Skip to main content

Lagu Shallow - Lady Gaga Ft. Bradley Cooper| Makna Lirik dan Terjemahan | Kisah Pencapaian Semu dan Penyesalan yang Memilukan

myavitalia.com - Lagu Shallow Lady Gaga Ft Bradley Cooper telah rilis sekitar 2 tahun yang lalu, namun sepertinya karena sebuah makna yang terkandung di dalam lagu tersebut, masih saja membuat lagu ini memikat perhatian dari para penikmat lagu barat yang ada di Indonesia.

Lady gaga sebagai seorang penyanyi Amerika, dan Bradley Cooper sebagai seorang aktor sekaligus pembuat film, mereka berkolaborasi dalam lagu ini yang juga merupakan dari soundtrack Film drama musikal yang sama-sama mereka bintangi yaitu Film "A star in Born".


Lagu "Shallow" ini merupakan lagu yang rilis pada 27 september 2017 di bawah naungan label  Interscope Records dan diupload berupa MV melalui Channel Youtube Lady Gaga di hari yang sama pula.

Lagu nan menawan yang terdengar dari liriknya ini ternyata ditulis oleh lansung oleh Lady gaga bersama rekannya Anthony Rossomando dan Mark Ronson, dan diproduksi oleh Gaga dengan Benjamin Rice.

Film "A star in Born" dan Shallow sebagai sountracknya tersebut sepertinya memiliki keselaranas dalam makna dan cerita yang disajikan.

Lagu Shallow yang terdengar tiga kali dalam film A Star in Born tersebut semakin membuat film memiliki nyawam kekuatan membangkitkan emosi pendengar lagu dan orang yang menyaksikan film tersebut.

Mungkin ada baiknya sebelum memahami makna dari lagu ini, kita lihat sekilas sinopsis dari Film A star in Born.

Bradley Cooper berperan sebagai Jackson Maine seorang bintang musik rock country yang karirnya mulai memudar karen kehidupannya yang tempramen, dipenuhi dengan mabuk-mabukan dan minuman sebagai pengalih terhadap masalah keluarga yang mengelilinginya.

Lady Gaga memerankan Ally sebagai gadis biasa namun sangat berbakat memiliki talenta menjadi seorang musisi dan ambisi ingin menahlukkan Hollywood. Ia mengawali karirnya dari kebiasanan tampil di panggung musik cafe dan restoran

Dalam kondisi dan karir Jackson Maine yang tengah meredup, pada suatu ketika ditengah perjalannnya menemukan Ally dengan bakat bernyayinya yang dipandang sangat baik namun belum mendapat kesempatan lebih. Dari situlah Jackson Maine tertarik untuk menjadikan dan mengorbitkan Ally sebagai seorang bintang muda yang menjanjikan.

Namun dari pertemuan itu, bukan saja terjalin hubungan sebagai mentor dan anak didik saja, mereka berlanjut dalam hubungan percintaan, tumbuh benih-benih cinta yang akhirnya sampai membawa mereka pada jenjang pernikahan.

Jackson mulai bangkit dan semakin mencintai Ally. Dan Ally pun bahagia karena sedikit dari banyak impiannya sudah tercapai.

Dalam perjalanannya hubungan yang dijalani hingga sampai pada pernikahan ternyata tidaklah mulus, ada saja konflik-konflik yang terjadi yang membuat hubungan mereka merenggang.

Jackson Maine memiliki cinta yang besar terhadap Ally yang disandingkan dengan kecemasan Ally pada karir yang sudah dibangunnya dan terancam redup.

Jacson membuat hal-hal konyol yang seringkali mempermalukan Ally di depan umum. Ally Gerah akan hal itu.

Kejadian seperti itu sering terulang, membuat Ally memutuskan untuk memberikan jarak kala sejenak dari Jackson. Di saat itu pula Jackson di rehabilitasi hingga menjadi sembuh dari kebiasan buruknya.

Setelah kesembuhan itu, Jackson dan Ally memperbaiki hubungannya kembali dan, Ally bisa menerima Jackson.

Di sisi lain dari hubungan Jackson dan Ally yang mulai diperbaiki, ada kekawatiran dari sang manager Ally terhadap mereka, karena dengan ada Jackson kembali dikehidupan Ally, bisa membuat Karir Ally hancur karen sifat Jackson yang suatu ketika pasti akan muncul lagi.

Kekawatiran itu disampaikan langsung oleh manager Ally kepada Jackson. Jackson pun merasa bersalah dan disalahkan.

Hingga akhirnya sampai pada Jackson mengambil keputusan yang fatal dengan Bunuh diri, di saat ia sebelumnya berjanji akan menonton konser Ally.

Di kejadian itu Ally sangat menyesal dan terpukul, walaupun sebenarnya itu bukanlah kesalahan Ally Sepenuhnya.

Sebagai penghormatan terakhir Ally, Ia mengambil lagu yang ditulis Jackson yang belum sempat ditampilkan.  Kemudian ia menyanyikannya di konser penghormatan Jackson dan memperkenalkan dirinya sebagai Ally Maine.

Cerita, Arti dan Makna Lagu Shallow - Lady Gaga 

Dalam setiap lirik yang diciptakan oleh Lady Gaga dari lagu Shallow sepertinya memang sengaja dibuat untuk mendukung cerita yang disajikan dalam Film A Star in born.

Lagu Shallow menjadi sebuah moment yang sangat penting dalam film tersebut karena memberikan sebuah ungkapan dari sudut pandang Ally yang diperankan oleh Lady Gaga tentang ungkapan dari dasar hati yang menjadi refleksi untuk hubungan mereka berdua Ally dan Jackson Maine (Bredlec Cooper): "apakah mereka puas menjadi siapa mereka".

Lirik dari lagu shallow menjadi sebuah kata-kata kiasan yang begitu puitis, yang tidak semerta-mereta bisa diartikan secara harafiah.

Lagu Shallow menurut pandangan penulis merupakan sebuah refleksi diri terhadap apa yang dialami diri disaat mencapai sesuatu yang sebenarnya bukan hakiki (puaskan aku), dan ungkapan rasa bahwa ia masih ditahap yang dangkal masih jauh dari kata sempurna.

Dengan kata " Shallow" yang berarti "Dangkal", lagu ini menggambarkan atau menceritakan sebuah pencarian kepuasan yang sebenarnya hanyalah semu, namun tetap terus dicari. Kondisi demikian bisa saja terjadi karena sebuah paksaan hidup yang realitanya seringkali tidak adil atau tidak selalu baik.

"We're far from the shallow now"

Dalam kondisi keinginan pencapaian yang lebih dasar yang menjadi tujuan kebahagiaan sejati, orang sering tenggelam dan melayang namun belum mancapai dasarnya.

Dari kata "Tenggelam" bisa diartikan sebagai sebagai peritiwa, tindakan, atau sifat-sifat yang dapat mengecoh diri hingga tujuan utama terlupakan yang seringkali terjadi dalam perjalananya seperti rasa sakit hati, kecanduan, atau mimpi yang hancur berkeping-keping.

"I'm off the deep end, watch as I dive in
I'll never meet the ground"

Akhirnya muncul sebuah refleksi dan pertanyaan" Apakah kita Puas dengan situasi seperti ini, puas dengan apa diriku dan dirimu sekarang ini"

"Are you happy in this modern world?"

Jadi dari lagu Shallow memiliki inti pesan yang dapat diambil yaitu

Jika kita mencari kebahagiaan sejati, khususnya dalam sebuah hubungan. Janganlah tergiur dengan hal-hal yang mungkin yang bisa membuat hubungan itu hancur berantakan, sebuah keinggian yang dasarnya hanyalah dangkal, sifat egois semata yang menyenangkan hanya untuk diri sendiri.

Sebagai contoh hal yang dangkal dalam Film Film A star in Born, adalah
  • Menomersatukan karir dan menomerduakan keluarga atau hubungan suami istri (Ally/Lady Gaga)
  • Menjadi orang pencandu minuman dan memiliki sifat tempramen yang hanya sebagai tempat pengalihan masalah sehingga keluarga dipermalukan oleh karena sifatnya (Jackson/Bradley Cooper)
  • Dan keputusan mengakhiri diri (Bunuh diri) sebagai alasan penyelesaian masalah.
Jika itu terjadi, maka penyesalanlah akhirnya, keluarga atau hubunganmu pasti akan berantakan.

Gapailah Kebahagiaan Sejati, Bukanlah Pencapaian yang hanya semu.

MV Youtube Official Lagu Shallow - Lady Gaga 



Terjemahan Lirik Lagu Shallow - Lady Gaga 

[Bradley Cooper]
Tell me somethin' girl
Katakan sesuatu padaku
Are you happy in this modern world?
Bahagiakah kau di dunia yang modern ini?
Or do you need more?
Atau kau butuh sesuatu yang lebih?
Is there somethin' else you’re searchin' for?
Adakah yang lainnya yang kau cari?

[Bradley Cooper]
I'm falling
Aku jatuh
In all the good times I find myself longin' for change
Dalam masa-masa indah, aku temukan diriku ingin berubah
And in the bad times I fear myself
Dan di saat-saat buruk aku takut pada diriku sendiri

[Lady Gaga]
Tell me something boy
Katakan sesuatu padaku
Aren't you tired tryin' to fill that void?
Tak lelah kah mencoba mengisi kekosongan itu?
Or do you need more?
Atau kau butuh yang lebih?
Ain't it hard keeping it so hardcore?
Tak sulitkah kau terus seperti itu dengan keras?

[Bradley Cooper]
I'm falling
Aku jatuh
In all the good times I find myself longin' for change
Dalam masa-masa indah, aku temukan diriku ingin berubah
And in the bad times I fear myself
Dan di saat-saat buruk aku takut pada diriku sendiri

[Lady Gaga]
I'm off the deep end, watch as I dive in
Aku tenggelam yang dalam, lihatlah saat aku menyelam
I'll never meet the ground
Aku tak akan pernah bertemu dasarnya
Crash through the surface, where they can't hurt us
Terhempas dari permukaan, dimana mereka tak bisa menyakiti kita
We're far from the shallow now
Sekarang kami masih jauh dari tempat yang dangkal.

[Lady Gaga & Bradley Cooper]
In the sha-ha-sha-ha-low
In the sha-ha-ha-la-la-la-low
In the sha-ha-sha-ha-ha-low
Di tempat yang dangkal
We’re far from the shallow now
Sekarang kami Jauh, dari tempat yang dangkal

Whoah, oh, oh, oh
Whoah, oh, oh, whoah

[Lady Gaga]
I'm off the deep end, watch as I dive in
Aku tenggelam yang dalam, lihatlah aku menyelam
I’ll never meet the ground
Aku tak akan pernah bertemu dasarnya
Crash through the surface, where they can't hurt us
Terhempas dari permukaan, dimana mereka tak bisa menyakiti kita
We're far from the shallow now
Sekarang kami jauh, berada ditempat dangkal

[Lady Gaga & Bradley Cooper]
In the sha-ha-sha-ha-low
In the sha-ha-ha-la-la-la-low
In the sha-ha-sha-ha-ha-low
Di tempat yang dangkal
We’re far from the shallow now
Sekarang kami jauh, berada ditempat dangkal


Ringkasan Lagu Shallow - Lady Gaga 

Kamu bisa segera menikmati lagu ini secara online atau streaming melalui penyedia layanan musik online seperti JooxSpotifyDeezer, dan platform lainnya, serta nikmati MVnya melalui Youtube.

Judul : Shallow
Penyanyi: Lady Gaga
Penulis Lagu: Stefani Germanotta, Andrew Wyatt, Anthony Rossomando, Mark Ronson & Lady
Produser: Benjamin Rice & Lady Gaga
Rilis: 27 September 2018
Album: A Star Is Born: Encore (2018)
Label:  Interscope Records
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
close