Skip to main content

Cara Membuat, Cetak, dan Ubah Ukuran Pas Foto 2x3 , 3x4, 4x6 di MS Word 2010/2007

Cara Membuat, Cetak, dan Ubah Ukuran Pas Foto 2x3 , 3x4, 4x6 di MS Word 2010/2007
Seorang professional pengolahan sebuah foto biasanya sering menggunakan Adobe Photosope atau corel draw untuk memperolah hasil foto editan yang terbaik. Namun pada kenyataannya tidak semua orang bisa menggunakannya, apalagi untuk orang awam yang tidak pernah atau tidak biasa menggunakannya.

Untuk program yang umum dikuasai orang pada umumnya, juga sebagai pelengkap program kantoran adalah Microsoft Office.  MS Word adalah salah satu program yang ada di dalamnya. MS Word adalah salah satu  program yang lebih dititik beratkan untuk pengolahan kata. Walaupun demikian, di dalam program tersebut juga menyediakan fitur pendamping yang bisa dimanfaatkan untuk mengedit sebuah foto secara sederhana, salah satunya adalah mengubah ukuran gambar/atau foto sehingga menjadi seperti ukuran yang kita inginkan.

Bagi kamu yang ingin berkreasi, mencoba mencetak foto dengan ukuran tertentu, seperti pas foto namun tidak fasih menggunkan CorelDraw atau photoshop, jangan kawatir, MS Word juga bisa difungsikan untuk membuat ukuran atau cetak pas foto yang diinginkan seperti 2x3, 4x3 atau 4x6 dan nantinya bisa kamu cetak dengan kertas sesuai keinginanmu.

Untuk membuatnya, caranya cukup mudah. Namun, ada sebagian orang yang masih saja belum mengetahuinya. Pada kesempatan ini saya coba membagian langkah bagaimana mengubah ukuran gambar melalui MS Word, sebagai contoh kita membuat ukuran pas foto.

Ukuran foto biasanya menggunakan satuan ukuran centimeter seperti 2x3 itu artinya 2 cm kali 3 cm atau 4x6 artinya 4 cm kali 6 cm.

Namun dalam MS Word secara bawaan atau satuan default untuk satuan ukuran panjang dan lebar biasanya masih menggunakan saruan inci/Inchi. Jadi dalam hal ini yang perlu kamu lakukan adalah mengkonversikannya menjadi ukuran inci ke centi meter, atau kamu bisa mengubah pengaturan ukuran panjang dan lebarnya dari Inchi ke Cm langsung dari pengaturan ms word tersebut.

Selain masalah satuan ukuran yang digunakan MS word secara default tersebut. Untuk ukuran foto yang tertera dalam sebutannya (3x4 atau 3x3 atau 4x6) bukanlah ukuran sebenarnya. Untuk ukuran yang standar /sebenarnya yang sering kita jumpai dalam pencetakan pas foto memiliki ukuran yang berbeda beberapa mili meter (mm)

Berikut beberapa Ukuran standar foto yang sering ditanyakan

Pas Foto 2 x 3 = 2,2 cm x 3,0 cm
Pas Foto 3 x 4 = 2,8 cm x 3,8 cm
Pas Foto 4 x 6 = 3,8 cm x 5,6 cm

Untuk membuat pas poto di MS Word, ikuti langkah berikut:

Langkah yang dapat dilakukan melalui miscrosoft office 2010 (untuk ms word 2007 atau 2013 bisa menyesuaikan, tidak jauh berbeda)

1. Siapkan File foto yang akan kita ubah ukurannya.
2. Lalu sisipkan foto tersebut. Insert-Picture-lalu pilih foto yang akan kita ubah ukurannya. Lalu pilih Insert.



3. Setelah Gambar atau foto tersedia di halaman word. Klik Kanan gambar --> Pilih Size and  Position atau Klik gambar dan pilih menu format--> Size



4. Masuk pada pilihan Size and Position terdapat 3 tab yaitu Position, Text Wrapping dan Size. Kita Pilih Tab Size karena kita akan mengubah ukuran foto tersebut.

5. Dalam Area Tab Size silahkan isi Height: untuk tinggi foto dan Width: untuk lebar foto.



6. Isilah ukuran 4x6 : Height: 5,6 cm dan Width 3,8 cm;  atau yang lainnya sesuaikan dengan ukuran standar yang ada.

7. Jangan lupa, hilangkan centang pada pilihan “Lock Aspek Ratio”. Lock Asect Ratio berarti, jika kamu mengubah salah satu sisi dengan ukuran yang lain, akan membuat perbandingan sesuai ukuran yang asli dengan ukuran yang sebenarnya. Jadi kalau kamu tidak menghilangkan centangan tersebut, kamu hanya bisa mengubah salah satu sisi saja, sisi yang lain akan disesuaikan secara otomatis, tanpa kamu bisa mengontrolnya.

8. Setelah semua langkah di atas dilakukan, silahkan pilih “OK” untuk menyimpan perubahan ukuran foto tersebut.

9. Ukuran akan berubah sesuai ukuran yang kamu buat tadi. Selanjutnya kamu siap mencetaknya, baik dengan kertas cetak foto maupun dengan kertas jenis lainnya.

Itulah cara mengubah pas foto dalam ukuran yang diinginkan. Cukup mudah bukan... Selamat mencoba.!
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar