--> Skip to main content

Lagu 'Tanah Airku' - Ibu Soed: Dari Sejarah Pencipta, Lirik, Notasi dan Makna yang terkandung di dalamnya

myavitalia.com - "Tanah airku tidak kulupakan, kan terkenang selama hidupku....." seperti itulah sepenggal lirik dari lagu "Tanah Airku"... Itulah sebuah lagu yang begitu merdu untuk didengarkan, sebuah lagu yang memberikan inspirasi dan rasa hati kecintaan terhadap tanah air, tanah kampung halaman Indonesia yang begitu indah dan menawan. Sebuah Keindahan Nusantara dari sabang sampai merauke.

Lagu Tanah Airku - Ibu Sud merupakan sebuah lagu wajib nasional yang diciptakan sebelum jaman kemerdekaan yaitu dijaman penjajahan belanda pada tahun 1927.

Pencipta Lagu "Tanah Airku" Ibu Soed / Sud

Ibu sud atau Ibu Soed dengan nama lengkapnya Saridjah Niung Bintang Soedibjo sebagai pencipta dari lagu "Tanah Airku" yang enak untuk didengar ini adalah seorang patriotik keturunan jawa ningrat yang lahir di Sukabumi pada 26 Maret 1908 dan wafat tahun 1993 pada usia 85 tahun.

Ibu sud adalah putri bungsu dari 12 bersaudara dan merupakan anak dari seorang pelaut asal Bugis yang menetap lama di Sukabumi yaitu Mohamad Niumng, kemudian menjadi pengawal Prof. Dr. Mr. J.F. Kramer (yang kemudian menjadi ayah angkat ibu sud)

Ibu Sud telah menciptakan banyak lagu baik lagu Wajib Nasional Indonesia sekitar 200 lagu diantaranya adalah lagu ini "Tanah Airku" ini, beliau juga adalah pencipta banyak lagu anak-anak Indonesia abadi pula seperti si kancil, lihat kebunku, Bangun Tidur, Tik-tik Bunyi Hujan dan masih banyak lagi.

Ibu Soed merupakan seorang Tokoh musik tiga zaman yaitu Zaman Belanda, Zaman Jepang dan Zaman Kemerdekaan Indonesia.

Ibu sud bisa aktif dalam menciptakan lagu nasional ini tentunya karena sebuah riwayat bahwa beliau adalah seorang yang aktif dalam pergerakan nasional dan jug amemiliki latar talenta dan pendidikannya dalam sebuah seni musik khususnya seni bermain biola yang diturunkan dari ayah angkatnya (Prof. Dr. Mr. J.F. Kramer)

Ibu Sud memulai karyanya dibidang musik dimulai jauh sebelum masa kemerdekaan. Untuk Karyanya pertama kali disiarkan pada jaman itu adalah melalui Radio NIROM  Jakarta, periode 1927-1928.

Pada waktu selanjutnya, lagu Tanah Airku dinyayikan pertama kali dengan versi berbe dan yang terkenal sampai saat ini adalah dengan versi dari Rita Effendi Seorang penyanyi Pop Indonesia kelahiran Rita Kurniawati Effendy kelahiran Bandung, 26 April 1969.

Makna Lagu " Tanah Airku" - Ibu Sud

Melihat latar belakang waktu penciptaan lagu ini yaitu jauh sebelum masa kemerdekaan indonesia, dan sebuah inspirasi yang didapat dari orang-orang atau para pahlawan saat itu yang pernah menimba ilmu di negeri seberang yaitu negeri belanda dan jerman yang jauh dari Indonesia, tentunya membawa lagu ini memberikan makna yang sangat berharga bagi pencipta lagu ini dan pengungkapan rasa cintanya terhadap negeri ini walaupun sedang merantau kenegeri orang.

Melihat dari lirik ke lirik lagu ini memiliki makna secara pribadi, juga dapat mengarahkan kita untuk:

  • Selalu cinta terhadap tanah air ini
  • Jangan lupa akan bangsa yang penuh keragaman perbedaan ini, memiliki begitu kekayaan alam, dan keramahan orang-orang di dalamnya (perbedaan yang menyetukan)
  • Tanamkan di hati walaupun kamu semua sedang pergi ke luar negeri baik sedang belajar dan mencari nafkah di negara lain, tetap cintalah pada Indonesia karena itu adalah kampung halamanmu.
  • Sekaya dan sehebatnya negara lain, akan lebih nyaman di negeri sendiri.

Lirik Lengkap "Tanah Airku"- Ibu Sud

Lirik lagu Tanah Airku yang diciptakan ibu Sud ini memiliki 2 bait, dengan syair-sair begitu menanamkan rasa kecintaan terhadap negri.

Berikut Lirik langkap dari lagu "Tanah Airku"
Bait 1:
Tanah airku tidak kulupakan
‘kan terkenang selama hidupku
Biarpun saya pergi jauh
Tidak ‘kan hilang dari kalbu
Tanahku yang kucintai
Engkau kuhargai

Bait 2:
Walaupun banyak negeri kujalani
yang mahsyur permai dikata orang
Tetapi kampung dan rumahku
Di sanalah ku merasa senang
Tanahku tak kulupakan
Engkau kubanggakan

Notasi Angka "Tanah Airku" - Ibu Soed

Lagu Tanah Airku memiliki not terendah adalah 3 (sedang)  dan teringgi adalah 4 (tinggi), jadi lagu ini akan nampak baik jika dinyayikan dalam nada dasar Do=Bes, namun nada dasar adalah sebuah hal fleksibel jadi dapat disesuaikan dengan jenis suara anda.

Lagu ini juga memiliki birama atau ketukan 4 / 4 dengan kecepatan atau tempo Largetto yang artinya memiliki sebuah sifat temponya adalah: Lebar-Luas atau  agak lambat sekali dengan kecepatan langkah adalah 58 samapi 63 per menit.


Ringkasan lagu " Tanah Airku"

Pencipta: Ibu Sud
Tahun diciptakan: 1927
Nada Dasar: D0=Bes
Birama: 4/4
Tempo: Largetto
Jenis Lagu: Wajib Nasional
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
close