--> Skip to main content

Lagu Maria - Hwa Sa | Makna Lirik dan Terjemahan | Cibiran dan Penilaian Fisik, Berbalas Dengan Prestasi

myavitalia.com - Hwa sa salah satu member termuda MAMAMOO, comeback dengan meluncurkan lagu dan mini albumnya yang bertajuk "Maria". Lagu tersebut memiliki daya pikat yang tinggi bagi para fans juga hater sehingga bisa menembus trending youtube Dunia.

Solo terbarunya yang ditujukan sebagai sapaan bagi para penggemarnya tersebut rilis pada Senin, 29 Juni 2020 lalu yang dibarengi dengan peluncuran Music Video yang di upload pada channel MAMAMOO


"Maria" sebagai Album pertamanya tersebut ternyata menjadi sebuah hal yang spesial bagi Hwa sa karena memiliki sebuah moment yang tidak mungkin dilupakan karena memang memiliki makna mendalam dalam kehidupannya bagaikan sebuah buku harian ketika dia berusia 26 tahun, juga seperti kristalisasi dari semua keringat dan air mata yang dicurahkan selama masa itu. Selain itu dalam penggarapan lagu dan albumnya, ia pun turut berperan serta banyak disana.

Dalam lagu tersebut dengan elemen pop latin yang kental, juga bagian hook pada lagu tersebut yang easy listenig sepertinya akan membuat kecanduan untuk mendengarkannya

Dengan keindahkan pada lagu, musik serta mv, serta makna yang terkandung, memang benar bisa menarik perhatian dari para penggemarnya bahkan juga para hater.

Walaupun lagu tersebut baru rilis, ternyata menunjukkan sebuah hasil yang baik yang nampak berhasilnya menduduki posisi puncak pada tangga lagu iTunes di sekitar 20 negara seperti di Arab Saudi, Turki. Amerika Serikat, Mexico, Brazil, Kolombia, Kanada, Kosta Rika, Austria, Slovenia, Swedia, Oman, Rusia, Spanyol, Hong Kong, Taiwan, Kamboja, Filipina, Singapura dan Brunei.

Imbas dari lagu yang tersebut yang populer, menjadikan Hwasa sebagai solo wanita pertama dari Korea yang menduduki puncak chart album iTunes Amerika

Selaian posisi posisi baik pada tangga lagu tersebut, Hwa sa dengan laguny maria ini, sempat memuncaki pada posisi dua trending youtube dunia.

Sampai pada artikel ini ditulis juga, pada trending youtube indonesia telah pada lingkaran trending pada posisi # 46.

Makna Lagu Maria - Hwasa

Sebuah judul dan lirik tentunya memiliki sebuah artian dan cerita yang terkandung di dalamnya. Jika dilihat dari judul lagu ini dengan kata "Maria", hal ini menunjukkan sebuah lagu yang menceritakan dirinya.

Maria adalah nama lain dari Hwasa yang merupakan nama baptis bagi orang kristiani (khususnya katolik) sebagai sebuah nama yang diharapkan dapat menjadi panutan bagi orang yang menyandangnya.

Nama asli dari hwasa adalah Ahn Hye Jin dan kemudian menerima nama Maria saat dibaptis (Maria Ahn Hye Jin)

Jadi dengan judul menggunakan nama " Maria" tentunya ingin menceritakan perjuangan hidupnya sebagai orang dengan nama Maria yang tidak sempurna namun menjadi wanita terpilih.

(Santa Maria dalam iman kristiani memberikan sebuah teladan kehidupan yaitu penyerahan diri seutuhnya pada kehendak Tuhan " Aku ini Hamba Tuhan terjadilah padaku menurut perkataan-Mu" dan akhirnya menjadi wanita terpilih)

Jika menyelami lebih jauh pada lirik yang diciptakan, ternyata lagu Maria ini menceritakan tentang sebuah konflik batin yang dirasakan seorang perempuan cantik dan hati baik yang berhadapan dengan konflik antara sisi baik dan jahatnya.

Ia merasa merasa terus menerus menerima kebencian dari orang orang yang tidak suka padanya. bahan ada cibiran negatif terhadap penampilan fisiknya "Hwasa tidaklah memiliki muka standar kecantikan dikalangan artis korea". Hal itu yang sangat diingat di benak hwasa, sehingga saat menyanyikan lirik "Kenapa kamu melakukan semua ini? Kamu sudah terlihat cantik", membuatnya ia menangis saat melantunkan lirik tersebut, sekaligus juha membuat semangat dan berenergi.

Namun cibiran mereka, ia buktikan dengan apa yang ia miliki kekurangan dan kelebihannya, ia berhasil menjadi salah satu idol K-POP perempuan terpupuler saat ini.
"Aku akan mengubah cara aku pergi
Krisis berubah menjadi peluang"

Konflik dan perjuangan tersebut secara lebih dramatik lagi diungkapkan dalam Misik video dari lagu Maria ini. Namun karena begitu dramatik banyak teori-teori yang berbeda-beda melihat makna dari lagu tersebut. Namun sedikit banyak memiliki makna bertahan dalam tekanan dan bangkit mendapatkan kejayaan kembali

MV Youtube Official Lagu Maria - Hwasa


Musik video yang ditampilkan sepertinya sangat dramatis sekali, bahkan menyelipkan adegan berdarah-darah di dalamnya.

Jika melihat MV tersebut dengan simbol-simbol yang ditampilkan bisa menggambarkan alur cerita dan makna dari lagu ini

Wanita berambut Hitam dan Merah
Rambut Hitam= Hwasa
Rambut Merah= Maria
Hwasa terlihat ditemukan meninggal, dan orang-orang disekitarnya tidak peduli padanya, mereka tertarik pada sebuah drama dunia.
Simbol ini sepertinya ingin menunjukkan bahwa banyak orang melihat hwasa, hanya untuk mengharapkan kematiannya. Mengikuti hwasa namun hanya untuk membencinya.
Meskipun seperti itu, maria akan terlahir kembali sebagai seorang pejuang untuk menunjukkan kepada mereka, bahwa ia tidak seharusnya untuk dibenci.

Maria memegang rokok, dan banyak orang datang dengan menyalakan korek api.
Orang datang kepada maria sebagai orang yang berbakat dan populer, namun sebenarnya ia tidak suka pada hwasa. Maka dari itu nampak maria cuek terhadap mereka, karena apa yang mereka berikan hanyalah kepalsuan belaka.  Suka pada kepopuleran yang didapat namun tidak pada sebagai pribadi hwasa.

Maria melayani orang dalam meja makan.
Adegan ini menunjukkan kebutaan orang-orang yang menikmati hasil dari kepopuleran Maria.
Mereka makan dengan lahap tanpa melihat bahwa hwasa pertama sudah meninggal  (mereka seolah tidak tahu ada maria disitu) dan selanjutnyapun membutakan diri dengan pencapaian maria yang melayani mereka (Kepala mereka ditutupi)

Mandi (bathub) susu
Sebuah adegan untuk menilai bagaimana wanita dilihat kecantikan dari warna kulitnya saja. Apa lagi di asia, susu akan membuat orang lebih ringan dan fresh.

Hanwa di ruang medis
Dalam ruangan tersebut terlihat  Hwasa diakukan sebuah operasi dan tindakan,atau mungkin otopsi. Dan bagian ini seperti menggambarkan para gans ingin melihat mengapa tubuh hwasa dijadikan sebuah patokan sebuah prestasi dan kecantikan.


Hwasa dikepung oleh pensil-pensil tajam disekelikingnya.
Pensil tajam sepertinya menggambarkan kekejaman media, netizen yang menyerangnya dari semua sisi danhanya memberitakan keburukan tentang dia.

Adegan Guting, tenggelan di bak mandi dan Mahkota paku
Bagian ini menceritakan tentang rasa sakit yang ia derita. Hwasa telah banyak menyalami rasa sakit, namun tetap bisa menjadi seorang ratu dengan mahkota duri yang disangganya (beribu kebencian dan cibiran yang di tanggungnya).

Hwasa Menjadi Maria
Dengan keyakinan, berjuang walaupun dengan kepedihan yang ia tanggung, akan bisa mengubur Hwasa dan lahir dalam Maria yang lebih berprestasi, dan bisa membuktika kepada dunia, bahwa ia layak untuk diacungi Jempol.

Adegan dramatikal terahir adalah sebuah kedatanagan anggota Mamamoo lainnya yang memberikan hadiah.
Inilah ending dari ceritanya yaitu walaupun ia yakin hal yang terbesar yang berdampak pada dirinya adalah dirinya sendiri. Namun Maria yakin masih ada sahabat yang memberikan dukungan, dan bantuan untuk ia berkembang.

Disela pahitnya dunia yang dihadapi ternyata masih ada sahabat yang mendampinginya. Dan biarlah Pembenci sebagai pembenci, namuntidak bisa menggoyahkan ia untuk terus berjuang, bahkan kebencian mereka bisa membuat ia lebih lebih kuat, dan menunjukkan kemampuannya kepada mereka.

Terjemahan Lirik Lagu Maria - Hwasa

Lirik Lagu Maria yang ditulis dalam ejaan yang diromanisasi/ejaan Latin

Yogeul hado meogeo chehaesseo hado
Seoreowodo eojjeogesseo I do
Modudeul miwohaneura aesseossne
Nal muneotteurimyeon
Babi doena

Oerowoseo eotteokhae
Miummajeo samkyeosseo
Hwanael himdo eopseo
Yeoyudo eopsgo
Mwo geuri anikkowa
Gadeon gil geunyang ga
Waedeul geurae seoreopge

Maria maria
Neol wihan mariya
Bichnaneun bamiya
Neol goerophijima
O maria neol wihan mariya
Mwo hareo adeungbadeunghae
Imi areumdaunde

(Yeah) Oh na ah ah
(Yeah) Neol wihan mariya
(Yeah) Oh na ah ah
(Yeah) Areumdawo maria

Baca Juga : Quo Vadis Koperasi Indonesia di Era Covid-19?

No frame no fake
Jikkeun jikkeungeoryeo
Haneureun haneulsaek saneun ge da ppeonhae
Naega gal gireun naega bakkuji mwo
Wigineun gihoero da bakkuji mwo
Gudi uneun kkori bogo sipdamyeon
Yessda nunmul

Oerowoseo eotteokhae
Miummajeo samkyeosseo
Hwanael himdo eopseo
Iyudo eopsgo
Maeumeul deoreophijima
Tarakhagien ajik illeo

Maria maria
Neol wihan mariya
Bichnaneun bamiya
Neol goerophijima
O maria neol wihan mariya
Mwo hareo adeungbadeunghae
Imi areumdaunde

(Yeah) Oh na ah ah
(Yeah) Neol wihan mariya
(Yeah) Oh na ah ah
(Yeah) Areumdawo maria

Maria maria
Neol wihan mariya
Bichnaneun bamiya
Neol goerophijima
O maria neol wihan mariya
Mwo hareo adeungbadeunghae
Imi areumdaunde

(Yeah) Oh na ah ah
(Yeah) Neol wihan mariya
(Yeah) Neol wihan mariya
(Yeah) Areumdawo maria

==============================================
Terjemahan lagu Maria -Hwasa ke dalam bahasa Indonesia

Bahkan jika aku bersumpah, aku makan sendiri
Bahkan jika aku minta maaf, apa yang bisa aku lakukan
Semua orang mencoba membenci
Jika kau menghancurkanku
Apakah itu nasi?

Apa yang harus aku lakukan karena aku kesepian
Aku bahkan menelan kebencian
Aku tidak punya kekuatan untuk marah
Aku tidak mampu
Baik tidak
Jalan yang baru saja aku tempuh
Mengapa kau begitu sedih

Maria Maria
Itu untuk kamu
Ini malam yang bersinar
Jangan ganggu kamu
Oh Maria untukmu
Apa yang sedang kamu lakukan?
Sudah cantik

(Yeah) Oh na ah ah
(Yeah) Ini untukmu
(Yeah) Oh na ah ah
(Yeah) Cantik, Maria

Tidak ada bingkai, tidak ada yang palsu
Berminyak
Jelas bahwa langit itu biru
Aku akan mengubah cara aku pergi
Krisis berubah menjadi peluang
Jika kamu ingin melihat aku menangis
Air mata

Apa yang harus aku lakukan karena aku kesepian
Aku bahkan menelan kebencian
Aku tidak punya kekuatan untuk marah
Tak ada alasan
Jangan menajiskan hatimu
Masih terlalu dini untuk jatuh

Maria Maria
Itu untuk kamu
Ini malam yang bersinar
Jangan ganggu kamu
Oh Maria untukmu
Apa yang sedang kamu lakukan?
Sudah cantik
(Yeah) Oh na ah ah
(Yeah) Ini untukmu
(Yeah) Oh na ah ah
(Yeah) Cantik, Maria

Maria Maria
Itu untuk kamu
Ini malam yang bersinar
Jangan ganggu kamu
Oh Maria untukmu
Apa yang sedang kamu lakukan?
Sudah cantik

(Yeah) Oh na ah ah
(Yeah) Ini untukmu
(Yeah) Ini untukmu
(Yeah) Cantik, Maria

Ringkasan Lagu Maria - Hwasa

Kamu bisa segera menikmati lagu ini secara online atau streaming melalui penyedia layanan musik online seperti JooxSpotifyDeezer, dan platform lainnya, serta nikmati MVnya melalui Youtube.

Judul : Maria
Penyanyi: Hwasa
Rilis:  29 Juni 2020
Album:  Maria
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
close