Skip to main content

Kisah dan Teladan Santa Bernadette (16 April) Beserta Arti dan Variasi Nama | Penerima Penampakan Bunda Maria di Lourdes

Kisah orang kudus yang diperingati setiap Bulan April dalam Gereja Katolik salah satunya adalah Santa Bernadet /Bernadeta / Bernadette Soubirous. Ia dirayakan pesta namanya atau diperingati dalam Kalender orang kudus yaitu setiap 16 April, dan Khusus di Prancis pada 18 Februari.

Ia menjadi seorang pengaku yang mendapat pengalaman iman yang sungguh luar biasa dari Penampakan Bunda Maria di Gua Lourdes.

Bernadet adalah orang yang dipilih oleh bunda maria karena kesederhanaannya, dan berani menjalani kehidupan fana yang penuh dengan kesakitan, dengan penyerahan diri yang penuh, akan janji kebahagiaan di surga.

Berikut akan kita lihat bagaimana kisah hidupnya yang tercatat, dan melihat berbagai variasi nama serta arti dari nama tersebut.

Kisah Hidup Santa Bernadet

Bernadet merupakan seorang gadis dan anak sulung yang hidup dalam sebuah keluarga yang dulunya adalah keluarga kaya pengusaha gilingan gandum, yang kemudian jatuh miskin.

Ia lahir pada tanggal 7 Januari 1844 dari dari orang tua Francois Soubirous pengusaha gilingan Gandum dan ibunya bernama Louise Casterot adalah seorang tukang cuci.

Sudah sejak dari kecil sekitar 14 tahun Bernadet sudah mengalami sakit-sakitan, lemah, dan bahkan terlihat lamban walaupun dia nampak begitu ramah pada setiap orang yang ia jumpai.

Ia menderita kolera, juga asma. Dalam sakitnya tersebut, ia tak pernah mengeluh, namun terus berusaha mempersembahkan segala apa yang dideritanya kepada Tuhan sebagai bagian dari penyerahkan dirinya.

Walaupun ia sakit-sakitan bukan berarti dia terbebas dari segala kewajiban dan tugas yang ada. Ia tetap mengasih adik-adik yang yang jumlahnya masih ada lima.

Setelah ia tumbuh dewasa, Bernadet pun harus bekerja membantu orang tuanya dengan menjadi seorang pembantu, juga penggembala ternak.

Suatu ketika dalam peritiwa 11 Februari 1858, Bernadet bersama dua adik perempuannya sedang mencari kayu bakar dekat Gua Massabielle ("Batu Besar"), di tepi sungai Gave dekat kota Lourdes, Bernadet mendapat penampakan dari Bunda Maria.

Itu menjadi sebuah peritiwa yang sungguh besar dalam kehidupan Bernadet.

Saat itu ia sekonyong-konyong saja melihat seorang wanita cantik berdiri di gua itu. Ia tak tahu siapa wanita itu dan apa yang diinginkannya.

Wanita Cantik itu (Bunda Maria) menampakkan pada Bernadet sebanyak 18 kali. Bunda Maria memintanya untuk sering berkunjung kepadanya sesering mungkin. Ia menajikan sebuah kebahagian bukan di dunia melainkan di akhirat.

Saat pada penampakan ke 16 pada 25 Maret 1858, Bunda maria menyatakan dirinya pada BErnadet dengan berkata: "Akulah yang Dikandung Tanpa Dosa." ('Que Soy Era Immaculada Conceptiou' atau 'I Am The Immaculate Conception').

Ketika Bernadet menceritakan kejadian yang ia alami, ia banyak di caci dan di ejek, namun banyak pula yang penasaran dan mengikuti Bernadet saat terjadi sebuah penampakan tersebut.

Mereka tak bisa melihat penampakan tersebut, namun hanya bisa melihat Bernadet dengan wajahnya yang berubah dan terpeona kala melihat kedalam gua, dan bagaimana gadis itu mengorek-orek tanah serta meminum air yang keluar dari sana.

Tanpa mempedulikan larangan dari penguasa setempat, orang disana membuat sebuah kolam yang menampung air yang mengalir dari tempat itu.

Berkat air itu, banyak terjadi mukjizat yang terjadi. Seperti anak tetangga Bernadet sembuh dari sakit sawan, MAta tukang batu disembuhkan.

Bukan hanya itu permaisuri dari kaisar Napoleon III, secara diam-diam mengambil air itu untuk menyembuhkan putranya yang sebenarnya sakit namun tidak gawat.

Dengan kejadian tersebut, Kaisarpun mencabut larangan pengambilan air gua, malahan kaisar membuka Lourdes untuk umum.

Meskipun demikian, sikap Uskup saat itu berhati-hati terhadap pengalaman yang didapat oleh Bernadet itu.

Beberawa waktu kemudian, Bernadet menanggung banyak derita karena kecurigaan orang yang tidak percaya, maupun oleh semangat dan perhatian dari orang-orang keterlaluan dalam kepercayaannya tehadap kejadian itu.

Ia tetap bertahan dengan sabar dan tabah menghadapi dan menagggung segala yang terjadi dari peritiwA itu.

Di USia 22 tahun, pada tahun 1866, ia bergabung menjadi suster di biara Karitas di Nevera.

Dalam kehidupan biara, ia bisa terlindung dari gangguan banyak orang di luar, namun tidak terhindar dari derita lain yang dihadapai dari kalangan biara atau suster lain yang kaku, dan tidak ramah.

Ia dalam membiara pun tak lepas dari kondisi tubuhnya yang sakit-sakitan, ia menderita asma yang semakin gawat, namun ia menjalaninya dengan penyarahan diri kepada Tuhan dengan apa yang dialaminya dengan mengungkapkan "Pekerjaan semakin maju, yaitu bersakit-sakit"

Dan untuk pengalamannya dalam penampakan dengan Bunda Maria, seorang suster pernah bertanya kepadanya apakah ia merasa bangga karena dipilih oleh Bunda Maria. Bernadet pun menjawabnya dengan tenang, "Bunda Maria memilih saya justru karena saya inilah yang paling hina". Suatu jawaban dari kerendahan hati yang paling dalam!

Ia menjalani hidupnya sampai pada usia 35 tahun. Ia meninggal pada 16 April 1879 sebagai seorang biarawati. Ia meninggal secara alami akibat penyakit TBC yang dideritanya.

Pada saat pengajukan Beatifikasi, di tahun 1909 makan Bernadet dibuka kembali.

Ada sebuah hal yang begitu ajaib yang langsung disaksikan oleh Uskup Gauthey dari Nevers, para wakil dan pejabat Gereja, serta semua yang hadir bahwa jenazah Bernadette masih sama persis seperti pada hari ia meninggal.

Tubuhnya utuh sempurna, tak tercium bau busuk, pun tak didapati tanda-tanda kerusakan pada tubuh mungil yang terbaring dalam peti jenazah

Ringkasan Kisah Hidup Santa Bernadet

Seorang gadis sederhan yang diberi pengalaman istimewa "diberi penampakan oleh Bunda Maria di Lourdes"
  • Perayaan: 16 April; 18 February Khususdi Perancis
  • Lahir: 7 January 1844, Lourdes, Hautes-Pyrénées, Perancis
  • Wafat: 16 April 1879, Nevers, Nièvre, Perancis
  • Venerasi: 18 November 1923 oleh Paus Pius XI
  • Beatifikasi: 14 Juni 1925 oleh Paus Pius XI
  • Kanonisasi: 8 Desember 1933 oleh Paus Pius XI

Variasi Nama Bernadet

  • Bernadette, Bernadine (English),
  • Bernadette, Bernardine (French),
  • Bernarda (Croatian),
  • Bernarda (Slovene),
  • Bernadett (Hungarian),
  • Bernardetta (Italian),
  • Bernardita (Spanish)
Bentuk Maskulin :
  • Bernard (English),
  • Beñat (Basque),
  • Bernat (Catalan),
  • Bernhard, Bernt (Danish),
  • Bernhard, Ben (Dutch),
  • Bernhard, Bernd (German),
  • Bernát (Hungarian),
  • Bernardo, Bernardino, Dino (Italian),
  • Bernhard, Bernt (Norwegian),
  • Bernardo, Bernardino (Portuguese),
  • Bernardo, Bernardino (Spanish),
  • Bernhard, Bernt (Swedish)

Arti nama Bernadet

Bernadette = bentuk feminim dari nama Bernard = "Berani seperti beruang"
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
close