Skip to main content

Lagu "Dalan Liyane" | Pencipta, Makna Terjemahan Lirik | Sebuah Inpirasi dari Trans Semarang dan Laundry

myavitalia.com - Orang berbeda suku bahasa bisa saja tertarik pada salah satu lagu daerah lain karena lagu itu trending yang mungkin juga katanya karena dibarengi dengan nada dan musiknya yang enak, dan arti mendalam dalam lagu itu.

Mungkin hal tersebut berlaku untuk lagu jawa dengan Judul "Dalan Liyane". Lagu tersebut saat ini menjadi salah satu yang digemari oleh kalangan milenial jawa bahkan mungkin bagi yang diluar jawa juga bisa menikmatinya.

Lagu ini masih tranding sampai saat ini, bahkan banyak yang mengcovernya, dan malah saat ini lagu ini lebih populer dengan versi cover nya, seperti yang dinyayikan oleh Happy Asmara dan Nella Karisma. Mungkin juga cover-cover lain akan menyusul trandingnya seperti cover dari Via Vallen, Woro Widowati, Tri Suaka, nabila atau yang lainnya.

Untuk versi aslinya, lagu ini dinyayikan oleh penulis / Pencipta nya sendiri yaitu  Hendra Kumbara. 

Saat sampai ditulis artikel ini, untuk Music Video garapan Hendra Kumbara di dalam chanel Syalala Production sendiri telah mencapai hingga 16 juta viewer, dari awal perdana ditayangkan pada 29 November 2019 lalu.

Siapa Hendra Kumbara?
Hendra Kumbara yang mungkin dikenal dari launya "Dalan Liyane" ini, merupakan owner Syalala Production yang memproduksi lagu ini.

Hendra kumbara adalah seorang Pria kelahiran Pati, 12 Agustus 1989 yang memang sejak kecil menyukai dunia musik dan tarik suara.

Untuk mengembangkan bakatnya tersebut, Hendra kumbara menjalani pendidikan khusus Jurusan Seni Drama Tari Musik (Sendratasik) pada 2007 di Universitas Negeri Semarang (UNNES).

Dan lebih intens lagi bakatnya ini dikembangkan setelah lulus kuliah pada tahun 2013 lalu, dengan menekuni peran sebagai  singer, gitaris, manajer, produser, musik editor, arranger, dan masih banyak lagi,

Lagu Dalan Liyane yang saat ini lagi menarik minat para milenial merupakan satu dari 7 singel yang dibuatnya.

Cerita dan Makna dari Lagu "Dalan Liyane" - Hendra Kumbara

Lagu Dalan Liyane merupakan sebuah lagu yang terbentuk karena sebuah challange bulan November 2019 lalu dari Ade Bhakti sebagai Kepala Badan Layanan Umum (BLU) Bus Rapid Transit (BRT) Trans Semarang saat itu, untuk membuat pengantar pembukaan koridor baru Trans Semarang yang bisa dinikmati semua kalangan namun tetap AMBYAR.

Setelah tantangan itu diterima, inspirasi pun datang. Keesokan paginya, waktu Hendra Kumbara ambil cucian pakainnya, langsung muncul inspirasinya.

Jadi lagu ini adalah buah dari Challange Trans Semarang dan Laundry. Dan wajar saja kalau Music Videonya pun dengan cerita yang berlokasi di Trans Semarang, walaupun Hendra kumbara hanya sekedar sebagai sebagai cameo dalam video tersebut.

Berbeda dengan inspirasi latar belakang lagu ini terbentuk, ternyata lagu ini memiliki makna tersendiri yangmemang mambuat hati terasa ambyar.

Dalam lagu ini jika kita pahami lirik demi lirik, dapat terlihat sebuah cerita kepiluan hati karena di saat kita masih sangat menyayangi sang pujaan hati kita, di saat itu pula pujaan hati kita itu meninggalkan kita.

Hati pasti terasa menjerit dan meronta-ronta, karena bagaimana tidak pastilah dari perjalanan yang telah dilalui terdapat sebuah kenangan indah dilewati bersama. Dan hal tersebut akan sangat menjadi kenangan yang membekas di hati bahkan sampai ubun-ubun.

Namun akhirnya, dari semua yang telah terjadi, kunci terakhir yang harus dilalui untuk tetap bisa menjalani hidup dengan tenang adalah Keikhlasan.



Arti Terjemahan Lirik Lagu "Dalan Liyane"

Sopo sing kuat nandhang kahanan
Siapa yang kuat menjalani keadaan
Sopo seng ora kroso kelangan
Siapa yang tidak merasa kehilangan
Ditinggal pas sayang sayange
Ditinggal ketika lagi sayang sayangnya
Pas lagi jeru jerune
Ketika sedang dalam-dalamnya
Koe milih dalan liyane
Kamu memilih jalan lainnya

Sopo sing kuat ditinggal lungo
Siapa yang kuat ditinggal pergi
Sopo sing atine ora loro
Siapa yang hatinya tidak luka
Kenangan sing wis tak lakoni
Kenangan yang saya lalui
Tak simpen ning njero ati
Ku simpan di dalam hati
Dewe wes ra dadi siji
Kita sudah tidak menjadi satu

Yowes ben tak lakoni nganti sak kuat-kuate ati
Ya sudah ku jalani sampai se kuat kuatnya hati
Pesenku mung siji, sing ngati-ati
Pesanku hanya satu, yang hati-hati
Isoku mung mendhem esuk tekan sonten
Bisaku hanya memendam rasa pagi sampai malam
Mergo sadar diri, kulo dudu sinten sinten
Karena sadar diri, aku bukan siapa siapa

Yowes ben mung tak pendem roso sing ono ing njero dodo
Ya sudah biar hanya ku pendam rasa yang ada di dalam dada
Tetep tak dongakno mugo urip mulyo
Tetap ku doakan semoga hidup mulia
Isoku mung nyuwun mugo ora getun
Bisaku cuma minta semoga tidak heran (menyesali)
Cekap semanten maturnuwun
Cukup sekian terima kasih

Ringkasan Lagu " Dalan Liyane"

Kamu bisa mendengarkan lagu jawa  ini " Dalan Liyane" di aplikasi streaming Spotify dan tonton MVnya di kanal Youtube " SYALALA PRODUCTION "

Penyanyi : Hendra Kumbara
Penulis/ Pencipta lagu : Hendra Kumbara
Produser:  Ade Bhakti
Recording : Syalala Production
Publisher : Mooza Record
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
close