
’Cause it’s too much to bare
Without you and I know sorry ain’t the cure

Jadi ada pesan yang baik dalam lagu ini:

Selagi ada orang yang mencintai sepenuhnya pada dirimu, baik pacar, suami atau istri, sadarinya dari sekarang. Jangan tergiur rumput tetangga yang nampak selalu lebih hijau, yang belum tentu jika didekati akan lebih baik dari yang sekanag kita punya.

Segala perhatian yang tiap hari diberikan memang mungkin akan terasa biasa karena sudah menjadi kebiasaan. Jadi luangkan waktu untukmenyadari hal yang biasa itu adalah hal yang sebenarnya luar biasa.

Official Musik Video Lagu My Everything - Ariana Grande


Terjemahan Lirik Lagu My Everything - Ariana Grande

[Verse 1]
I cried enough tears
Kutumpahkan cukup banyak air mata
To see my own reflection in them
Hingga bisa kulihat bayanganku sendiri di sana
And then it was clear
Lalu semuanya jelas
I can’t deny, I really miss him
Tak bisa kusangkal, aku sungguh merindukannya
To think that I was wrong
Berpikir dulu aku yang salah
I guess you don’t know what you got til it’s gone
Kurasa kau tak tahu yang kau miliki hingga sesuatu itu hilang
Pain is just a consequence of love
Sakit hanyalah konsekuensi dari cinta
I’m saying sorry for the sake of us
Kan kukatakan maaf demi kita berdua

[Chorus]
He wasn’t my everything till we were nothing
Dia bukanlah segalanya bagiku hingga dia bukan apa-apaku
And it’s taking me a lot to say
Dan tuk mengatakannya tidaklah mudah bagiku
But now that he’s gone, my heart is missing something
Tapi karena kini dia tlah pergi, hatiku merindukan sesuatu
So it’s time I push my pride away
Maka inilah saatnya kukesampingkan harga diriku
’Cause you are, you are
Karena kau, kau
You are my everything
Kau adalah segalanya bagiku
’Cause you are, you are
Karena kau, kau
You are my everything
Kau adalah segalanya bagiku

[Verse 2]
I know you’re not far
Aku tahu keberadaanmu tak jauh
But I still can’t handle all the distance
Tapi masih saja tak bisa kuatasi jarak ini
You’re travelling with my heart
Kau berkelana membawa hatiku
I hope this is a temporary feeling
Kuharap ini perasaan sementara
’Cause it’s too much to bare
Karena ini terlalu berat ditanggung
Without you and I know sorry ain’t the cure
Tanpamu dan aku tahu maaf bukanlah obat
So if I cross your mind just know I’m yours
Maka jika aku terlintas di benakmu, ketahuilah aku ini milikmu
'Cause what we got is worth fighting for
Karena yang dulu ada antara kita patut diperjuangkan
'Cause you are
Karena dirimu

Back to Chorus

Ringkasan Lagu My Everything - Ariana Grande

Kamu bisa menikmati lagu ini secara online atau streaming melalui penyedia layanan musik online seperti JooxSpotifyDeezer, iTunes & Apple Music, dan platform lainnya, serta nikmati MVnya melalui Youtube

Judul Lagu: My Everything
Artis: Ariana Grande
Penulis: Tommy Brown, Victoria Monet, Tayla Parx, Ariana Grande
Rilis: 25 Agustus 2014
Album : My Everything (2014)
Label: Republic Record
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
close