Skip to main content

Cara Mudah Membuat Tulisan Berkobar di Photoshop CS3

Hallo Sobat…judul artikel ini adalah “Cara Mudah Membuat Tulisan Berkobar di Photoshop CS3” karena memang yang saya gunakan adalah contoh kata “berkobar”. Tetapi tidak hanya berhenti di situ, saya juga membuat tulisan “berkobar” tersebut layaknya seperti tulisan yang terbakar api (berkobar).

Sebenarnya tutorial ini saya maksudkan untuk saya belajar sendiri. Tetapi siapa tahu ada sobat yang juga ingin mencoba, maka tidak ada salahnya saya bagikan di blog ini. Untuk para master…mohon izin dan salam hormat.




Baik, sebelum memulai langkah demi langkah dalam membuat seperti gambar di atas, kita buka terlebih dahulu lembar kerja dengan program Adobe Photoshop. Dan kebetulan saya masih memakai Adobe Photoshop CS3.

Langkah 1
- Buka dokumen baru dengan pilih File >New
- Buat width = 297 mm, height = 210 mm Resolution = 300 pixels/inch, OK.
 


- Selanjutnya buat background menjadi warna hitam dengan pilih Edit >fill

- Pada Use isikan Black, OK.




Langkah 2

Kemudian ketik tulisan menggunakan Horizontal Type Tool di lembar kerja. Buat teks berwarna putih. Atur posisi tulisan.


Copy Layer Teks yang baru kita tulis dengan CTRL+J dan untuk sementara layer text copy kita disable dahulu dengan menghilangkan gambar mata pada panel . Kita akan fokus bekerja pada layer teks.

Langkah 3
Selanjutnya layer teks ini akan kita beri efek tiupan angin dengan Pilih Filter>Stylize>Wind.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan:

Pertama, layer teks ini masih berbentuk format vector sehingga tidak bisa kita edit.

Maka sebelumnya kita rubah dahulu layer teks ini menjadi bentuk format bitmap dengan cara klik kanan pada layer teks>pilih Rasterize type.


Kedua, karena efek hembusan angin hanya berjalan dari sisi ke sisi bukan dari atas ke bawah, maka kita perlu merotasi dahulu lembar kerja kita dengan Pilih Image > Rotate Canvas>90°CW.




Selanjutnya kita masuk ke efek hembusan Angin dengan Pilih Filter>Stylize>Wind. Buat hembusan dari kiri. Kita dapat menggunakan CTRL+F untuk mengatur efek hembusan.

Setelah selesai memberi efeks hembusan angin, kita kembalikan lembar kerja kita ke posisi semula dengan Pilih Image > Rotate Canvas>90°CCW.


Setelah lembar kerja berada pada posisi semula kita dapat menambah efeks blur agar objek yang kita buat terlihat lebih fokus.

Dan kali ini kita memakai Gaussian Blur sehingga kita pilih Filter>Blur>Gaussian Blur agar objek yang kita buat terlihat lebih lembut dan natural.



Langkah 4

Selanjutnya kita duplikat layer background dengan (CTRL + J) seperti tampak pada panel layer. Dan kita gabungkan layer background copy tadi dengan layer text dengan cara klik kanan Merge Layer atau (CTRL+ E) sehingga layer tersebut menjadi satu bentuk format bitmap dengan tujuan agar dapat kita edit lagi.



Setelah layer background copy dan layer teks kita gabungkan, selanjutnya agar kita lebih fokus pada objek yang akan kita edit bentuknya, maka terlebih dahulu kita seleksi objek kerja kita dengan menggunakan Rectangular Marquee Tool pada Tool Box

Setelah kita seleksi selanjutnya kita edit objek kerja kita dengan bentuk kobaran api dengan pilih Filter > Liquify.  Gunakan Brush untuk membuat bentuk kobaran apinya.





Dan jika sudah, selanjutnya Klik OK.

Langkah 5
Untuk membuat efek warna apinya, kita buat sebuah layer adjustment baru dengan pilih Layer > New Adjustment Layer > Hue-Saturation dan kita atur intensitasnya.

Jangan lupa pada kotak dialog centang bagian colorize. Kita pilih warna yang orange agak muda dahulu.


Jika sudah Klik OK.

Agar warna api lebih menarik, kita buat gabungan perpaduan warna dengan membuat lagi layer adjustment baru kedua dengan pilih Layer > New Adjustment Layer > Hue-Saturation dan kita atur intensitasnya lagi. 

Sama dengan yang pertama jangan lupa centang colorize di kotak dialog, kali ini kita pilih warna Orange yang hampir merah untuk membentuk kilatan apinya. Dan agar gambar kobaran merah ini melapisi gambar kobaran api warna orange muda kita pilih blending option di layernya yang Overlay.




Langkah 6

Selanjutnya kita beralih ke lembar kerja layer teks copy dengan mengaktifkan kembali atau enable layer text copy yang tadi kita disable.

Berikan Blending Option pada layer text Copy dengan pilih Layer->Layer Style>Blending Options >Gradient Overlay.


Pada kotak dialog Gradient Editor kita atur warna sesuai keinginan kita.


Klik Ok jika sudah.



Langkah 7

Agar tulisan berkobar lebih terlihat realistis terbakar kita rubah tampilannya seoalah terbakar tanpa merubah tulisan asli dengan tehnik topeng dengan Klik Add Vector Mask pada bagian bawah panel layer. Dan pastikan foreground berwana hitam dan background berwana putih Gunakan Brush Tool dan sapukan pada bagian atas text copy seperti gambar dibawah ini agar text terlihat lebih realistis.


#Terakhir kita gabungkan semua layer menjadi satu atau biasa disebut Flaten Gambar dengan pilih Layer > Flaten image.


# Selesai. Itulah cara bagaimana membuat tulisan yang terlihat berkobar berapi-api melalui Photoshop. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian semua. Terimakasih.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
close