Lagu 'Mengheningkan Cipta', dari Sejarah, Lirik hingga Not Angkanya.

myavitalia.com - "Untuk mengingat jasa para pahlawan yang telah berjuang untuk kemerdekaan negara kita, baiklah kita senandungkan lagu Mengheningkan Cipta".... bla- bla- bla-..dan seterusnya... itulah kurang lebih yang akan kita dengar jika kita mengkuti upacara bendera baik di sekolah atau acara resmi yang diselenggarakan oleh instas resmi pemeintah dan yang berkepentingan lannya.

Lagu dengan judul "Mengheningkan Cipta" ini mengenai sejarahnya tidak begitu detail diceritakan bagaimana terjadinya dan kapan ditulisnya lagu ini

Lagu mengheningkan Cipta Pertama Kali dikumandangkan

Namun sedikit sejarah yang terekam mengenai lagu ini adalah bahwa lagu mengheningkan cipta pertama kali dibawakan saat upacara memperingati hari pahlawan di ambon, Maluku Tengah pada tahn 1958 yang dipimpin oleh Presiden Sukarno sendiri.

Pada upacara tersebut, lagu tersebut dikumandangkan selain untuk mengenang hari pahlawan, juga merupakan bentuk dukungan yang dikumpulkan untuk pembebasan wilayah Irian barat.

Dengan dikumandangkan lagu ini, sebuah rasa haru akan jasa para pahlawan yang sudah berjuang, serta rasa syukur pun meyelimuti semua peserta yang turut dalam upacara tersebut, sehingga mulai saat itu lagu tersebut membuat hati rakyat Indonesia tergerak untuk terus menggalang persatuan dan kesatuan diseluruh tanah air inddonesia tercinta, NKRI (negatra kesatuan Repubil Indonesia.

Pencipta Lagu Mengheningkan Cipta

Selain hal itu, sejarah yang terekam lannya dari lagu ini, bahwa lagu ini diciptakan oleh seorang yang bernama Truno Prawit.

Profil beliau sampai saat ini belum ada informasi yang secara jelas dapat menjelaskan siapakah beliau.

Yang jelas lagu ini didedikasikan oleh Truno Prawit sebagai bela rasa, rasa syukur serta terimakasih untuk mengenang jasa para pahlawan yang sudah gugur dalam memperjuangkan kemerdekaan. Nyawa mereka korbankan untuk kepentingan bangsa dan negara.

Dengan isi lagu yang bertema akan pengenangan jasa para pahlawan, maka lagu ini juga dikenal dengan lagu Hymne Pahlawan 

Lirik Lagu "Mengheningkan Cipta" Ciptaan Truno Prawit.

Lirik Lagu Hymne Pahlawan (mengheningkan Cipta" akan pas bila dibawakan dalam nada dasar Do = C.

Lagu ini hanya memliki satu bait, yang dinyanyikan secara penuh hikmat dengan birama (4/4) dan menerapkan tempo Largissimo. 

Largissimo merupakan salah satu bentuk tempo yang harus memberikan sebuah lagu tersebut dinyayikan secara pelan,yang biasanya memiliki ketukan lambat sekitar 24 Bpm atau lebih lambat lagi.

Lirik lagu yang saat ini dinyayikan merupakan sebuah versi terkini, untuk versi yang asli masih belum terdapat sumber yang valid untuk di ambil, walaupun terdapat berita-berita bahwa terdapat perbedaan, namun belum bisa dibuktikan.

Pebedaan lirik yang pernah beredar di masyarakat, seperti "Nan Gugur remaja, di ribaan Bendera" seperti kurang dimengerti artinya sehingga muncul lirik lain yang katanya sebagai perbandingan, bahwa itu lirik yang aslinya yaitu "nan gugur remah jadi ribaan bendera bel nusa bangsa" bukannya "nan "gugur remaja diribaan".

Berikut Lirik Lagu Hymne Pahlawan (Lagu Mengheningkan Cipta) yang sampai saat ini masih baku dibawakan dalam setiap upacara bendera.

Dengan Seluruh Angkasa Raya Memuji
Pahlawan Negara

Nan Gugur remaja, di ribaan Bendera
Bela Nusa Bangsa

Kau ku kenang wahai
Bunga Putra Bangsa

Harga, Jasa, Kau Cahya Pelita
Bagi Indonesia Merdeka

Partitur Sederhana Not Angka Lagu "Mengheningkan Cipta.

Disini juga saya mencoba mengetik ulang Patitur lagu hymne Pahlawan "Mengheningkan Cipta" dalam model sederhana.

Partitur sederhana ini, mungkin bisa digunakan sebagai sarana menyanyikan lagu mengheningkan cipta dengan nada yang benar. 

atau mungkin juga bagi para pelajar, jika ingin mencoba menerapkannya dalam permainan pianika ataupun untuk keperluan lainnya.



Itulah, seputar lagu Hymne Pahlawan " Mengheningkan Cipta", semoga dapat bermanfaat untuk anda dalam menambah refrensi pengetahuan lagu wajib nasional yang kita miliki dan sebaga media pembelajaran terhadap nada, birama, lirik serta notasi lagu tersebut.

Semoga bermanfaat.

Comments

Popular

Cara Mudah Membuat Jadwal Piket /Jadwal Dinas 3 Shift

100+ Nama Baptis Katolik Berdasarkan Pesta Nama orang Kudus dari Buku Puji Syukur

Cara Terbaru 2019 Update! Download Film di Indoxxi (XX1 Lite) lewat Android Tanpa Ribet

Download dan Instalasi SQS Prudential terbaru V1.6.8 dan V1.6.9

Inilah 21 Daftar Rumah Sakit Rekanan Prudential di Bandung

Lagu Yamko Rambe Yamko | Asal, Pencipta, Lirik beserta Maknanya.

Dibalik Indahnya Nama Depan Seorang Kristen Katolik

Cara Mudah Mengganti / Mengubah Tema Whatsapp menjadi lebih Keren

Lagu Ampar-Ampar Pisang | Lirik dan Makna, Not Angka Beserta Chordnya

Lirik, Arti dan Makna Lagu All of Me - John Legend