Skip to main content

Lagu Oh My Darling Clementine | Makna Lirik dan Terjemahan | Ada 3 Nilai Hidup Di dalamnya

myavitalia.com - 'sedang apa, sedang a, sedang apa sekarang... sekarang sedang apa sedang apa sekarang..... bla...bla... bla,', mungkin lagu tersebut sudah akrab ditelinga orang-orang Indonesia sampai saat ini yang menjadi sebuah lagu anak Indonesia. Tapi, taukah kamu sebenarnya lagu yang memiliki nada dan irama seperti ini sudah ada sejak lama dari sebuah lagu tradisional Amerika Serikat.

Lagu tersebut memiliki judul "Oh My Darling Clementine". Sudah menjadi informasi umum bahwa lagu tersebut diciptakan oleh Percy Montrose pada tahun 1884, tapi ada juga orang-orang yang mengatakan itu adalah ciptaan dari Barker Bradfor.



Selain menjadi lagu tradisional Amerika, Lagu Oh My Darling Clementine, pada tahun 1946 juga dijadikan sebuah inspirasi untuk sebuah film dengan judul yang sama pula "My Darling Clementin"yang disutradarai oleh John Ford dan dibintangi Henry Fonda. Lagu tersebut menjadi sountrack pada pembukaan dan penutupan kredit pada Film yang pernah diakui sebagai  salah satu film Barat terbaik yang pernah dibuat.

Dalam perkembangannya, Lagu Oh My Darling Clementine yang awalnya adalah sebuah musik bergenre folk, dikemudian hari lagu tersebut mendapat sentuhan-sentuhan lain menjadi versi yang beragam, baik dari genre bahkan lirik pun diubah dengan artian berbeda dalam berbagai bahasa namun dengan nada yang serupa.

Perubahan dan perkembangan dari nada maupun lirik yang berkembang, nampak dalam beberapa hal seperti melodi yang sama unutk digunakan dalam lagu tahun baru cina "Xīnnián Hǎo",  dan melodi pada "Dip The Apple In The Honey", lagu tahun baru Yahudi, serta msaih bnayk lai, termasuk diantaranya di Indonesia melodi dan irama digunakan sebagai lagu ceria permaian anak-anak tradisional"Sedang Apa sedang apa sekarang Sekarang".

Melihat dari melodi dan nada yang dipakai sepertinya memberikan suasana gembira bagi para pendengarnya, Namun tidak seperti yang dibayangkan, lagu Oh My darling Clementin ini, memiliki sebagain makna yang terbalik dari sebuah melodi menyenangkan yang terdengar.

Berikut cerita dan makna yang ada pada lagu asli Oh My Darling Clementine.

Makna Lagu Oh My Darling Clementine

Siapa Clementin?
Clementine adalah nama seorang anak dari seorang penambang (a miner) dari California Gold Rush yang dijuluki forty-niner (49er)

Dan terlihat dari lirik yang dinyanyikan,sepertinya Anaknya tersebut 'Clementine" harus meninggal dunia karena sebuah insiden kecelakaan kecil, tersandung dan tenggelam disaat menggembalakan bebek ternaknya, karena ia tidak bisa berenang, dan tidak ada seorangpun untuk menolong

Dari lagu yang terlihat gembira tersebut, ternyata jika ditilik memiliki sebagian makna kebalikan dari nadanya yang riang. Lagu ini menceritakan awal yang menyenangkan, dan di tengah lagu nampak sebuah ungkapan kesedihan sang ayah karena kehilangan anaknya pada peristiwa kecelakan tenggelam dan meninggalnya anaknya itu.

Namun kabar baiknya dari lagu ini, pada lirik akhir memberikan sebuah lirik peneguhan, sang ayah tidak menunjukkan kesedihan yang berlarut-larut, karena ia bisa mengiklaskan kepergian Clementine. Keikhlasan itu bisa menjadi nyata saat sang ayah berada bersama adik dari clementine untuk menyayanginya seperti pada clementine yang ia sayangi waktu itu. Kerinduan terobati dan keikhlasan pun bisa mengalir.

Jadi yang dapat kita petik dari lagu ini adalah jika kita mengalami keterpurukan, kehilangan orang yang kita sayang, kita tidak boleh bersedih selamanya, kita harus bangkit, iklaskan hal tersebut sebagai sesuatu pembelajaran. Dan akhirnya sinarkan dan salurkan cinta yang pernah kita berikan pada orang telah diiklaskan kepergiannya tersebut, pada orang yang lebih membutuhkan kita saat ini. "jangan selalu terpuruk akan masa lalu"

Dari semuanya itu ada tiga hal yang harus diingat, (1) Jalani hidup dengan gembira,  (2) Suatu saat pasti ada saat dimana kita jatuh dan terpuruk (boleh bersedih), (3) namun harus berani bangkit lagi, dan dapatkan kebahagian itu kembali.

Untuk mencermati satu persatu rangkaian cerita dari lagu Clementine ini, mari kita nikmati Mv yang diambil dari salah satu channel youtube Muffin Songs dan juga Lirik dan terjemahannya dibawah ini.

MV Youtube Lagu Oh My Darling Clementine

Terjemahan Lirik Lagu Oh My Darling Clementine

[Verse 1]
In a cavern, in a canyon
Di sebuah gua di atas tebing
Excavating for a mine
Menggali demi tambang
Dwelt a miner forty-niner
Tinggal lah seorang penambang yang dijuluki 49er
And his daughter, Clementine
Dan putrinya yang bernama Clementine

[Chorus]
Oh my darling, oh my darling
Oh sayangku, Oh sayangku
Oh my darling, Clementine
Oh sayangku Clementine
Thou art lost and gone forever
Engkau hilang dan pergi selamanya
Dreadful sorry, Clementine
Maaf, Clementine

[Verse 2]
Light she was and like a fairy
Begitu lincahnya dia seperti peri
And her shoes were number nine
Dan sepatunya bernomor sembilan
Herring boxes, without topses
Menjadikan kotak ikan tanpa penutupnya
Sandals were for Clementine
Sebagai sandal untuk Clementine

[Back to Chorus]

[Verse 3]
Drove she ducklings to the water
Mengembalai bebek-bebeknya ke air
Every morning just at nine
Di setiap jam sembilan pagi
Hit her foot against a splinter
Suatu saat kakinya tersandung batu
Fell into the foaming brine
Lalu terjatuh ke dalam sungai

[Back to Chorus]

[Verse 4]
Ruby lips above the water
Bibirnya yang merah terlihat di atas air
Blowing bubbles soft and fine
Mengeluarkan gelembung perlahan
But alas, I was no swimmer
Tapi sayangnya aku bukanlah perenang
So I lost my Clementine
Hingga aku kehilangan Clementine

[Back to Chorus]

[Verse 5]
How I missed her, how I missed her
Betapa aku rindu padanya, betapa aku rindu padanya 
How I missed my Clementine
Betapa aku rindu pada Clementine
But I kissed her little sister
Tapi saat aku mencium adik kecilnya
I forgot my Clementine
Membuatku mengikhlaskan kepergian Clementine

[Ending to Chorus]

Ringkasan Lagu Oh My Darling Clementine

Kamu bisa segera menikmati lagu ini secara online atau streaming melalui penyedia layanan musik online seperti JooxSpotifyDeezer, iTunes & Apple Music, dan platform lainnya, serta nikmati MVnya melalui Youtube.

Judul Lagu: Oh My Darling Clementine
Pencipta Lagu : Percy Montrose
Rilis: 1884
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
close