Skip to main content

Cara Membuat Orientasi Halaman Berbeda (Portrait Landscape) Dalam 1 file di MS Word 2007

Cara Membuat Orientasi Halaman Berbeda (Portrait Landscape) Dalam 1 file di MS Word 2007
myavitalia.com- Menulis atau mengetik sebuah tulisan, atau makalah atau hal yang lainnya berkenaan dengan tugas sekolah, skripsi, ataupun pekerjaan kantor seperti membuat laporan merupakan sebuah pekerjaan yang harus dikuasai bagi orang yang berkecimpung didalamnya.

Mungkin, jika hanya sekedar menulis, saat ini semua orang bisa menulis atau mengetik di ms word. Namun jika dihadapkan dengan tuntutan agar tulisan itu dapat tersaji secara profesional, mungkin ada beberapa atau sebagian orang terkendala dengan hal-hal teknis pengaturan yang belum dikuasai.

Salah satu contoh kendala yang dialami oleh sebagian orang adalah saat dihadapkan pada keharusan memainkan sebuah setting /pengaturan pada ms word agar mendapatkan sebuah tampilan penulisan yang baik. Ternyata masih ada saja yang belum bisa memainkannya, mungkin karena belum pernah mencoba atau ketidak tahuan yang ada, hal tersebut bisa saja membuat pusing dalam penyelesaiannya.

Kejadian yang pernah saya dialami sebagai sebuah kendala adalah ketika saya membuat sebuah laporan bulanan di bagian yang saya tempati,  Laporan tersebut memerlukan satu atau 2 halaman khusus yang dapat penyajian data berbentuk table, namun tabel tersebut memiliki kolom yang banyak sehingga di tuntut halaman tersebut harus dalam oriantasi datar atau lanscape. Namun pada halaman sebelum dan sesudahnya, diperlukan sebuah halaman dalam posisi portrait/ tegak. 

Jadi dalam penulisan dan penyajiannya tersebut diperlukan sebuah posisi oriantasi halaman yang berbeda dalam satu file.

Sebenarnya dalam hal ini, MS Word telah menyediakan fitur pengaturan yang lengkap untuk menjadikan tulisan kita terlihat profesional, termasuk dalam hal ini adalah membuat orientasi halaman yang berbeda dalam satu file yang sama. 

Langkahnya cukup mudah. Berikut cara untuk membuatnya. 


Membuat Orientasi Halaman Berbeda dalam 1 file MS Word


Mengatur sebuah halaman menjadi halaman yang berbeda pada intinya adalah terletak pada pengaturan layout halaman MS Word itu sendiri.

Jika anda menemukan masalah seperti yang disebutkan tadi, mari ikuti langkah berikut.

Sebagai contoh kita memiliki 3 halaman dengan posisi Portrait, pada halaman ke 2 ingin khusus dibuat menjadi posisi lanscape dan halaman 1 dan 3 posisi oriantasi tetap potrait.

langkah 1#



Letakkan Kursor di depan huruf pertama pada halaman yang akan anda rubah orientasinya (Halaman 2)

Langkah 2#



Selanjutnya masuk pada menu / Page layout---> Page setup. Lalu munculkan jendela full page setup tersebut dengan meng klik tanda panah kecil di kanan bawah.

langkah 3#

Setelah muncul jendela Page setup, anda disini akan diarahkan untuk mengubah oriantasi dimana halaman yang terdapat kursor tersebut di ubah menjadi posisi yang berbeda, yaitu sebelumnya dari Potrait menjadi lanscape.

Pilih Tab Margin--> Orientation==> Pilih Klik Landscape.
Selanjutkan pada Applay To: Pilih yang "This Point Forward" dan Pilih "OK"



Efek dari pemilihan perubahan oriantasi ini akan menyebabkan mulai dari halaman yang dirunbah tersebut sampai pada halaman berikutnya akan mengalami perubahan oriantasi juga menjadi landscape...

Langkah 4#

Untuk mengembalikan halaman yang lain agar seperti semula lagi yaitu halamam 3 dan seterusnya menjadi posisi portrait. Ikuti langkah yang sama dari langkah #1 tapi Kursornya letakkan pada awal halaman ke 3 atau halaman lanjutan dari yang diubah orientasi sebelumnya). 

Kemudian ikuti seperti langkah ke #3 yang membedakan adalah pada pilihan orientasinya.

Pilih Tab Margin--> Orientation==> Pilih Klik Potrait.
Selanjutkan pada Applay To: Pilih yang "This Point Forward" dan Pilih "OK"


setelah melewati langkah empat ini, maka halaman ke 3 dan seterusnya akan kembali pada posisi semula yaitu potrait kembali. Dalan halaman ke 2 tetap memiliki posisi landscape.

Langkah#5

Secara teknis pengaturan yang dapat dilakukan memiliki 4 tahap dasar tersebut. Langkah tersebut dapat diaplikasikan pada halaman-halaman yanglain yang ingin dibedakan orientasinya sesuai kepentingan yang diperlukan.

Mudah bukan. sekarang anda bisa membuat halaman yang berbeda oriantasi, dan tidak perlu bunggung untuk mengubahnya kembali, sehingga apa yang dikerjakan sungguh bisa memberikan hasil yang terlihat profesional dan bisa dipandang dan disajikan secara jelas.

Jika masih belum jelas, bisa tinggalkan komentar dibawah... sebisa mungkin saya akan menjawabnya...

terimakasih...
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar