Skip to main content

Rekomendasi KSP/ CU-Koperasi Simpan Pinjam Credit Union Terpercaya Untuk Rencana Keuangan Anda

myavitalia.com - Mengalola sebuah keuangan adalah wajib halnya bagi orang yang mau berkembang dari segi finansial. Berapapun yang anda dapat atau berpapun penghasilan ada tiap bulannya, anda harus bisa mengelolanya dengan baik.

Pengeleloaan yang tepat sesuai kondisi keuangan anda akan sangat memperngaruhi bagaimana keuangan anda berputar dalam kehidupan anda.


Dalam menyimpan atau menabung, dan meminjam untuk keperluan tertentu pun hendaknya bijak  dalam menyikapinya.

Mungkin suatu ketika bila anda dalam kondisi dimana sedang memerlukan sebuah pinjaman, janganlah sampai anda terkena pinjaman dengan bunga yang begitu besar tidak wajar, seperti kepada pinjaman kepada rentenir.

Di zaman modern ini, kalau soal menyimpan dan meminjam uang sudah banyak lembaga atau perorangan yang menawarkannya. Dari perbankan, pinjaman online, dan perkoperasian.

Namun dari beberapa lembaga keuangan yang saya pernah ikuti dan dalami, lembaga-lembaga tersebut memiliki kekurangan dan kelebihan tertentu, namun ada satu yang menarik bagi saya yang patut anda coba dan ikuti yaitu Koperasi, khususnya koperasi simpan Pinjam (Credit Union).

Credit Union (CU) dan Koperasi Simpan Pinjam (KSP)

Credit Union (CU)  merupakan sebuah himpunan orang - orang yang digerakan untuk berkumpul oleh daya hidup , yaitu berhimpun bersama untuk membentuk komunitas yang saling melibatkan, mengembangkan, dan mencerdaskan yang ditumbuhkembangkan melalui pendidikan, yang dalam kepercayaan dan kebersamaan terarah untuk membangun kesejahteraan dan kemakmuran bersama

Nah perlu di ketahui melihat dari definisi di atas bahwa CU ini merupakan bentuk koperasi. Dan CU pastilah sebuah lembaga Koperasi Simpan Pinjam (KSP). Namun KSP belum tentulah CU.

Mengapa demikian, karena sebuah CU pastilah memegang Trilogi Koperasi, dan berpijak pada 7 prinsip koperasi, sedangkan KSP yang bukan Credit Union seringkali digunakan hanya sebagai sumber inspirasinya saja dan kurang atau tidak menerapkan  trilogi dan 7 prinsip tersebut secara tepat.

Prinsip Koperasi:
1. Keangotaan bersifat sukarela dan terbuka.
2. Pengelolaan dilakukan secara demokrasi.
3. Pembagian SHU dilakukan secara adil sesuai dengan besarnya jasa usaha masing-masing anggota
4. Pemberian balas jasa yang terbatas terhadap modal.
5. Kemandirian
6. Pendidikan perkoperasiaan
7. Kerjasama antar koperas

Pernah mendengar Koperasi yang menjadi sebuah lembaga bodong atau bangkrut dikatakan koperasi gagal menjalankan usahanya seperti Koperasi Langit Biru dan Cipaganti, itulah koprasi tanpa landasan Trilogi  dan 7 prinsip koperasi yang kuat;

Peran anggota, pengurus dan management yang tidak sinkoron, Kegagalan yang terjadi bukan semata-mata kegagalan dari pengurus, melainkan andil dari anggota juga yang kurang peduli dalam peran serta mengawasi kinerja para pengurus, dan pengawas koperasi yang sudah dipercaya dalam keputusan RAT (Rapat Anggota Tahunan).

Dari banyaknya infomasi dan penyalahgunaan dari istilah koperasi dan penerapannya tersebut, maka hal tersebut dapat menjadikan mindset seseorang salah terhadap koperasi, dan takut akan Koperasi Credit Union.

Kelebihan dan Kekurangan Koperasi Simpan Pinjam Credit Union (KSP/CU)

Dari sekilas mengenai koperasi yang dibahas di atas yang merupakan gambaran umumnya saja, tentunya ada beberapa hal yang secara kasat mata dapat dilihat dan dirasakan sebagai kekurangan dan kelebihannya:

Berikut ini beberapa hal yang menarik perhatian saya:

Kekurangan:
1. Jaringan Sebuah KSP / CU tertentu sampai saat ini belum memiliki sebuah jarangan yang luas, biasanya hanya berada dalam jangkauan daerah tertentu.
2. Anda tidak bisa memperolah pinjaman sebelum anda menjadi anggota dan memiliki simpanan dikoperasi tersebut. (jika ada KSP yang menawarkan pinjaman, namun anda belum menjadi anggota danmemiliki simpanan dikoperasi tersebut, bisa dikatakan anda harus berhati-hati!-penipuan!!)
3. Untuk transaksi keuangan masih kebanyakan menggunakan sistem teller. Masih sedikit yang mengunakan sistem modern seperti ATM dan sejenisnya.

Kelebihan:
1. Tidak ada biaya administrasi bulanan pada simpanan anda yang dapat mengurangi tabungan anda.
2. Bunga Pinjaman relatif ringan, biasanya antara 0.5% sampai 2.5 % perbulan, tergantung kebijakan masing-masing koperasi (sangat ringan bila dibandingkan dengan bunga bank, apalagi bila dibandingkan dengan bunga rentenir)
3. Sebuah produk pinjaman dan tabungan bisa menjadi banyak jenisnya dengan penentuan bunga yang diputuskan bersama, semua itu tergantung dari keinginan rapat anggota, bukan sewenang-wenang dari managemen atau pengurus koperasi saja.
4. Setiap anggota berhak mendapatkan sebuah pembagian SHU (sisa hasil usaha) dengan perhitungan perbandingan tabungan atau simpanan anggota dalam koperasi tersebut dengan seluruh asset yang ada.
5. Yang sangat penting adalah biasanya seseorang yang akan meminjam harus minimal sudah mengikuti sebuah pendidikan koperasi minimal Pendidikan dasar.  (menjadi Anggota yang paham dan Pintar dalam mengelola keuangan)
6. Sebuah hal yang menyenangkan berkumpul dengan ribuan anggota dalam Rapat Anggota Tahunan (RAT) sembari mendapat sebuah hasil rapat bersama untuk kepentingan Koperasi.

Rekomendasi CU - KSP Untuk Anda

Maka dari itu semua, dalam hal ini,  saya memberikan sebuah rekomendasi beberapa CU yang sampai saat ini menjalankan tugasnya dengan benar dan koperasi tersebut semakin hari semakin maju.

10 Koperasi CU terbaik di Indonesia
1. Kopdit CU Lantang Tipo, Kalbar (paling cepat peningkatan keanggotaan).
2. Kospin Jasa Pekalongan (paling cepat peningkatan total aset).
3. KSP Mino Martani, Jateng (kinerja keuangan paling baik).
4. Kopdit CU Mandiri, Sumut (paling baik pemupukan modal sendiri).
5. KJKS MBT Bima, Jateng (paling baik kualitas aktiva produktif).
6. KSP Nasari, Jateng (paling efisien dalam beroperasi).
7. Kopdit Obor Mas, NTT (paling baik dalam manajemen usaha).
8. Kopdit Sehati, Jakarta (paling inovatif dalam mengembangkan usaha).
9. KSP Wisuda Guna Raharja, Bali (paling aktif dalam menyelenggarakan pendidikan anggota).
10. KSP Guna Prima Dana, Bali (paling patuh menyampaikan laporan keuangan)

2 KSP/CU yang sehat dan terpercaya di Kota Palembang
Bagi anda yang berada di daerah Palembang khususnya. Tidak ketinggalan juga di kota ini terdapat sebuah KSP - CU yang sudah dibuka untuk masyarakat umum kota Palembang dengan Anggota sudah mencapai ribuan dengan asset yang milyaran, Koperasi ini terus berkembang, baik dalam anggota dan assetnya dan tranparansi laopran keuangannya.

1. Koperasi Karya Jasa
Koperasi ini merupakan sebuah koperasi Simpan Pinjam yang awalnya adalah Koperasi Simpan Pinjam Karyawan Charitas Group. Kemudian membuka kesempatan untuk masyarakat umum bergabung di Koperasi ini. Asset koperasi sudah mencapai 67 milyar pada tahun 2018 lalu.

Sekilas Produknya:
Bunga Pinjaman dengsn sisten Flat dari 05% hingga 1,5 % perbulan
Maksimal pinjaman hingga 200jt.
Terdapat Pinjaman darurat, yang setiap saat tanpa banyak syarat bisa dicairkan yaitu sebesar 3 jt.
Untuk produk-produk lainnya baik itu pinjaman dan simpanan atau tabungan anda dapat melihatnya pada official website Koperasi karya jasa: karyajasa.com

atau datang langsung ke kantor operasional koperasi yang ada di KM 7 Samping FIKES Unika Musi Charitas (0711-5611237) dan Kompleks RS Charitas Pusat (0711- 372860 atau 0711-353375 ext 142)

2. Koperasi Rukun



Koperasi ini merupakan pengembangan dari koperasi karyawan Pansos, yang kemudian mengembangkan pelayanannya untuk umum. Anggota sudah ribuan dan memiliki asset 37.5 Milyar pada tahun 2012 lalu.

Sekilas Produk:
Bunga pinjaman dengan sistem "Bunga Menurun": sekitar rata-rata 2%
Maksimal pinjaman hingga 150juta
dan masih banyak lagi produk yang tersedia baik simpanan dan pinjaman.

Lebih jelas mengenai profil dan produk Koperasi Rukun ini anda dapat mengunjungi official website Koperasi tersebut: http://ksprukun.blogspot.com
atau datang langsung ke koperasi Rukun di Jl. Dempo Dalam Telp: (0711) 377497

Sebagai catatan
Dari pembahasan tentang koperasi CU/KSP ini, tentunya ada beberapa hal yang mesti diperhatikan:
Sebagai anggota harus wajib ikut dalam menyehatkan koperasi dengan berperan serta aktif dalam mengawasi koperasi.
Tingkatkan kemampuan managemen keuangan anda dengan mengikuti pendidikan yang diselenggarakan koperasi.
Khususnya dalam meminjam ikutilah prosedur yang ada untuk tetap membuat koperasi menjadi lebih baik baik itu anggota, managemen bahkan pengurus koperasi.

Bagi anda yang belum menjadi anggota koperasi, silahkan mencoba menggunakan lembaga ini untuk mengelola keuangan anda. Apa lagi bagi anada yang memiliki penghasilan menengah kebawah, Kopdit/KSP/CU ini biasa sangat membantu sekali untuk mengelola keuangan anda.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
close