Skip to main content

Lagu Hymne Guru: Pencipta, Lirik dan Notasi Angka "Pahlawan Tanpa Tanda Jasa"

myavitalia.com- Guru merupakan sebuah profesi yang mulia. Seorang guru tentunya, banyak berperan dan berjasa dalam kehidupan kita. Beliau memberikan ilmu yang dimiliki untuk para murid yang diajarnya supaya menjadi pandai dan cerdas, baik dalam budi pekerti maupun ilmu mata pelajaran yang diberikan.

Seorang guru sering dikatakan sebagai pahlawan tanpa tanda jasa dan sejatinya mereka merupakan seorang yang semestinya di Gugu dan ditiru.

Seorang guru selain memberikan ilmu pelajaran yang sudah menjadi kurikulum, seorang juga merupakan seorang sosok yang prilaku dalam cara mengajar, serta dalam cara bergaulnya ditengah masyarakat pun sering menjadi sebuah contoh bagi yang lain.

Itulah sosok guru yang ideal, yang mesti menjadi inspirasi bagi kita semua. Seorang guru bukanlan Superman yang selalu bisa segalanya dan bukanlah manusia sempurna, maka dari itu, masih banyak juga guru yang mungkin tidak ideal di mata masyarakat.

Dari kekurangan dan kelebihan seorang guru yang pernah mendampingi kita dimasa sekolah, sebaiknya kita tetap mengucapkan terimakasih atas segala jasa yang diberikan kepada kita. Juga memberi dukungan kepada mereka untuk tetap bersemangat memberikan ilmunya kepada anak didik mereka, dan semoga menjadi guru yang inspiratif, bisa masuk ke dalam ingatan sanubari dikenang selamanya oleh anak murid mereka.

Lagu Hymne Guru dan Penciptanya "Sartono"

Salah satu penghargaan untuk para guru atas semua jasa mereka, salah satunya adalah sebuah lagu yang diciptakan atau dipersembahkan oleh " Sartono" dengan lagunya yang berjudul "Hymne Guru- Pahlawan Tanpa Tanda Jasa"

Sartono merupakan seseorang yang hidupnya sederhana yang lahir di Madiun, Jawa Timur, 29 Mei 1936 dan meninggal di Madiun, 1 November 2015 pada umur 79 tahun.

Sartono dalam perjalanan hidupnya merupakan seorang Guru Seni musik yang berkarya di SMP Katolik Santo Bernardus, Kota Madiun dari tahun 1978 sampai dengan 2002.

Beliau mempelajari musik secara otodidak tanpa mengenyam pendidikan tinggi tentang musik, dan hebatnya lagi beliau menjadi orang pertama dan satu-satunya guru pada tahun itu 1978 di Madium yang bisa membaca notasi Balok.

Lagu Hymne Guru" Pahlawan Tanpa Tanda jasa" sendiri merupakan karya beliau yang diciptakan pada tahun 1980-an, dan menjadi lagu yang memenangkan lomba Cipta lagu yang bertepatan hari Pendidikan Nasional pada tahun itu.

Lagu ini pun sampai saat ini menjadi populer dikalangan pelajar  SD sampai dengan SMA sebagai lagu untuk menghargai jasa para guru yang telah mendidik mereka .

Sartono sebagai seorang guru, ternyata serius memberi perhatian serius pada dunia pendidikan. Dari lagu Hymne guru ini selanjutnya juga membuahkan karya-karya lain dari berliau. Dan akhirnya karena pengabdiannya pada dunia pendidikan dan keseriusanya tersebut, maka beliau mendapat penghargaan dari Mendikbud Yahya Muhaimin dan Dirjen Pendidikan Soedardji Darmodihardjo pada saat menciptakan lagu "Hymne Guru".

Lirik Lagu Hymne Guru

"Hymne Guru"

Terpujilah wahai engkau Ibu Bapak guru.     
Namamu akan selalu  hidup dalam sanubariku         
Semua baktimu akan ku ukir di dalam hatiku       
S’bagai prasasti trima kasihku tuk pengabdian mu

Refren:
Engkau sebagai pelita dalam ke gelapan.   
Engkau laksana embun penyejuk dalam kehausan.   
Engkau patriot pahla wan bangsa tanpa tanda jasa

Partitur Not Angka Sederhana Lagu Hymne Guru

Lagu Hymne Guru " Pahlawan Tanpa Tanda Jasa" ini merupakan jenis lagu dengan tangganada Minor. Dan akan baik dinyanyikan untuk semua tingkatan suara adalah dengan menggunakan nada dasar DO = C, dan dinyayikan dengan tempo Maestoso yaitu tempo lambat 84-92 dan penuh keagungan.

Berikut panduan Not Angka sederhana, yang semoga bermanfaat untuk dijadikan panduan not pianika atau berlajar bernyayi dengan notasi yang benar.


Ringkasann Informasi Lagu Hymne Guru

Judul Lagu: Hymne Guru
Pencipta: Sartono
Diciptakan : tahun 1980
Nada Dasar Lagu : Do = C
Birama: 4/4
Tempo: Maestoso
Tipe Tangga Nada: Minor
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
close