Skip to main content

Lagu Wake Me Up When September Ends - Green Day | Makna Lirik dan Terjemahan | Kisah Pilu di balik Bulan September

myavitalia.com – Sebuah waktu bisa mengingatkan akan peristiwa yang terjadi saat itu. Seperti diawal september ini, mungkin ada lagu yang mengingatkan akan bulan september akan peristiwa yang terjadi dalam kehidupan kita.

Seperti Lagu yang dibawakan oleh Green Day dengan judulnya "Wake Me Up When September End" yang mengingatkan akan peristwa yang terjadi dalam bulan september dalam kehidupannya.


Bertepatan saat ini adalah bulan september, makanya lagu tersebut saat ini sepertinya hits lagi yang banyak mengingatkan orang-orang pada bulan september ini.

Mungkin di negeri kita ini banyak kejadian yang mengingatkan kita pada bulan september yang memilukan seperti G30SPKI, Kasus Munir, Semanggi, Tanjung Priok dan beberapa peristiwa lain diluar negeri seperti tragedi 11 September di Amerika Serikat, yang mungkin serinag disamakan dengan cerita sedih pada lagu Wake Me Up When September End yang memiliki cerita sedih di dalamnya.

Lagu Wake Me Up When September End sendiri sebenarnya sudah lama rilis yaitu sejak 13 Juni 2005 silam yang tergabung dalam Album "American Idiot" sebagai album studio ketujuh dari band Green Day di bawah label Reprise Records dan diproduseri oleh Rob Cavallo.

Group Band Green day sendiri adalah Group band punk rock asal Amerika yang dibentuk pada tahun 1987 di Berkeley, California yang terdiri dari trio Billie Joe Armstrong, Mike Dirnt, dan Tre Cool.

Pada masanya, setelah perilisannya sempat menduduki peringta dalam tangga lagu diberbagai negara. Diataranya mencapai peringkat ke 6 di Amerika Serikat Billboad Hot 100, Peringkat ke 8 dibelanda dan inggris, dan peringkat 13 di Autralia.

Makna dan Arti Lagu Wake Me Up When September Ends

Kemunculan lagu ini saat ini, nampaknya bukan karena lagu yang baru rilis melainkan karena makna yang menggugah hati dan perasaan dalam lagu tersebut.

Banyak orang hanya merasakan lagu ini sebagai pengingat akan peristiwa di bulan september, khususnya untuk peristiwa-peristiwa yang sedih.

Namun sebenarnya lagu ini memiliki sebuah latar belakang bisa terciptanya lagu ini.

Menurut sang penyanyi lagu ini adalah sebuah memorial dari sebuah pengalaman akan kesedihan pada peristiwa meninggalnya sang ayah karena menderita penyakit kanker pada 10 September 1982 ketika Billie Joe Armstrong berusia 10 tahun.

Pada pemakaman ayahnya billie begitu sedih, menangis dan berlari pulang dan mengunci diri dirumahnya.

Sampai akhirnya sang ibu menghampirinya, dan billi hanya bisa berkata "Wake Me When September Ends". Maka dari kata itulah lagu ini tercipta.

Di Amerika sendiri lagu ini seringkali digunakan untuk mengenang peristiwa tragedi 11 September 2001, sebuah bom bunuh diri yang mengancurkan 2 gedung kembar (WTC) oleh para teroris.

Sebagai sebuah lagu, karya seni yang bisa dinikmati oleh seluruh kalangan, bisanya lagu tersebut terpaku secara jelas akan latar belakang dibalik cerita lagu tersebut, melainkan biasanya akan disamarkan dengan artian atau permaknaan yang bisa secara lebih luas bagi setiap orang yang menengarkannya.

Biasanya dalam hal ini, sering diarahkan pada ajakan permaknaan sebuah cinta sepasang kekasih.

Dan untuk menyamarkan kisah asli yang menginspirasi dari lagu ini, lagu "When September Ends" lebih memvisualisasikan dengan  kisah percintaan dan pengorbanan sepasang kekasih akan cerita cinta mereka yang harus berpisah karena sebuah konsekuensi dari wajib militer yang mungkin bisa merenggut nyawa, dan Keputusan untuk berpisah adalah untuk melindungi kesedihan bila suatu ketika ia mati di medan pertempuran.

Dalam Musik Videonya yang disajikan, nampak berbeda sekali dengan peristiwa yang mengilhami lagu ini tercipta.

Dalam Video musiknya mengkisahkan, dengan cerita awal sepasang kekasih yang diperankan oleh Jamie Bell dan Evan Rachel Wood yang berjanji setia tidak akan berpisah selamanya

Namun karena keadaan, sang cowok harus menjalani wajib militer Amerika di Korp Marinir dan dikirim ke irak dengan taruhan nyawa.

Karena ia ingin sang pacarnya tetap baik-baik saja, dengan sangat sedih ia akhirnya mematahkan sumpah pertama yang ia ucapkan untuk tidak meninggalkannya, bahkan pertengkaran pun sempat terjadi denganseuna kesedihan yang dirasakan.

Ia membayangkan bagia mana jika ia mungkin mati dalam pertempuran, dan ia bermaksud tak ingin melihat kekasihnya menyaksikan kejadian tersebut.

Dalam adengan berikutnya, dinampakkan bahwa ia tertangkap oleh gerilyakan tentara irak. Dari video itu, diselingi oleh adegan sang pacar sambil menangis berkabung dalam bidang tenang.

Dan diakhir cerita, menekankan rasa sakit dan sakit hati yang dialami karena kehilangan orang yang dicintai sebagai akibat perang.

Dari itu pula, ternyata terselip pula sebuah kritikan akan sebuah wajib militer diamerika, yang bisa saja merenggut nyawa orang yang tak bersalah karana programnya yang memaksa itu.
"The innocent can never last", 
"orang yang tidak bersalah tidak akan pernah bisa bertahan".

Bahkan wajib militer itu terjadi turun menurun yang memastikan warga sipil harus mengangkat senjata, yang meungkin bisa mematikan.
Like my father's come to pass. Twenty years has gone so fast" 
"Seperti ayahku datang. Dua puluh tahun telah berlalu begitu cepat."

Nak itulah makna dibalik cerita inspiratif terciptanya lagu ini yang dikolaborasikan dengan gambaran Video musik yang disajikan dari lagu ini.

Mangkin dari itu semua, lagu ini bisa saja terbuka memiliki arti tersendiri bagi kamu yang menyanyikannya, mungkin saja sebagai sebuah kenangan lain yang terjadi pada bulan september ini...

Official Musik Video Lagu Wake Me Up When September Ends

Terjemahan Lirik Lagu Wake Me Up When September Ends

Summer has come and passed
The innocent can never last
Wake me up when September ends
Musim panas telah datang dan berlalu
Orang yang tidak bersalah tidak akan pernah bisa bertahan
Bangunkan aku ketika bulan September berakhir

Like my fathers come to pass
Seven years has gone so fast
Wake me up when September ends
Seperti ayahku yang terjadi
Tujuh tahun telah berlalu begitu cepat
Bangunkan aku ketika bulan September berakhir

Here comes the rain again
Falling from the stars
Drenched in my pain again
Becoming who we are
Hujan datang lagi
Jatuh dari bintang
Membasahi rasa sakitku lagi
Menjadi diri kita sendiri

As my memory rests
But never forgets what I lost
Wake me up when September ends
Saat ingatanku beristirahat
Tapi tidak pernah melupakan apa yang hilang
Bangunkan aku ketika bulan September berakhir

Summer has come and passed
The innocent can never last
Wake me up when September ends
Musim panas telah datang dan berlalu
Orang yang tidak bersalah tidak akan pernah bisa bertahan
Bangunkan aku ketika bulan September berakhir

Ring out the bells again
Like we did when spring began
Wake me up when September ends
Bunyikan loncengnya lagi
Seperti yang kami lakukan saat musim semi dimulai
Bangunkan aku ketika bulan September berakhir

Here comes the rain again
Falling from the stars
Drenched in my pain again
Becoming who we are
Hujan datang lagi
Jatuh dari bintang
Membasahi rasa sakitku lagi
Menjadi diri kita sendiri

As my memory rests
But never forgets…
Saat ingatanku beristirahat
Tapi tidak pernah lupa…

Ringkasan Lagu Wake Me Up When September Ends

Kamu bisa menikmati lagu ini secara online atau streaming melalui penyedia layanan musik online seperti JooxSpotifyDeezer, iTunes & Apple Music, dan platform lainnya, serta nikmati MVnya melalui Youtube.

Judul Lagu: Wake Me Up When September Ends
Artis: Green Day.
Rilis: 13 June 2005
Label: Reprise Records
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
close