Skip to main content

Lagu Mingger Awas Pliket hooh iyo | Makna Lirik dan Terjemahan | Ora Masalah Kowe Ngenyek Aku

myavitalia.com –  Kreasi para seniman jawa khususnya dalam sini bernyayi sepertinya terus berkembang terus sampai kini, dari yang serius hingga lagu yang penuh canda tawa bahkan dari keduanya bercampur untuk menghibur para sobat ambyar dan pencinta lagu jawa modern lainnya.

Seperti lagu kali ini yang berjudul Mingger Awas Pliket yang sontak viral melalui Aplikasi tik tok karena banyak digunakan untuk video pendek mereka dalam berkreasi.

Lagu tersebut yang digunakan adalah versi yang diunggah oleh  kanal Youtube, lagu ‘Mingger Awas Pliket’ ini diunggah oleh DJ Pentol, 14 Oktober 2020.

Lagu ini sungguh kocak dengan lirik yang saling bersahutan dan diberikan sebuah video yang begitu kocak dan menarik. Bila kau melihat atau sudah melihatnya pasti akan tertawa ngakak-atau gregetan melihat ini.

Banyak orang mengapresiasi karya anak bangsa ini untuk mengeksplor lagu daerahnya, bahkan lagu daerah bisa untuk penghilang penat dan variasi dalam menikmati musik.

Untuk lagu ini sendiri memiliki versi aslinya yang dinyayikan oleh  Raja panci featuring Mala Agatha, yang musik video officialnya diunggah melalui channel Youtube Raja Panci Official pada 10 Oktober 2020 lalu dengan judul Mingger awas pliket !! Singgel Terbaru Raja panci feat Mala agatha - Wes tau gandeng jembot(Video)

Penasaran sama video dan arti liriknya... yuk kita simak sedikit cerita, lirik dan makna dari lagu Lagu Mingger Awas Pliket 

Makna dan Arti Lagu Mingger Awas Pliket - Raja Panci ft Mala Agatha

Lagu Mingger awas Pliket ini kental sekali dengan ungkapan ungkapan slengekan atau bahasa sleng jawa yang sering untuk bercanda versi umpatan, bahkan kadang bisa menjadi serius bila di terima dengan serius juga.

Bila kita melihat arti dalam terjemahan nampak jelas lagu ini merupakan sebuah lagu yang menceritakan sebuah olok-olokan antara sepasang kekasih ataupun mungkin sampai sudah menikah namun sekarang pisah, dan salah satu pihak tak terima dengan perlakuan yang terjadi, khususnya si pria yang merasa direndahkan oleh sang wanita karena sudah hidup lebih mapan.

Setelah berpisah mereka suatu ketika bertemu kembali dalam keadaan yang berbeda, sang cewek sudah tajir, sedangkan sang pria masih jadi orang gak punya.

Di saat itulah lagu saling umpat terjadi, sang laki-laki tak mau direndahkan, dan bertindak tinggi hati juga. Sedangkan Si wanita Merasa bangga telah menjadi lebih tajir, dan menghina si pria.

Sebenarnya keduanya sama-sama salah dan saling tinggi hati. Di situlah seni dari lagu ini yang membuat lagu ini semakin ngakan dan menarik.

Bahkan di lagu ini menyertakan kata-kata sehari-hari sebagai ungkapan kekesalan yang mereka rasakan.

Sang pria merasa masih unggul satu poin, plus merasa tinggi hati: walaupun sudah berpisah kini, ia telah merasakan kehidupan bersama dengan wanita itu, dan bahkan menikmati hubungan mereka yang lalu.
contoh ungkapannya nih yang mungkin sedikit berbahasa slengekan:
Dek, Kowe aja kemayu, Senajan wis sukses uripmu
Elek elek mbiyen aku wis tau, Gandeng jembot karo awakmu
Ora masalah kowe ngeyek aku,  Sik penting aku wis tau, wes tau jeru

Selain itu, rasa gengsi yang lucu dengan ketidakpunyaannya juga terungkap dalam lirik:
Ngomongo piro regamu, Tak dol ne bengkok bapakku (tak Colongke pitek tanggaku)

Mau membeli si gadis itu, tapi eh malah pakai tanah bukan miliknya "Bengkok", juga dengan mencuri ayam tetangga (pitek tangggaku).... lucu ya bikin ngakak...

Untuk sang wanita sendiri, merasa sudah derajatnya lebih tinggi dengan mencoba menginjak harga diri sang pria dengan ungkapan-ungkapan menghina yang slengekan juga seperti:
Mas kowe ojo ngaku-ngaku, ngoco'o sawangen dapurmu
Sopo sik sudi karo dangkringanmu, Duwe manuk kok ora kaku kaku
Reneo nyedako aku sayang, Rene tak keplak gundulmu

yah itulah mungkin, makna dan cerita dari lagu ini. Tapi yang jelas, lagu ini seperti dalam video musiknya sudah di jelaskan, bahwa lagu ini hanya untuk guyonan atau gurauan dan hibran saja.

Jadi nikmati aja lagu ini dengan santi bersama musiknya yang enak dan, musik videonya yang kocak ya...

selamat menikmati

Official Musik Video Lagu Mingger Awas Pliket


Terjemahan Lirik Lagu Mingger Awas Pliket

[Raja Panci]
Dek, Kowe aja kemayu
Senajan wis sukses uripmu
Elek elek biyen aku uwis tau
Kringeten bareng awakmu

Minggir awas pliket

Dik, kamu jangan sok cantik
Walaupun sudah sukses hidupmu
Jelek-jelek, dulu aku sudah pernah 
Hidup bersamamu

Minggir awas lengket

[Raja Panci + Mala Agatha]

Hooh iyo Hooh iyo Hooh iyo Hooh iyo Hooh iyo Hooh iyo  (15 x)

[Mala Agatha]
Mas kowe ojo ngaku-ngaku
ngoco'o sawangen dapurmu
tangio ojo miring turumu
ora sudi aku karo awakmu

Mas, kamu jangan mengaku-ngaku
bercerminlah lihaatlah dirimu
bangunlah jangan miring tidurmu
aku tak sudi bersama dirimu

[Raja Panci]
Ora masalah kowe ngenyek aku
Sing penting wis tau, wis tahu jeru
Ngomongo piro regamu
Tak dolke bengkok bapakku

Tidak masalah kamu menghina aku
yang penting aku sudah pernah dalam 
mintalah berapa hargamu
ku jualkan "tanah lurah" ayahku

[Mala Agatha]
Kowe urung ngerti kowe sapa aku
Aku ra cukup sing paling ayu
Minggato saka ngarepku
Timbang tak pancal raimu

Kamu belum mengerti kamu siapaku
aku tidak cukup yang paling cantik
pergilah dari hadapanku
daripada ku enyahkan mukamu

[Raja Panci]
Ora masalah kowe ngenyek aku
Sing penting aku wis tau, wis tahu jeru
Ngomongo piro regamu
Tak nyolong pitek tanggaku

Tidak masalah kamu menghina aku
yang penting aku sudah pernah dalam 
Mintalah berapa hargamu
ku curi ayam tetanggaku

[Mala Agatha]
Sopo sik sudi karo dangkringanmu
Duwe manuk kok ora kaku kaku
Reneo nyedako aku sayang
Rene tak keplak gundulmu
 
siapa yang sudi sama dirimu
punya burung tapi gak bisa keras keras
Kemarilah mendekatlah padaku sayang
sini ku pukul kepala gundulmu

[Raja Panci]
Dek kowe aja kemayu
Senajan wis sukses uripmu
Elek elek mbiyen aku wis tau
Gandeng jembot karo awakmu
Ora masalah kowe ngeyek aku
Sik penting aku wis tau, wes tau jeru
Ngomongo piro regamu
Tak dol ne bengkok bapakku

Dik kamu saja sok kecantikkan
walaupun sudah sukses hidupmu
jelek jelek aku sudah pernah
bercinta denganmu
tidak masalah kamu menghin aku
yang penting aku sudah pernah dalam
mintalah berapa hargamu
kujualkan tanah lurah bapakku

[Mala Agatha]
Kowe urung ngerti kowe sapa aku
Aku ra cukup sing paling ayu
Minggato saka ngarepku
Timbang tak pancal raimu

Kamu belum tahu kamu siapaku
Aku tak cukup hanya yang paling cantik
pergilah dari hadapanku
dari pada ku enyahkan mukamu

[Raja Panci]
Ora masalah kowe ngeyek aku
Sing penting aku wis tahu, wis tau jeru
Ngomongo piro regamu
Tak nyolong pitik tanggaku

tak masalah kamu menghina aku
yang penting aku sudah pernah dalam
mintalah berapa hargamu
biar ku curikan ayam tetanggaku

[Mala Agatha]
Kowe urung ngerti kowe sapa aku
Aku ra cukup sing paling ayu
Minggato saka ngarepku
Timbang tak pancal raimu

Kamu belum tahu kamu siapaku
Aku tak cukup hanya yang paling cantik
pergilah dari hadapanku
dari pada ku enyahkan mukamu

Ringkasan Lagu Mingger Awas Pliket 

Kamu bisa menikmati lagu ini secara online atau streaming melalui penyedia layanan musik online seperti JooxSpotifyDeezer, iTunes & Apple Music, dan platform lainnya, serta nikmati MVnya melalui Youtube.

Judul Lagu: Mingger Awas Pliket
Artis: Raja Panci ft Mala agatha
Penulis / Pencipta Lagu: put put wely dan tegar cs
Album: --
Rilis: 10 Oktober 2020
Label: DD Star Record
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
close
-->