Skip to main content

Lagu Hymne Pramuka - Dari Makna, Sejarah, Pencipta, Hinga Lirik dan Partitur Not Angka

myavitalia.com - Praja Muda Karana atau sering disingkat dengan PRAMUKA, merupakan sebutan  untuk para pemuda yang suka berkarya, dan Pramuka menjadi sebuah hal yang wajib menjadi bagian dari kegiatan yang ada di setiap sekolah di Indonesia.

Karena Pramuka adalah sebuah kegiatan dan organisasi para muda yang diharapkan bisa membentuk watak dan sifat yang baik bagi generasi bangsa, dan jiwa yang pancasilais. Hal ini menjadikan pramuka sebuah hal yang istimewa.


Untuk mengingatkan mereka akan hal itu, Pramuka pun punya sebuah Lagu Hymne yang sering dinyanyikan dalam kesempatan kegiatan pramuka, atau saat memperingati hari jadi pramuka setiap tanggal 14 Agustus.

Tahukan kamu mengenai sejarah dan asal lagu tersebut, berikut sekilas akan di angkat dan dibahas kembali secara singkat mengenai asal, pencipta, dan lagu itu sendiri.


Cerita, Makna, Sejarah dan Pencipta Lagu Hymne Pramuka

Lagu Hymne Pramuka merupakan sebuah karya lagu yang ditulis oleh seorang komponis terkenal Indonesia yang sudah legendaris, yaitu M. Husein Mutahaar

Ia sering memberikan buah pikiran dan karyanya dalam bentuk lagu anak-anak dan kategori lagu kebangsaan. 

Komponis kelahiran Semarang, Jawa Tengah, 5 Agustus 1916 dan melewati masa hidupnya hingga meninggal di Jakarta, 9 Juni 2004 ini telah banyak karyanya yang lain seperti  hymne Syukur (diperkenalkan Januari 1945), mars Hari Merdeka (1946). Dirgahayu Indonesia, Hari Merdeka, Hymne Siswa,  dan Terima Kasih Kepada Pahlawanku.

Beliau juga aktif di kegiatan Kepanduan independent yang nasionalis bahkan menjadi salah seorang tokoh utama Pandu Rakyat Indonesia.

Dan setelah semua kegiatan kepanduan berubah menjadi "Pramuka", ia pun meneruskan ketokohannya dalam pramuka, menjadi salah satu tokoh  didalamnya.

Selain aktif dalam kegiatan tersebut, Beliau juga turut serta dalam mendirikan dan bahkan menjadi pembina Paskibra. Paskibra atau Pasukan Pengibar bendera Pusaka ini biasanya terdiri dari gabungan para pelajar terpilih dari seluruh penjuru Indonesai dari sabang sampai merkauke.

Makna Lagu Hymne Pramuka

Untuk Lagunya sendiri, Hymne Pramuka ini diciptakan dengan lirik yang syarat makna dan sangat dalam.

Liriknya yang tidak terlalu panjang ini, memberikan pesan kepada para pramuka atau kita semua untuk menjadi generasi Indonesia yang mendalami Pancasila sebagai dasar dan pilar bagi menjalani kehidupan berbangsa di sebuah Negara yang beraneka ragam kekayaan dan perbedaan. Hal ini terungkap dalam liriknya yang menyebutkan Kami, Pramuka Indonesia, Manusia pancasila "

Lalu untuk penerapannya di sebutkan dalam lirik berikutnya.
"Satyaku kudarmakan, Darmaku kubaktikan"

Dalam pramuka memiliki sebuah panduan yang bisa menciptakan kareakter dan pribadi yang baik yaitu dengan mengamalkan Tri Satya dan Dasa Darma Pramuka.

berikut isinya:

Tri Satya
Demi kehormatanku aku berjanji akan bersungguh-sungguh:
1. Menjalankan kewajibanku terhadap Tuhan dan Negara Kesatuan Republik Indonesia dan mengamalkan pancasila.
2. Menolong sesama hidup dan ikut serta membangun masyarakat.
3. Menepati Dasa dharma.

dan di dalam Tri Satya tersebut terdapat 6 kewajiban untuk implementasinya pada siapa itu ditujukan yaitu, yaitu pada 1.Tuhan, 2.Negara Kesatuan Republik Indonesia, 3.Pancasila, 4.Sesama hidup, 5.Masyarakat, dan 6. Dasa Dharma

Dasa Dharma Pramuka
Dasa Dharma Pramuka, Pramuka itu:
1.Takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
2.Cinta alam dan kasih sayang sesama manusia.
3.Patriot yang sopan dan ksatria.
4.Patuh dan suka bermusyawarah.
5.Rela menolong dan tabah.
6.Rajin, terampil, dan gembira.
7.Hemat, cermat, dan bersahaja.
8.Disiplin, berani, dan setia.
9.Bertanggung jawab dan dapat dipercaya.
10.Suci dalam pikiran, perkataan dan perbuatan.

Jika hal itu dilakukan dengan benar, diharapkan bisa menciptakan karakter terbaik dari para anggota pramukanya, dan akhirnya, Indonesia semakin berjaya"
"Agar jaya Indonesia, Indonesia, Tanah airku, Kami jadi pandumu"

Lirik Lagu Hymne Pramuka Dan Partitur Not Angka 

Lirik Lagu Hymne Pramuka

Kami
Pramuka Indonesia
Manusia pancasila
Satya ku kudarmakan
Darma ku kubaktikan
Agar jaya Indonesia
Indonesia
Tanah airku
Kami jadi pandumu

Partitur Sederhana Notasi Angka Lagu Hymne pramuka.  

Lagu Hymne Pramuka dinyanyikan dalam tempo andante, dan dengan birama 4/4. Lagu tersebut memiliki nada yang pas jika dinyanyikan dengan menggunakan nada dasar pada Do = As. Namun, mengenai nada dasar bisa disesuaikan dengan jenis suara yang dimiliki.

Untuk lebih jelas menyanyikan lagu ini berdasarkan not yang sebenarnya, berikut ini disediakan Partitur sederhana menggunakan Nptasi Angka yang lebih familier di seluruh kalangan umum.




Contoh Video dan Musik Lagu Hymne Pramuka

Ringkasan Lagu Hymne Pramuka

Kamu bisa menikmati lagu ini secara online atau streaming melalui penyedia layanan musik online seperti JooxSpotifyDeezer, iTunes & Apple Music, dan platform lainnya, serta nikmati MVnya melalui Youtube.

Judul Lagu: Hymne Pramuka
Pencipta:  H. Mutahar
Nada Dasar yang sering digunakan : DO= As
Birama : 4/4
Tempo : Andante

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
close