Skip to main content

Lagu Lenggang Kangkung | Makna Lirik Not Angka serta Sejarah dari Asal Hingga Penciptanya.

 myavitalia.com – Lenggang Kangung merupakan sebuah lagu daerah di Indonesia yang biasanya telah di perkenalkan sejak usia Kelas 2 SD, dan juga menjadi sebuah materi khusus muatan lokal dan wajib di sekolah khususnya di Daerah Ibukota, pada PLBJ (Pendidikan Lingkungan dan Budaya Jakarta) Kelas 2.

Sebuah muatan lokal yang mengenalkan budaya daerah khususnya pada lagu-lagu yang dimiliki dengan mengerti makna yang terkandung di dalamnya, akan bisa membentengi generasi muda dari pengaruh negatif globalisasi.

Sejarah, Makna dan Arti Lagu Lenggang Kangkung

Lagu lenggang Kangkung yang berasal dari Betawi / Jakarta ini adalah sebuah lagu yang diciptakan oleh Lilis Suryani, seorang penyanyi yang lahir pada 22 Agustus 1948 yang lebih dikenal dengan lagu lainnya dalam lagu "Gang Kelinci"

Lagu tersebut sudah ada sejak lama, bahkan sejak masih pada masa penjajahan belanda, sebagai sebuah tujuan untuk menyindir salah satu sisi kehidupan sosial yang terjadi pada masa itu.

Inspirasinya lagu ini berasal dari sebuah pengalaman hidup yang terjadi seputar asrama (Asrama tentara), dan kehidupan cinta di dalamnya.

Makna Lagu

Jika melihat dari lirik yang di sampaikan dan melihat sekilas dari inspirasi lagu ini diciptakan, kita sedikit banyak dapat menarik sebuah makna:

Dari Judulnya sendiri "Lenggang Kangkung" yang dapat diartikan sebagai sebuah sikap "santai" bagaikan lenggang yang gemulai yang bergoyang mengikuti gelombang air yang menerpanya.

Sebuah sikap santai tidak sepenuhnya membuat orang itu akan merasakan ketenangan, malah sebaliknya kadang kala menimbulkan hal yang negatif karenanya.

Dalam urusan percintaan mungkin sikap seperti ini, ia akan bangga karena merasa memiliki seorang kekasih yang mungkin menjadi perhatian orang banyak karena sikap ramahnya.
"Lenggang lenggang kangkung, kangkung di kebon klapa
Nasib sungguh beruntung punya kekesih suka tertawa"

Di sisi lain jika terlalu santai tidak bisa menjaganya, mungkin suatu ketika karena keramahan yang dimiliki sang kekasih akan juga menarik perhatian orang lain dan kamu akan kehilangan dirinya karena hatinya berpaling pada orang lain.
"Lenggang lenggang kangkung, kangkung dari Semarang
Nasib tidak beruntung punya kekasih direbut orang"

Namun di balik dari makna sekilas yang terlihat dari lirik yang disajikan ternyata terdapat semua makna yang lebih dalam bisa kita petik.

Lagu ini disebut sebuah sindiran kehidupan sosial yang terjadi. Di mana di sana diceritakan tentang keretakan rumah tangga bisa saja terjadi karena prilaku orang yang menjalaninya.

Prilaku yang di maksud adalah "Sikap Lenggang Kangung" itu sendiri, sikap lenggang kangkung diartikan sebagai sikap yang santai dan cuek kurang care dan kurang perhatian dengan apa yang terjadi di sekitarnya apa lagi dengan pasangan hidupnya.

Sebuah sikap tidak mempedulikan komitmen atau aturan dan berbuat semaunya sendiri, dan sikap tak acuh, secara otomatis akan akan menimbulkan dampak negatif yang lebih pada kehidupan mereka, yaitu sebuah keretakan, pertengkaran, bahkan munkin sampai pada perpisahan.

Nilai Luhur

Dari makna dan pembelajaran lagu daerah yang ada tersebut, sebenarnya bukan hanya sebatas mengetahui lagu tersebut saja, namun kita diajak untuk bisa melestarikan lagu daerah tersebut sebagai sebuah budaya yang menjadi kebanggan kita, karena memiliki makna yang mendidik dengan tetap mempertahanan keunikan dan ciri khas keindahan musik dan nada yang dimilikinya, dan akhirnya bisa  membentengi generasi muda dari pengaruh negatif globalisasi, dan menjadikan generasi yang pantang menyerah dalam meraih mimpi dan menerapkan nilai-nilai kehidupan yang baik dalam kehidupannya.

Partitur Notasi Angka dan Lirik Lagu Lenggang Kangkung

Lagu Lenggang Kangkung memiliki sebuah pola bernyayi seperti sebuah pantun, dinyanyikan dengan nada dasar yang umumnya digunakan adalah Do=Es, namun bisa saja menggunakan nada dasar lain warna atau jenis suara yang dimiliki.

Tempo lagu yang disarankan jenis adalah Andante Moderato dengan kecepatan rata-rata dari 92-112 bpm, yang artinya sedang namun agak cepat.

Dan dari notasi yang bisa dilihat dengan ketukan-ketukan yang dipakai, lagu lenggang kangkung menggunakan Birama 4/4.

Untuk mempelajari lagunya sesuai notasi yang ada, bisa kamu simak dalam partitur sederhana Not Angka lagu LEnggang kangkung di bawah ini.

Sebagai salah satu contoh bernyayi sederhana, dapat kamu lihat pada video youtube dibawah ini:
 

Terjemahan Lirik Lagu Lenggang Kangkung

Lenggang lenggang kangkung, kangkung di kebon klapa
Lenggang lenggang kangkung, kangkung di kebon klapa
Nasib sungguh beruntung punya kekesih suka tertawa
Nasib sungguh beruntun pu-nya kekesih suka tertawa

Lenggang lenggang kangkung, kangkung dari Semarang
Lenggang lenggang kangkung, kangkung dari Semarang
Nasib tidak beruntung punya kekasih direbut orang
Nasib tidak beruntung punya kekasih direbut orang

Ringkasan Lagu Lenggang Kangkung

Kamu bisa menikmati lagu ini secara online atau streaming melalui penyedia layanan musik online seperti JooxSpotifyDeezer, iTunes & Apple Music, dan platform lainnya, serta nikmati MVnya melalui Youtube.

Judul Lagu: Lenggang Kangkung
Asal Lagu: Jakarta
Pencipta:  Lilis Suryani
Nada Dasar yang sering digunakan : DO= Es
Birama : 4/4
Tempo : Sedang / Andante  Moderato
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
close