--> Skip to main content

Simpel - Trik Membuat Tanda Pangkat², Plus Minus (±), Nilai-NIlai pecahan dan Tanda matematika lainnya di WhatsApp

avitaliahealth.com - WhatsApp merupakan sebuah aplikasi perpesanan dari Facebook yang menjadi primadona sampai saat ini. Di dalam WhatsApp terdapat fitur-fitur yang begitu enak dan nyaman untuk digunakan, baik itu untuk mengirimkan pesan multimedia sampai dengan sharing pesan dengan berbagai berita yang mudah didapatkan, baik antar personal maupun melalui group.

Ada kalanya, sebuah pesan yang kita peroleh dari orang lain ataupun yang kita kirim kepada yang lain bisa menunjikkan seberapa kreatifnya si penulis terhadap apa yang disampaikan. Salah satu kekreatifan seseorang tersebut dapat membuat tulisan semakain berwarna dan indah juga membuat penasaran untuk melihatnya.

Salah satu kekreatifan dalam tulisan salah satunya adalah bisa menempatkan trik-trik yang sudah ada pada fitur whatsapp namun orang-orang lain belum mengetahuinya, seperti membuat tanda-tanda baca yang terlihat sulit, namun sebenarnya mudah.

Tanda-tanda baca tersebut biasanya berupai penulisan tanda matematika, pangkat, supercript dan ataupun membuat style font terhadap tulisan yang disajikan (Bold, Italic, dan sejenisnya).

Sebelumnya juga pernah dibahas mengenai trik membuat style tulisan di WA seperti Membuat tebal tulisan (Bold), garis bawah (Underline), juga tulisan Miring (Italic) di WA, kali ini juga akan dibahas mengenai trik untuk membuat tanda-tanda pangkat kuadrat, atau pangkat lainnya serta tanda-tanda pecahan yang bisa ditampilkan dalam tlisanatau pesan di WhatApp.

Cara membuat tanda Kuadrat / Pangkat / Pecahan / Lebih Karang di WhatsApp

Cara-cara membuat tanda tanda tersebut di Whatsapp sebenarnya kuncinya adalah terletak pada Keyboard yang menjadi papan ketik untuk penulisan di WhatSapp. Dan juga sebenarnya cara ini bisa digunkan pada perpesannya lainnya seperti SMS, Line dan lainnya, karena pada intinya bukanlah bawaan dari Whatsappnya sendiri melainkan dari fitur keybord itu sendiri.

Berikut beberapa cara untuk membuat tanda -tanda tersebut.

Cara-cara berikut saya ambil menggunakan Standar Google Keyboard, yang sudah pasti ada di setiap android atau iOS

➤ Membuat tanda Kuadrat / Pangkat di WhatSapp

Cara pembuatan ini yaitu tanda kuadrat atau pangkat atau  angka superscript bisa diterapkan juga pada penggunaan pangkat 1 sampai dengan 4.

Caranya cukup mudah
1. Silahkan masuk ke area pengetikan, dan secara otomatis Keyboard akan muncul.

2. Tampilan keyborad pertama kali biasanya adalah dalam mode pengetikan huruf, untuk itu terlebih dahulu ubah ke mode  pengetikan Angka dan tanda baca, dengan mengetuk tanda < ?123 >

3. Untuk membuat pangkat 2, tekan dan tahan saja beberapa detik angka 2, maka akan muncul pilihan pangkat 2 dan 2/3. silahkan pilih yang menunjukkan pangkat 2.

4. Dengan begitu variasi membuat pangkat pada WA selesai berhasil.

Pembuatan tanda kuadrat ini berlaku juga untuk kuadrat 1, 2, 3, dan kuadrat 4, maka tekan dan tahan lama sesuai anghka yang dinginkan.


➤ Membuat tanda atau simbol pecahan di WhatSapp

Cara membuat simbol pecahan ini juga triknya sama dengan trik membuat tanda pangkat yaitu menggunakan trik di keyboard dengan menekan lama pada tanda tertentu.

1. Untuk membuat tanda setengah (1/2) atau yang menggunakan satu per .... yang lain seperti 1/2, 1/3 ,1/4 ,1/8. bisa menggunakan trik tekan lama angka 1.

2. Membuat tanda pecahan dua per tiga (2/3), gunakan ketuk dan tahan beberapa lama angka 2 dan pilih tanda 2/3

3. Membuat tanda pecahan tiga per empat (3/4) dan tiga per  delapan (3/8), gunakan cara  ketuk dan tahan beberapa lama angka 3 dan pilih tanda tersebut.

4. Membuat tanda pecahan lima per delapan (5/8), gunakan cara  ketuk dan tahan beberapa lama angka 5 dan pilih tanda tersebut.

5. Membuat tanda pecahan lima per delapan (7/8), gunakan cara  ketuk dan tahan beberapa lama angka 7 dan pilih tanda tersebut.

➤ Membuat tanda kurang lebih / plus minus (±)

Untuk membuat tanda kurang lebih ini anda bisa gunakan trik tombol keyboard pada mode angka dan simbol dengan mengetuk dan menekan beberapa detik tanda Plus (+) hingga memunculkan tanda plus minus ± tersebut.


Itulah beberapa tanda yang bisa digunakan untuk mempercantik tanda diperpesanan yang sering dipakai. Untuk tanda -tanda yang lain anda bisa explor sendiri dengan trik ketuk dan tekan pada tanda-tanda tertentu untuk memperoleh variasinya.

Selamat mencoba semoga berhasil.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
close