Skip to main content

Lagu Maju Tak Gentar dari Pencipta, Makna, Lirik Hingga Partitur Not Angka-nya

myavitalia.com - Lagu Maju Tak Gentar merupakan salah satu Lagu Wajib Nasional yang mesti diketahui dan dikenal oleh semua masyarakat Indonesia secara keseluruhan.

Lagu ini sudah dikenalkan sejak usia Sekolah dasar yang diharapkan dapat menjadi motifasi bagi para generasi muda agar memiliki semangat seperti para pejuang kemerdekaan yang tak kenal gentar memperjuangkan kemerdekaan bangsa Iindonesia, walaupun kini kita memang tak perlu berperang seperti mereka, dan kita hanya perlu mempertahankan dengan semangat nasionalis kita.

Berikut ini akan disajikan sebuah bahasan mengenai Lagu Maju Tak Gentar mulai dari sejarah singkat yang memuat siapa penciptanya, juga perjalanan lagu itu bisa dikenal sampai sekarang.

Dan tak lupa juga akan ditampilkan Notasi Angka yang bisa digunakan untuk panduan bernyayi atau memainkan alat musik seperti pianika atau yang lainnya.   



Sejarah Singkat dari Pencipta dan Lagu Tak Gentar

Lagu Maju Tak Gentar merupakan sebuah lagu yang diciptakan oleh Cornel Simanjuntak seorang guru dan salah satu komposer terbaik yang ada di Indonesia saat itu. Ia juga tak lepas dari perannya dalam ikut serta dalam mengangkat senjata mengusir penjajah. I a adalah Sang KOmponis yang Ikut Bertempur.

Cornel Simanjuntak lahir di Pematangsiantar, Sumatra Utara, 1921 dan  wafat di Yogyakarta, 15 September 1946.

Ia dilahirkan dalam lingkungan Katolik dari keluarga pensiunan polisi kolonial yang memiliki pendidikan atau tamatan dari HIS St. Fransiscus Medan, 1937, HIK (Holandsche Indische Kweekschool) Xaverius College Muntilan 1942.

Setelah menyelesaikan pendidikannya, ia mendedikasikan dirinya menjadi seorang guru di magelang, yang kemudian pindah kejakarta menajdi Guru SD Van Lith.

Walaupun ia menjadi guru, ia memiliki bakat seni yang lebih garang. Karena kesadaran dari bakat seninya yang kuat, kemudian ia berpindah haluan atau beralih profesi ke Kantor Kebudayaan Jepang, Keimin Bunka Shidosho.

Untuk mengasah bakat seninya ia memiliki beberapa guru musik untuknya seperti Pater J. Schouten, Ray, dan Sudjasmin.

Mulailah dari situ ia mulai menciptakan banyak lagu, yang diawali dengan lagu-lagu propaganda Jepang. Salah satu  lagunya propaganda tersebut yang terkenal adalah "Hancurkanlah Musuh Kita"

Seperti diawal, bahwa Cornel Simanjuntak juga mengangkat senjata untuk melawan penjajah. Di tahun 1945-1946 ia melakukan perlawan terhadap NICA

Karena pertempuran yang ia jalani itu, peluru pun menghapiri dirinya yang akhirnya ia tertembak di bagian pBokongnya, yang saat itu dalam perlawaan di daerah Senen - Tangsi Penggorengan Jakarta.

Ia mendapatkan perawatan dan pada 10 Desember 1945 masuk RSUP Cipto Mangun Kusumo (Dahulu bernama Centraal Burgerlijke Ziekenhuis).

Tak lama berselang lalu berpindah ke Yogyakarta karena adanya pembersihan wilayah oleh tentara NICA saat itu.

Mulai dari situlah Darah Pejuang dan Senimannya bergabung yang menghasilkan karya karya lagu Nasionalis Perjuangan, diantaranya adalah "Maju Tak Gentar" ini dan lagu yang lainnya seperti Tanah Tumpah Darah, Maju Tak Gentar, Pada Pahlawan, Teguh Kukuh Berlapis Baja, Indonesia Tetap Merdeka

Jadi Lagu Maju Tak Gentar bisa dikatakan diciptakan pada masa revolusi tahun 1945-1946.

Untuk perjuangan Cornel simanjuntak mengangkat senjata terhenti di sini, karena peluru tadi tetap bersarang di tubuhnya, yang diperparah dengan serangan TBC yang sudah kronis pada dirinya. 

Lalu ia pun meninggal pada tanggal 15 September 1946 di Sanatorium Pakem, Yogyakarta. Saat itu Ia masih berstatus belum menikah atau lajang.

Makna dan Nilai Lagu Maju Tak Gentar

Untuk Lagu Maju Tak Gentar ini, tentunya terinspirasi dari kisah perjuangannya melawan penjajah waktu itu.

IA memiliki semangat tinggi dan tak gentar melawa penjajah demi kemerdekaan yang dituju sebagai bagian dai hak dan martabat bangsa.

Mengutip dari cataran Indonesia Pusaka (2019) yang ditulis oleh Dr. Sopan Adrianto, SE, M.Pd., lagu "Maju Tak Gentar" memiliki sebuah makna sebagai sebuah ajakan kepada seluruh rakyat Indonesia untuk melakukan perang semesta terhadap penjajah, yang saat itu telah merampas segala hak dan martabat bangsa.

Gambaran yang didapatkan dari lagu ini adalah sebuah keberanian rakyat indonesia dengan perlengkapan yang terbatas melawan penjajah tentara Belanda yang memiliki senjata yang lebih moderan dan lengkap.

Selain itu mengajak rakyat indonesia untuk tidakboleh membiarkan penjajah menguasai dan merampas hak-hak kebebasan dan martabat suatu bangsa.

Lirik Lagu Maju Tak Gentar Dan Partitur Not Angka




Maju tak gentar
Membela yang benar
Maju tak gentar
Hak kita diserang

Maju serentak
Mengusir penyerang
Maju serentak
Tentu kita kita menang

Reff :
Bergerak bergerak
Serentak Serentak
Menerkam Menerjang Terjang

Tak gentar tak gentar
Menyerang menyerang
Majulah majulah menang

Info Lagu dan Contoh Video Lagu Maju Tak Gentar


Judul Lagu: 
Maju Tak Gentar
Pencipta:  Cornel Simanjuntak
Nada Dasar yang sering digunakan : Do= Bes
Birama : 4/4
Tempo: Marcia
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
close