Semua tentang Lagu "Satu Nusa Satu Bangsa" dari Sejarah, Makna, Lirik, Pencipta Hingga Notasi Lagu tersebut

myavitalia.com - Lagu " Satu Nusa Satu Bangsa" .. Sebuah lagu Wajib Nasional yang seharusnya tertanam dalam-dalam di dada rakyat Indonesia.

Dari banyaknya lagu wajib nasional yang sering diajarkan pada waktu kita sekolah dulu hampir semua memiliki sebuah nilai yang ditanamkan untuk selalu mencintai dan bersyukur atas bangsa ini serta rasa persatuan dan kesatuan untuk sebuah bangsa yang memiliki multi keberagaman. Salah satunya adalah Lagu Satu Nusa Satu Bangsa ini.

Lagu Ciptaan L. Manik ini memiliki sebuah sarat makna yang menitik beratkan bahwa sebuah keberhasilan dan kesuksesan sebuah bangsa yang memiliki beragam perbedaan, kuncinya adalah sebuah persatuan yang dapat mewujudkan Indonesia menjadi negara yang besar dan diakui dunia sebagai negara yang hebat.

Dalam Lagu tersebut diungkap bahwa bangsa kita adalah negara yang dibentuk atas dasar keberagaman yang disatukan dari sebuah wilayah atau pulau-pulau yang begitu luas, dari keragaman  bahasa, serta suku dan adat istiadat yang ada.


Menilik Sejarah Pencipta dan terciptanya Lagu Satu Nusa Satu Bangsa

Lagu Satu Nusa satu bangsa merupakan sebuah lagu yang memiliki nyawa dari gaung Sumpah pemuda yang di ucapkan pada 28 Oktober 1928.

Sebuah sumpah dari keinginan hati paling dalam oleh bangsa Indonesia untuk menjadi sebuah bangsa yang besar yang merupakan gabungan dari kebhinekaan yang ada. dari Sabang sampai Merauke, dan dari Barat sampai ketimur.

Dari spirit itulah lagu ini tercipta oleh sang komponis juga Pengajar music di ISI yang lahir di Sidikalang, Sumatera Utara pada tahun 1924 yaitu Liberty Manik.

Sebagai Komponis beliau memperdalam ilmunya dalam bidang musik sampai memperolah gelar Doctor music di Universitas Berlin, Jerman,d engan predicate Cum Laude.

Penggarapan lagu Satu Nusa Satu Bangsa tidak jadi begitu saja,namun melalui proses yang panjang. Setelah dirampungkannya lagu tersebut oleh L. Manik, lagu tersebut dikumandangkan untuk di perdengarkan pertama kalinya untuk umum dari sebuah siaran radio RRI pada tahun 1947.

Makna Satu Nusa dan Satu Bangsa

Dalam lagu Satu Nusa satu bangsa, terdapat istilah yang harus dipahami, mengapa harus satu?
Satu Nusa
Satu Bangsa
Satu Bahasa

Tiga istilah Nusa, Bangsa dan Bahasa secara nyata bahwa di indonesia memiliku beragam yang tiga tersebut tadi. Maka dari perbedaan yang ada, bukannya menjadi sumber perpecahan, melainkan menjadi sumber persatuan untuk menjadi satu bangsa yang besar.

Pengertian Satu Nusa
Nusa dalam hal ini diartikan dalah hal fisik. yaitu Indonesia memiliki banyak Nusa, yaitu pulau, pulau dan pulau lagi.

Pulau-pulau yang ada tersebut dipisahkan oleh sebuah laut, namun laut itu bukan hanya sebagai pemisah juga sebagai pemersatu dari pulau ke pulau lain.

Dari pulau-pulau yang ada, tidak semua memiliki jenis atau keadaan yang sama baik kekayaan bumi,  bahkan kebudayaan.

dari semua perbedaan dan keragamannusa yang terdapat di Indonesia, niatan harus terbentuk untuk menyatukan indonesia agar lebih kaya dan besar.

Dengan Kesatuan tersebut, tidak saling diskrimiasi dan saling melengkapi, tidak mustahil bangsa indonesia akanmenjadi sebuah bangsa yang kaya dan besar.

Maka satukanlah nusa tersebut dalam semua yang kita lakukan.

Jadi makna satu nusa dapat dirangkum bahwa meskipun kita banyak perbedaan, kita tetap bertanah air satu yaitu tnah air Indonesia.

Pengertian Satu Bangsa
Satu bangsa disini memiliki sebuah artian bahwa bangsa Indonesia terdiri daru suku bangsa yang beragam, dan akhirnya disatukan dalam satu ikatan sebuah bangsa, yaitu bangsa Indonesia

Indonesia memiliki berbagai suku, adat, kebiasaan yang berbeda-beda. Maka perbedaan itu jangan dijadiakan alan yang memisahkan, melaikan untuk menyatukan menjadi sebuah bangsa yang besar.

Dengan Semangat Bhineka Tunggal Ika, yang tertanam dalam lambang negara Indonesia yaitu sebuah pita kata yang di cengkeram oleh Garuda, mengajak kita untuk menjaga persatuan dari semua perbedaan yang ada.

Kesusahan, kesedihan, rasa bahagia kita rasakan bersama karena kita adalah bangsa Indonesia, kita saling menjaga.

Pengertian Satu Bahasa
Semua berangkat dari perbedaan nusa dan berpedaan suku bangsa, maka secara otomatis timbulah sebuah bahasa yang berbeda-beda.

Dari perbedaan bahasa yang ada, tidaklah bijak jika kita berkomunikasi dengan bahasa masing-masing yang tidak saling dimengerti.

Maka, biarlah bahasa daerah menjadi kekayaan bahasa Indonesia, namun bahasa Indonesia jadikanlah bahasa persatuan untuk saling mengerti dan memahami dalam berkomunikasi sesama warga bangsa Indonesia yang beragam namun satu.

Junjunglah bahasa persatuan  Bahasa Indonesia.

Partitur Sederhana Not Angka Lagu Satu Nusa - Satu Bangsa

Lagu yang sarat makna sebuah kebhineka tunggal ika -an bangsa Indonesia tersebut, liriknya cukup sederhana, sedikit, dan mudah dihapalkan.

Berikut lirik lagu Satu Nusa Satu Bangsa

Satu nusa
Satu bangsa
Satu bahasa kita

Tanah air
Pasti jaya
Untuk Slama lamanya

Indonesia pusaka
Indonesia tercinta
Nusa bangsa
Dan Bahasa
Kita bela bersama

Lagu tersebut akan baik dan pas dinyayikan jika dibawakan dalam Nada dasar Do=Bes dengan tempo Andante Maestoso yang artinya anda harus membawakan dengan lambat dan dalam suasana agung atau hikmat. Biasanya temponya dalam hitungan 72-76 M.M


Jika anda ingin belajar atau mengajarkan lagu satu nusa-satu bangs kepada anak didik anda dengan pas, namun anda belum memiliki feeling nada yang akurat, anda dapat belajar nada dan notnya dengan partitur not angka sederhana diatas.

Semoga bermanfaat.

Comments

Popular posts from this blog

Cara Mudah Membuat Jadwal Piket /Jadwal Dinas 3 Shift

100+ Nama Baptis Katolik Berdasarkan Pesta Nama orang Kudus dari Buku Puji Syukur

4 Cara Mudah Menutup Polis Asuransi Prudential