Skip to main content

Cara Membuat Hard Sub dan Memperbesar Font Subtitle Biar Enak dilihat Di Televisi

myavitalia.com - Akhir-akhir ini, saya lagi suka download film dan menontonnya di televisi. Banyak film yang sudah saya download baik yang berbahasa Rusia, Cina, Jepang, dan tentunya banyak yang berbahasa inggris, karena memang sekarang ini banyak film berkualitas dari berbagai negara.

Namun yang menjadi sebuah permasalahan bagi saya adalah ada baberapa film yang sudah punya hard sub bahasa lain, sehingga saat menggabungkan dengan sub title bahasa indonesia ke dalam film tersebut, subtitle bahasa Indonesianya tertutup oleh Subtitle Hard Sub Bahasa lain.

Selain itu juga, jika hanya menggabungkan file subtitle srt atau sejenisnya secara manual dengan menyamakan nama filenya saja , hasilnya tulisan sub titlenya kecil sekali, tidak sebanding dengan ukuran besar dimensi gambar yang di hasilkan pada televisi dengan inci yang besar.

Hal itu membuat mata menjadi kerja keras untuk melihat sub title yang kecil itu, dan kadang tak terbaca, apa lagi kalau memiliki mata rabun dekat..

Karena pengalaman itulah, saya mencoba mencari kesana sini, bagaimana cara memperbesar sub title atau mengubah ukuran tulisan subtitle di televisi.

Ternyata bahwa ada salah satu cara bahwa subtitle bisa diperbesar dengan setting yang ada di televisi, namun yang menjadi masalah adalah tidak semua televisi memiliki setelah untuk memperbesar subtitle. Jadi solusinya adalah dengan cara memodif file film dan subtitle tersebut itu sendiri.

Caranya adalah dengan menggabungkan Subtitle yang berupa file srt atau sejenisnya menjadi hard sub langsung ke dalam file film tersebut.

Oya bagi yang belum tau Hard Sub itu apa... Hard sub adalah subtitle yang sudah digabungkan ke dalam satu File Film yang sama.

Jadi Subtitle tersebut sudah berubah menjadi tulisan tetap di dalam film tersebut, tidak bisa di gonta ganti lagi.

Dengan menggabungkan file subtitle *.srt atau sejenisnya menjadi Hard Subtitle, bisa memberi pelunag untuk mengubah ukuran font atau tulisan yang akan ditampilkan didalam film, dan sebenarnya bisa untuk memodifikasi lainnya juga seperti warna font atau tulisan juga.

Banyak aplikasi yang menyediakan cara untuk membuat hard sub atau menggabungkan Video dengan Sub title, seperti Any Video Converter Ultimate, VLC, Format Factory, HandBrake, Camtasia.

Tapi dari semua aplikasi tersebut tidak membuat saya puas karena tidak bisa memperbesar Font kedalam film tersebut, hasilnya masih tetap standar kecil....

Namun saya menemukan satu Aplikasi yang membuat saya puas karen akeinginan saya memperbesar font bisa terwujud. bukan hanya itu saja melainkan di aplikasi ini bisa mengubah warna subtitle juga... Apa aplikasi tersebut?...

Ini dia jawabannya: iDealshare VideoGo

Cara Menggabungkan Video dengan Sub title dan Memperbesar Hurufnya

Berikut ini cara dal langkah menggabungkan Sub title menjadi hard sub dan memperbesar hurufnya.

Caranya Cukup mudah:
1. JIka kamu belum memiliki Aplikasi tersebut silahkan download di Official Websitenya iDealshare VideoGo, atau silahkan mencari sendiri di situs situs lain yang menyediakan full versinya.

2. Jika sudah punya, silahkan instal aplikasi tersebut di LAptop atau Komputer kamu.

3. Buka Aplikasi idealshare, di sini saya menggunakan yang versi iDealshare VideoGo 6.
sebagai catatan bila aplikasi ini belum full versi, conversi atau penggabungan sub title ini tidak bisa full untuk satu film, melainkan hanya diberi contoh cuplikasn yang sudah menjadi hard sub, biasanya hanya bebrapa menit di awal. Jadi di sini kamu harus mencari yang full versinya dahulu.

4. Langkah selanjutnya setelah tersbuka adalah pilih menu atau tanda "Add File" - lalu browse dan pilih file filmnya (Mp4, MPEG, AVI, dan sejenisnya)- dan film tersebut akan muncul di daftar.

5. Kemudian pada bagian list video tersebut klik panah yang digunakan untuk mengedit Sub title, ada dua pilihan None (default) dan Edit Sub title. Kita pilih yang Sub Title.

6. Setelah memilihnya akan muncul bagian edit sub title, kita pilih tanda Plus (+)--> lalu browse pilih File Subtitle (*.srt)
dalam pilihan ini subtitile akan default berukuran 36 dan berwarna putih. Jika kamu inging lebih memperbesar font atau tulisan atau warna, bisa centang bagian " Eneble Style " silahkan atur sendiri. Jika ingin apa adanya dengan setelan defaultnya, Eneble style tidak perlu di centang. Lalu pilih "OK"
7. Sebagai langkah terakhir, silahkan klik tombol "Play", dan silahkan tunggu prosesnya sampai selesai.

8. Untuk letak Output File Film baru dengan Hard Sub.. bisa dilihat di bagian "Destination".

Nah mudah sekali kan sebenarnya.....

Tapi yang agak memosankan adalah menunggu proses convertnya, bisa memakan waktu lama tergantung berapa besar fili atau durasi film tersebut, dan juga kecepatan kerja laptop atau komputer kalian.

TApi semoga dengan ini, bisa memuaskan apa yang kalian cari... yaitu bisa mengubah FOnt atau huruf subtitle menjadi lebih besar...

Terimakasih.... semoga bermanfaat..
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
close