Skip to main content

Lagu Bajing Luncat | Sejarah, Makna Lirik dan Terjemahan serta Not Angka | Sesal Dan Kecewa Ditinggal Nikah Duluan.

myavitalia.com - Lagu Bajing luncat, untuk kalian yang ada di daerah jawa barat tentunya tidak asing lagi dengan lagu ini, atau mungkin bagi kalian yang dari daerah lain, bisa menyimak lagu tersebut dari media internet, youtube, atau pun media lainnya tentang lagu ini.

Lagu tersebut sudah banyak dinyayikan ulang oleh penyanyi-penyayi berbakat dari daerah sunda maupun penyanyi nasional dari daerah lain dengan berbagai versi baik ciri khas suara dan musiknya yang bervariasi.

Lagu yang dibawakan dengan bahasa sunda ini menjadi sebuah kekayaan tersendiri bagi seni budaya yang ada di Indonesia khususnya untuk karya kesenian di Jawa Barat.

Dengan lirik lagu yang ditulis dan disusun hanya beberapa bait saja disertai musik yang biasanya terdengar ringan, membuat lagu ini nampaknya mudah untuk dihafal. Apa lagi jika sambil mendalami makna yang ada di dalamnya, mungkin akan membuat kamu merasakan kedalaman makna dan keindahan lagu tersebut


Cerita Sejarah dan Makna dari Lagu Bajing Luncat

Lagu Bajing Luncat ini merupakan lagu Pop sunda yang berasal dari daerah Jawa barat.

Lagu yang diciptakan oleh Kosaman Djaja sebagai komposer spesialis lagu sunda ini, nampaknya sudah lama ada.

Namun setelah mencari diberbagai sumber, nampaknya lagu ini belum diketahui secara jelas kapan diciptakannya.

Namun Lagu Bajing Luncat (Badjing Luntjat) ini sendiri pernah dipopulerkan pertama kali sekitar tahun 1950-an oleh penyanyi dan sinden dari sunda kelahiran Sadang, Purwakarta, 16 April 1928 dengan nama asli Suryamah yang memiliki nama panggungnya Upit Sarimanah yang dikenal dengan julukan "Si Bunga Cempaka".

Untuk selanjutnya, lagu ini menjadi sebuah lagu yang bisa diterima di masyarakat sunda bahkan sampai sampai saat ini menjadi salah satu lagu Pop Sunda Nostalgia yang sering dinyanyikan masyarakat sunda.

Makna Dan Arti Lagu Bajing Luncat

Bajing Luncat yang digunakan sebagai judul lagu ini, bila diartikan dalam bahasa indonesia berarti "Tupai loncat". Lagu tersebut memiliki nuansa "Broken heart"

Lagu Bajing Luncat jika dilihat dari lirik dan artian yang didapat memiliki sebuah makna ungkapan kesedihan dan penyesalan terhadap sebuah keputusan yang kurang tepat dimasa lampau.

Lagu tersebut masih bernuansa percintaan yang menceritakan tentang kekecewaan dan penyesalan seseorang pria kepada wanita pujaannya, ketika kekasih pujaannya dalam waktu dekat akan bersanding dengan pria lain, padahal sebelumnya kekasihnya tersebut telah berjanji setia dengannya.

Penyesalan tersebut nampak pada dari keputusan yang dirasa salah/ terlambat waktu dahulu. Mengapa ia tidak mempersuntingnya saat itu.

Kekecewaan juga nampak karena kekasih pujaannya tak mau menunggunya, malah akhirnya memilih untuk bersanding dengan yang lain dalam waktu dekat.

Dan untuk kata bajing luncat sendiri dijadikan sebagai judul, mungkin bukan tanpa alasan.

Bajing Luncat = Tupai yang meloncat. Kata loncat-nya inilah sepertinya yang diambil untuk menggambarkan perpindahan hati yang tak disangka dari kekasihnya kepada orang lain yang membuat terkejut kecewa.

Bajing luncat sendiri, seperti kita kenal, juga digunakan untuk menggambarkan pencurian barang yang dilakukan ditengah jalan disaat mobil masih melaju. Dan hal ini juga nampaknya bisa untuk menggambarkan juga kekagetan terhadap pencurian hati yang tak disangka-sangka disaat perjalan cinta masih dirajut.

itulah sekiranya makna dan cerita yang ada dalam lagu bajing luncat ini.

mungkin dari kamu ada analisa dan pemikiran lain?

Lirik dan Terjemahan Lagu Bajing Luncat

Bajing luncat, bajing luncat ka astana
Tupai  loncat, tupai  loncat ke pemakaman
Abdi lepat narosan teu ti anggalna
Aku lupa bertanya tidak dari awalnya
Bajing luncat, bajing luncat ka astana
Tupai  loncat, tupai loncat ke pemakaman
Abdi lepat narosan teu ti anggalna
Aku lupa bertanya tidak dari awalnya

Ku teu sangka salira bet luas pisan
Tak disangka kau begitu tega
Teu hawatos ka nu kersa ngantos-ngantos
Tidak kasihan kepada yang sudi menanti-nanti
Api-api teu emut ka na pasini
Pura- pura tak ingat akan janji
Pasini pakait ati duh pakait ati
Janji berkait hati aduh berkait hati

Tadi na mah sugan teh dulang tinande
Aku kira kau kan slalu menunggu
Nu dipiceun cenah ge majar katimu
Yang dibuang katanya ditemukan
Teu terang mah tos caket  rek direndengkeun
Tak tahunya sudah dekat akan disandingkan
Moal lipur ku sataun ieuh nambaan nana
Tak akan sembuh setahun mengobatinya.



Partitur Not Angka Lagu Bajing Luncat

Berikut partitur not angka dari lagu Bajing luncat. Lagu ini baik dibawakan dengan tempo moderato sekitar 100 bpm. Adapun nada dasar yang digunakan masih pada nada dasar DO=C, dan untuk keperluan suara tertentu bisa dinaikkan atau di turunkan sesuai jenis suara yang dipunyai.

Ringkasan Lagu Bajing Luncat

Judul : Bajing Luncat
Pencipta : Kosaman Djaja
Asal Daerah : Jawa Barat / Sunda
Birama: 4/4
Tempo: Moderato (98-112 bpm)
Nada Dasar: DO=C
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
close