Skip to main content

Membuat Tulisan Melingkar dengan Photoshop

Tulisan melingkar sering digunakan dalam pembuatan design logo, design sticker, design stempel, dan design lainnya.

Selain dapat dibuat menggunakan Microsoft word, tulisan melingkar juga dapat dibuat menggunakan Adobe Photoshop  juga Corel Draw.
Pada kesempatan ini, my avitalia akan membuat tulisan melingkar menggunakan Adobe Photoshop.

1. Membuat Tulisan Melingkar di Photoshop menggunakan Warp Text



Langkah 1
Buka lembar kerja Photoshop dengan pilih File>New. Atur kertas, OK. Klik 2 kali pada layer background lalu OK untuk menghilangkan kuncinya.
Kemudian untuk membuat tulisan pilih Horyzontal Type Tool


Langkah 2
Ketik tulisan yang nantinya akan kita buat melengkung ke atas. Kemudian pilih Warp Text dan stylenya kita pilih yang Arc.

Pada Bend atur sampai dengan +100%. Lalu OK.


Langkah 3
Selanjutnya kita kembali pilih Horyzontal Type Tool untuk membuat tulisan kedua. Setelah di ketik, tulisan kedua ini akan kita buat melengkung kebawah dengan pilih Warp Text>Arc. Pada bagian Bend pilih sebaliknya dari yang pertama yaitu kita atur menjadi -100% lalu OK.

Bentuk Tulisan melingkar sudah terlihat. Selanjutnya kita pilih Move Tool. Kita dapat mengatur tulisan kita per layer atau bisa juga kedua layer bersamaan dengan CTRL+T. Atur sehingga tulisan bisa terlihat melingkar.

Enter dan Tulisan melingkar dengan Warp Text selesai.


2.  Membuat Tulisan Melingkar di Photoshop menggunakan Ellipse Tool



Langkah 1
Buka lembar kerja Photoshop kemudian pilih Ellipse Tool  atau tekan U.

Buat lingkaran pada lembar kerja sambil menekan tombol SHIFT.

Selanjutnya Opacity bisa kita atur menjadi 0% sehingga tampak seperti berikut.


Langkah 2
Untuk membuat tulisan kita pilih Horyzontal Type Tool. Kemudian taruh kursor pada garis lingkaran yang kita buat menggunakan Ellipse Tool. Sehingga tampak seperti gambar berikut.

Kemudian ketikkan tulisan.
Selanjutnya kita dapat mengatur posisi tulisan dengan pilih Move Tool lalu  CTRL+T dan atur tulisan sesuai dengan posisi yang kita inginkan

Kita dapat juga menggunakan bantuan garis dengan mengdrag garis dari ruler menggunakan Move Tool.


Langkah 3
Jika ingin menambah tulisan baru lagi kita kembali pilih Horyzontal Type Tool atau tekan T.
Ketik tulisan, misalkan kita taruh dibawahnya. Sama dengan sebelumnya taruh kursor pada garis lingkaran yang kita buat tadi.


Langkah 4
Jika kita ingin membalik arah tulisan yang kedua, maka kita pilih Move Tool. Ingat posisi kerja kita pada layer tulisan kedua. Lalu atur dengan CTRL+T.
Sambil menekan SHIFT, tarik lingkaran kecil di sudut box kearah keluar sehingga posisi garis lingkaran terlihat diatas tulisan kita.


Langkah 5
Selanjutnya masih pada posisi garis lingkaran diatas tulisan, kita arahkan kursor kita ke lingkaran kecil pada sisi box yang bagian tengah. Sambil menahan SHIFT kita tarik searah -180°.
Maka arah tulisan kedua akan terlihat dari kiri ke kanan.

Selesai. Demikian cara Membuat tulisan melingkar dengan Photoshop. Selamat Mencoba.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
close