Cara Transfer File / Berkas dari HP Android ke PC lewat Wifi Hotspot

Saat ini teknologi semakin canggih, hampir semua orang mempunyai sebuah Hp android atau smartphone untuk memenuhi kebutuhan komunikasi atau keperluan pekerjaan mereka. Sebuah data yang banyak bisa tersimpan didalamnya, baik itu data atau file dokumen, video, music ataupun yang lainnya.

Banyak Foto selfie atau foto penting lainnya, video-video menarik baik video dokumen ataupun video-video hasil ngevlog, maupun dokumen yang terus bertambah, bisa membuat memori didalam hp atau smartphone kita semakin penuh, sehingga performa smartpone kita lambat dan secara otomatis kita tidak bisa mengisi dengan file-file lainya lagi.

Salah satu cara yang dapat diambil untuk mengurangi beban hp kita adalah dengan memindahkannnya file-file penting tersebut ke dalam penyimpanan yang lain seperti memindahkannya kedalam PC atau Laptop agar hp kita tetap memiliki ruang yang cukup untuk menghasilkan foto atau video atau memasukkan file yang lain yang dapat diakses melalui hp tersebut.



Cara yang diambil untuk memindahkan file tersebut pun bisa bermacam macam, kamu bisa memindahkannya melalui Kabel data USB. Cara ini sangat sering digunakan kebanyakan orang karena cara ini termasuk memiliki kecepatan transfer yang cukup cepat. Dan Kabel USB saat ini sudah secara otomatis menjadi perangkat bawaan yang dapat dunakan untuk berbagai fungsi selain untuk charger juga sebagai transfer data.

Namun dalam kondisi tertentu, perangkat Kabel USB sering terjadi kerusakan. Yang sering dialami adalah kehilangan fungsi untuk transfer data. Awalnya fungsi kabel USB tersebut dapat digunakan untuk transfer dan Charger, lama-kelamaan fungsi transfer menjadi hilang dan hanya dapat  digunakan untuk charger saja. Sehingga kalau ingin transfer data harus menggantinya dengan kabel yang baru lagi.  

Selain kekurangannya adalahseringnya kehilangan fungsi transfer, mengunkan perangkat keras tambahan seperti kable, terkesan juga ribet.

Cara berikutnya adalah melalui transfer Bluetooth. Cara ini termasuk dalam transfer data nirkabel yang tidak memerlukan kabel hanya menggunakan media Bluethooth yang bisa dikoneksikan dengan cepat. Namun melihat dari kecepatan transfer, blutooth untuk saat ini termasuk dalam kategori lambat, sehingga hal tersebut bagus digunakan untuk transfer file-file kecil saja. Dan akan sangat membosankan untuk transfer file-file yang besar dari ratusan MB hingga Gigabite.

Nah, berikutnya adalah Transfer data melalui jaringan Wifi dan Hostspot yang menurut saya saat ini adalah cara yang praktis, tidak perlu kabel data (Nirkabel) juga kecepatan yang maksimal, sangat cocok untuk transfer data dengan kapasitas yang besar, seperti Video, dan data dengan kapasitas besar lainnya.

Fasilitas Wifi atau Hostspot saat ini sudah menjadi fasilitas yang sudah ada di setiap smartphone dan Laptop, sehingga kita tidak perlu repot-repot memasang perangat keras (hardware) tambahan lagi. Walaupun fasilitas ini sudah tersedia, namun masih dari sebagian orang yang belum tau cara menggunakannya.

Khusus pada kesempatan ini, saya mencoba berbagi bagaimana cara memindahkan data atau transfer file dari Hp Android Smarthpone ke PC atau Laptop menggunakan jaringan Wifi dan Hotspots.

Berikut langkah-langkah yang dapat dilakukan:
1. Didalan Hp android kamu wajib ada aplikasi tambahan yaitu aplikasi Share it dari SHAREit Technologies Co.Ltd, Jadi bagi kamu yang belum mempuyainya, silahkan download dan install dulu melalui playstore. 

2. Setelah terdapat aplikasi Shareit, silahkan buka aplikasi tersebut.
3. Ketuk tanda 4 kotak di sebelah kanan atas dan lanjutkan dengan memilih “Web Share



4. Selanjutnya kamu akan dibawa pada pilihan untuk menentukan file-file atau aplikasi apa saja yang akan kamu backup atau kamu pindahkan ke pc/laptop, dengan cara ketuk gambar aplikasi yang dipilih atau cheklist bagian kanan untuk video atau folder yang akan dikirim.
5. Setelah dirasa file yang dipilih sudah cukup, silahkan pilih “Kirim”.



6. Pada bagian ini, hotspot pada androidmu akan secara otomatis dihidupkan oleh system. 
Dan sharit menunjukkan langkah untuk menghubungkan wifi yang lain ke hotspot kamu, untuk mendapatkan file yang akan dibagi. Dan selanjutnya untuk membuka url yang diberikan (http://192.168.43.1:2999) untuk dibuka di browser PC penerima.



7. Selanjutnya kita beralih ke PC atau Laptop. Pastikan Wifi pada laptop / PC dalam keadaan On/hidup.
8. Buka Wifi pada laptop kamu. Pilih dan koneksikan wifi denganjaringan hotspot androidmu.



9. Setelah terkoneksi, silahkan buka web browser di pc kamu (opera, Safari, Chrome atau yang lainnya) dan masukkan url yang diberikan oleh aplikasi shareit tadi (http://192.168.43.1:2999) dengan menulisnya langsung di address bar.

10. Setelah kamu url tadi secara otomatis, file-file yang akan dibagikan tersebut akan nampak di browser tersebut. Lalu silahkan unduh atau download file tersebut dengan meng-klik tanda download di sisi kanan setiap file yang akan diunduh.



11. Sampai disini proses transfer data dimulai. Dan silahkan rasakan,kecepatan transfer dengan system download ini akan terasa maksimal dan sangat cepat.

Dengan demikian kamu bisa mentransfer data seberapapun kamu mau, tanpa harus terkena data atau kuota internet, tanpa ribet dengan kabel yang berserakan,serta dapatkan kecepatan transfer yang maksimal, apa lagi jika di Laptop kamu dilengkapi dengan akselerasi download untuk mempercepat proses download seperti IDM atau yang lainnya, sehingga akan lebih maksimal.

Demikian sharing ini, semoga dapat menjadi solusi alternative untuk membackup data di HP androidmu, dan transfer data ke PC lebih lepat dan praktis.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Transfer File / Berkas dari HP Android ke PC lewat Wifi Hotspot"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close