Skip to main content

Aplikasi Pembuat Hard Sub Tercepat serta Trik Memperbesar dan Memberi Warna Subtitle.

myavitalia.com - Menonton sebuah film dengan bahasa yang dimengerti akan sangat membantu untuk menikmati film tersebut. Apa jadinya bila kamu menonton film hanya melihat action dan gambar saja tanpa mengetahui jalan cerita, tentunya dengan perbincangan atau bahasa yang digunakan dalam film tersebut... pastinya kurang asik bukan?

Bila kamu tidak menguasai bahasa dalam film yang sedang kamu tonton, semisal film-film asing seperti film barat, atau derah lainnnya, mungkin salah satu hal yang diusahakan adalah mencari terjemahan bahasa yang pas dengan dirimu untuk film tersebut.

Namun setelah mendapat terjemahan film tersebut berupa subtitle terpisah (seperti extensi *.srt) tentunya ingin mendapatkannya dengan kualitas pengelihatan yang bagus pula, seperti warna yang pas, dan font yang pas tidak terlalu kecil dan juga tidak terlalu besar.

Cara untuk mendapatkannya ada dua cara yaitu cara instan dengan mencari film yang sudah terpasang subtitle atau mencari film dengan dubbing.

Cara berikutnya yaitu dengan mencari bahan terpisah yaitu file Film sendiri dan file subtitle sendiri, setelah itu digabungkan secara dengan aplikasi tertentu.

Dalam kesempatan ini yang akan kita bahas yaitu cara yang kedua dengan menggabungkan ke dua file tersebut menjadi satu kesatuan (FILM DENGAN SUBTITLE MENJADI 1 file) sebagai Film ber hard sub.

Cara cara tersebut sebenarnya sudah saya buatkan di artikel sebelumnya Cara menggabungkan subtitle non hard sub, dan menggabungkan subtitle hardsub aplikasi iDealshare VideoGo.

Tapi kali ini saya ingin menitik beratkan pada proses pembuatan yang super cepat dengan aplikasi yang pas dengan memperhatikan warna dan ukuran huruf yang pas bila ditonton disemua media.

Bagaimana triknya? berikut kita simak saja ya dengan seksama... cara ini sudah saya praktekkan dan membuat saya puas karena proses convertnya yang sangat cepat tidak sampai 5 menit, aplikasi yang digunakan gratis / free...

Oke... bahan bahan yang perlu disiapkan yaitu... tiga aplikasi yang akan digunakan secara bergantian....
1. Subtitle Edit
2. Notepad ++
3. MKVToolkit Gui

Berikut Langkah-langkahnya:

1. Menentukan warna subtitle secara keseluruhan dengan aplikasi Subtitle Edit
  • Buka File Subtitle *.srt dengan cara pilih File - Open - Pilih subtitle yang akan di edit.
  • Pada bidang yang menunjukkan isi subtitle silahkan di blok semua dengan tekan Ctrl + A
  • Setelah berwarna biru sebagai tanda sudah terblok semua lalu Klik kanan - Color - pilih warna yang akan dipakai sesuai selera kamu - lalu Ok
  • Semua tulisan sudah tertambahkan kode warna (contoh kode warna kuning. selanjutnya disimpan perubahan tersebut dengan cara File - Save-.

2. Memperbesar Huruf atau font dengan Notepad ++
  • Buka File Subtitle *.srt dengan cara pilih File - Open - Pilih subtitle yang akan di edit - OK
  • Kita sisipkan kode ukuran huruf dengan cara me replace semua kode ini  <font color="#ffff00"> menjadi  <font size="28" color="#ffff00">.
    • caranya: CTRL+ F --> Pilih Tab "Replace"
    • Pada bagian "Find What" kita isi kode  <font color="#ffff00"> dan untuk "Replace With" kita isi dengan kode  <font size="28" color="#ffff00">
    • - Selanjutnya pilih "Replace All."
  • Sampai di sini Subtitle telah berumah warna menjadi Kuning dengan ukuran Font 28. Jika ingin memperbesar lagi, kamu bisa mengganti angka 28 tersebut ke angka yang lebih tinggi. Tapi menurut saya itu angka 28 adalah ukuran font yang ideal buat dilihat di layar televisi.

3. Mengkonversi menjadi hardsub (tanpa dikonversi ke hardsub, warna dan ukuran tidak akan berubah bila diputar di televisi) dengan MKVToolkit Gui ( Tidak sampai 5 menit).
Caranya:
  • Buka MKVToolkit Gui
  • Klik kanan Pada bidang Source File --> Add File --> silahkan pilih file film (*mp4, *avi, *mkv dll) dan file subtitle (*srt) ---> OK.
  • Setelah semua file sudah masuk kebidang tersebut- silahkan langsung pilih " Start Multipleksing
  • Tunggu proses tidak sampai 5 menit selesai
  • Hasil akan menjadi File Film dengan ektensi MKV

4. Film dengan subtitle yang berwarna dan font yang besar sudah sukses menjadi satu dan siap untuk di putar di semua media.

Enjoy... selamat menikmati.. proses yang begitu cepat dan menyenangkan menyatukan subtitle dengan cepat...
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
close