Skip to main content

Lagu Bukan PHO | Makna Lirik Terjemahan | Viral.ada satu cerita tentang sebuah rasa

myavitalia.com - wow keren, bisa diacungi jempol... saat ini sepertinya lagu-lagu daerah mulai banyak viral di media sosial, dari sabang sampai meraukue pun sepertinya orang orang yang memiliki talenta bernyayi mulai memberikan sentuhan lagu untuk bahasa daerahnya.

Lagu jawa sepertinya sudah banyak  yang berseliweran di Trending youtube, dan tak kalah juga lagu-lagu bagian Timur Indonesia juga mulai menampakkan dirinya mulai dari lagu karna-su-sayang hingga lagu yang kali ini akan kita bahas yang menjadi trending di Tik Tok hingga menyediakan kompetisi untuk Dancenya dengan lagu "De Yang Gatal-Gatal Sa Bukan PHO".
Lagu De Yang Gatal-Gatal Sa Bukan PHO ini memang easy listening sebagai sebuah lagu yang musiknya enak digunakan untuk dance sekaligus untuk membuat suasana menjadi segar.

Lagu yang berasal dari daerah Flores NTT dan ciciptakan oleh Aldo BZ ini dinyanyikan pertama kali oleh Liany Panmuma dengan tayangan perdana di Youtube pada 12 Februari 2020, dan kemudian diubah menjadi Remix official pada 31 Oktober 2020 yang menggandeng penyanyi baru Deasy Agaki

Dengan lagu dan musik yang bergitu mantab didengarkan, banyak dari papa youtuber bertalenta suara bagus juga penyanyi terkenal seperti Trio Macan pun mengcover lagu ini.

Tentunya kamu sampai saat ini sudah akrab dengan lagu ini ya... mungkin menjadi salah satu back sound di aplikasi berbagi Video Tik Tok milikmu.

Makna dan Arti Lagu De Yang Gatal-Gatal Sa Bukan PHO

Lagu Bukan PHO ini memiliki sebuah cerita yang menjelaskan atau meluruskan cerita atau prasangka buruk pada dirinya dalam hubungan dengan seorang pria yang saat ini dekat dengannya.


Bahwa ia  bukanlah sebagai PHO (Pe Ha Oo) Perusak Hubungan Orang lain. Bahwa yang punya mau itu adalah sang laki-laki itu, bukannya dia yang mencoba merampas hubungan pria itu dengan wanita sebelumnya. Hal itu nampak jelas terungkap dari judul yang di sematkan pada lagu ini (De yang gatal-gatal sa / dia yang punya mau dengan ku, Sa bukan PHO/ aku bukan PHO).

Cerita hubungan ini berawal dari rasa suka yang tiba-tiba datang. Awalnya si cewek ini tak tahu kalau si pria sudah punya pacar.

Ketika hubungan kedekatan itu diketahui oleh pacarnya, maka pacarnya itu  emosi dan marah padanya yang menyakngka sebagai PHO.

Kemudian ia mencoba menjelaskan bahwa ia Bukan PHO, kalau tau sebelumnya ia punya pacar mungkin hubungan tersebut, tak kan seperti saat ini, nampak seperti seorang pacar baru.

Yang menjadi soal yaitu si pria gak mau jujur kalau si pria itu sudah punya pacar, dan mau nyosor aja cari cewek lain memanfaatkan getar-getar cinta lain yang terjadi.

Nah alasan yang membuat pria itu ingin berpindah hati, tentunya tidak menjadi hal yang pasti...

Namun seperti di ceritakan dalam lagu ini, dikatakan bahwa  ada sebuah pertanyaan di saat si pria mau pindah ke lain hati, barulah pacarnya emosi pada perempuan baru yang mungkin bisa menarik hati pria itu. 

Ia kemudian meneruskan menjelaskan, gak usah emosi pada ku, karena ia hanya teman biasa saja, cuma si cowok yang ngebet padanya dan gak ngaku kalau sudah punya pacar (walaupun dalam hati sebenarnya ia juga suka, tapi harus menahan diri).

Dan ungkapan-ungkapan tegas untuk membersihkan namanya bukan sebagai seorang PHO, yaitu dengan meletakkan ungkapan-ungkapan tegas dan mungkin juga terlihat sadis, seperti:

" makanya:
-kalau kau cinta, makanya dijaga..
-bawalah sana dia, biar kau puas..
-mungkin kau kurang piknik, makanya kau sering marah marah..

"santai saja
-Dia yang gatal padaku kok..

"tenang aja
-dia cuma teman biasa...

Yah itulah mungkin cerita dan isi dari lagu... pernah seperti itu........

Yuk nikmati saja musik dan lagunya.. dan ikuti kompetisi dancenya.. jangan lupa kompetisi sampai akhir desember 2020 ya....

Lirik (dan Terjemahan ) Lagu De Yang Gatal-Gatal Sa Bukan PHO

Ada satu cerita tentang sebuah rasa
yang muncul tiba-tiba
hanya karna rasa suka
sa ni tara tau kalo de ni suka sa
akhirnya de pu pacar yang emosi sama sa

jujur sa su bilang kalau sa ni tara tau
sa juga tau diri tara mungkin sa mo gangu
de yang gatal gatal sa
de yang mati gila sa
skarang ko emosi baru ko mo rancang sa

makanya
kalo ko cinta dia itu ko jaga
sekarang su terjadi baru ko ganas
ko bawa dia sudah biar ko puas

baru mo bikin apa kalau memang de yang suka
sa cuma anggap de itu teman biasa
maaf kalo ko sakit hati bukan sa
ko dengar ini jang emosi sa
karna de yang bidik-bidik sa
de yang udik-udik sa
we jang bodok-bodok ka
otak itu pake bah

sa santai
karna memang sa bukan PHO
jadi ko bawa de jauh-jauh sudah mo

makanya kalo ko cinta dia itu ko jaga
sekarang su terjadi baru ko ganas
ko bawa dia sudah biar ko puas

sa su cape
dapa rancang-rancang trus
ko yang heboh
bikin ko punya jurus
mungkin ko kurang piknik iyo to
mending sa mabo dada saja buat ko

sa su cape dapa rancang-rancang trus
ko yang heboh
bikin ko punya jurus
mungkin ko kurang piknik iyo to
mending sa mab

Official Musik Video Lagu De Yang Gatal-Gatal SaBukan PHO


Versi Remix Official: https://www.youtube.com/watch?v=823uvXljaHE 
Versi Trio Macan: https://www.youtube.com/watch?v=PFZvSVMM098 

Ringkasan Lagu De Yang Gatal-Gatal Sa Bukan PHO

Kamu bisa menikmati lagu ini secara online atau streaming melalui penyedia layanan musik online seperti Joox, Spotify, Deezer, iTunes & Apple Music, dan platform lainnya, serta nikmati MVnya melalui Youtube.

Judul Lagu: De Yang Gatal Gatal Sa
Penulis: Aldo Bz

Penyanyi: Liany Panmuma
Rilis: 12 Februari 2020

Penyanyi: Aldo Bz ft. Deasy Agaki (Official Remix)
Rilis: 31 Oktober 2020
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
close