Cara Pengetikan Not Angka Pada Partitur Lagu di MS Word

myavitalia.com - Belajar menyanyi ataupun mengajarkan menyanyi, kadang tidak hanya cukup mengajak seseorang mendengarkan sebuah lagu lalu menghapalkannya. Sebuah kepiawaian membaca notasi atau nada yang benar pun perlu diajarkan atau dipelajari.

Dengan membaca notasi yang benar sedikit banyak juga kita kan mengetahui ketukan dan nada yang sebenarnya harus di keluarkan. Dengan begitu andaikata kita mendengar orang bernyanyi dengan nada yang tidak semestika, kita akan tahu.

Sebuah nada dalam partitur lagu, biasanya dapat berupa Not Balok dan Not Angka.

Not balok biasanya berupa lambang-lambang atau gambar dalam posisi tertentu sehingga dapat dibaca sebagai not tertentu.

Sedangkan Not angka sendiri, terlihat lebih sederhana, karena berupa kumpulan angka dari 1 sampai 7 yang mungkin bisa dimengerti semua kalangan.




Kumpulan syair dan not yang ditulis dengan benar dalam sebuah partitur lagu akan sangat berpengaruh sekali akan ketepatan sebuah lagu yang di bawakan.

Sofware Penulisan Partitur Not Balok dan Not Angka

Nah, pernah terbayangkankah olah anda, bagaimana para composer atau penulis sebuah partitur lagu mengerjakanya sehingga bisa menjadi sebuah partitur lagu yang benar dan baik.

atau mungkin anda sebagai seseorang yang hobi mengaransemen lagu namun tidak tau menuangkannya dalam sebuah partitur dengan ktikan yang rapi, dan ingin mencari bagai mana cara membuatnya..

Nah ternyata dalam membuat sebuah partitur Not Balok, terdapat banyak sekali pilihan seperti Finale, Sibelius, Encore, MuseScore dan masih banyak pilihan lainnya.

Berbanding terbalik dengan Pembuatan Not Angka, sampai saat ini belum ada pengembang sofware yang secara khusus membuat program atau software untuk membuat Partitur lagu dengan kerangka Not Angka.

Sehingga ada kalanya Partitur Not Angka di buat secara manual ataupun tulis tangan. Dan yang lebih keren lagi untuk saat ini, masih sebatas menggunakan program bawaan Microsoft yaotu MS Word dengan sedikit modifikasi pada penambahan jenis font tertentu.

Penerapan Pengetikan Partitur Not Angka di MS Word

Notasi dengan Not Balok, seringkali masih dikata belum merakyat dengan masyarakat umum dalam penggunaannya. Sehingga Not Balok perlu belajar khusus untuk memahami dan menggunakannya.

Sedangkan Not Angka bisa dibilang sudah sangat umum dilihat dan digunakan dari anak TK untuk belajar pianika, hingga paduan-paduan suara atau Koor dengan suara SATB dalam lagu gerejani pun pada umumnya menggunakan Not angka.

Bagi anda pencinta lagu dan kreatif dalam beraransemen namun tidak menguasai Notasi dengan Not Balok, atau anda sebagai tenaga pendidik bagi anak les pianika atau sejenisnya ingin membuatkan Contekan not-not nada kepada anak didik anda, Anda bisa mencoba menerapkan pembuatan partitur lagu Not Angka tersebut cukup dengan MS Word. dengan hasil yang bisa dikatakan memuaskan.

Langkah Teknis yang dapat dilakukan yaitu

1. Download Font Notasi Angka dan Meletakkannya di Folder FONTS

Untuk memulai membuat Not Angka di MS Word, untuk pertama kali anda harus menambahkan terlebih dahulu Jenis Font Notasi Angka dalam kumpulan FONTS di MS Word tersebut.

Caranya:
1. Silahkan Download dahulu Font Notasi Angka tersebut IBRITE-NOTANGKA.TTF

Selanjutnya, cari hasil file yang di download tadi, Lalu letakkan File Font ibrite-notangka.ttf tersebut pada folder Font dengan cara meng copy (Ctrl + C) Paste (Ctrl + V) Fonts hasil download tadi ke drive C:\Windows\Fonts 



Jika File Font tersebut masuk di folder Fonts tersebut, maka pada pilihan Font di MS Word secara otomatis akan muncul dan terinstal dengan sendirinya.


Catatan: Fonts "Notasi Angka (ibrite-notangka.ttf)" yang di gunakan ini merupakan persembahan dari "hendri Yulianto" seorang yang aktif dalam menulis dan mengaransemen lagu-lagu gerejani dalam bentuk Partitur Lagu Paduan SATB Not Angka. Silahkan Kunjungi Blongnya di Henri Yulianto Press


2. Ketik dengan Tehnik Kombinasi yang berurutan

Setelah anda meletakkan atau mengistal Not angka pada perbendaharaan Fonts di MS Word, maka selanjutnya adalah melakukan pengetikan not angka tersebut.

Dalam sebuah Partitur Not angka, biasanya terdapat sebuah tanda-tanda khusus untuk menunjukkan sebuah tempo lagu, birama lagu, not naik setengah atau turun setengah, nada dengan oktaf tinggi atau oktaf rendah, dan bebrepa tanda lainnya.

Untuk membuat tanda seperti itu untuk jenis fonts biasa, hal tersebut tidak bisa dilakukan dengan sempurna.

Dengan Pemilihan Font Notasi Angka ini, anda dapat melakukannya yaitu dengan melakukan sebuah urutan pengetikan yang benar dan beberapa kombinasi dalam pengetikan, tanda-tanda yang dimaksud akan muncul dengan sempurna.

Berikut urutan penulisan not angka dengan tanda tertentu:
  • Nada Naik setengah = ketik nada (angka) dilanjutkan dengan tanda "/" 
  • Nada turun setengah = Ketik Nada (angka) dilanjutkan dengan tanda "\"
  • Titik atas (nada Oktaf tinggi) = Ketik Nada (angka) dilanjutkan dengan tanda " >"
  • Titik Bawah (nada Oktaf bawah) = Ketik nada (angka) dilanjutkan dengan tanda "<"

Karakter pengganti tanda tertentu
  • Fermata = gunakan tanda "$"
  • Spasi antar nada = gunakan "@"
  • Legato singkat = gunakan angka "9"
  • Pembuka Legato =  gunakan tanda "("
  • Penutup legato = gunakan tanda ")"
  • Garis satu atas = gunakan tanda "_"
  • Garis dua atas = gunakan tanda "="
  • Bar dua garis tipis  = gunakan tanda "{"
  • Bar dua garis tebal = gunakan tanda " }"
  • Bar satu garis = gunakan tanda " | "

Tips Penulisan Not Angka di MS Word.


Untuk menulis yang rapi sebuah partitur Not angka di MS Word, gunakan trik ini:
  • Untuk jarak antar nada, selalu gunakan "@" untuk memberikan sebuah jarak antar not tetap stabil dan teratur, juga jangan gunakan tanda spasi biasa untuk menghindari terjadinya link otomatis jika di enter karena terbaca sebagai tanda sebuah email "at-@",
  • Sedangkan pada Syair gunakanlah Spasi biasa untuk menyesuaikan letak suku kata agar tepat dengan Not di atasnya
  • Untuk jarak antar barisnya, sebaiknya buatlah ukuran rapat 0 spasi, agar tampilan tanda Fermata, Garis ketukan 1/2 atau 1/4 lebih terlihat rapi. (Remove Spaca After Paragraph)
  • Pada pengetikna Not (Nada) gunakanlah Font "Not Angka", tapi untuk pengetikan Syair gunakanlah Font ynag lain seperti Lucida Bright,Calibri atau yang lainnya. Karena pada karakter-karakter tetentu, pada fonts Not Angka akan bebeda dengan huruf atau tanda yang tertera di Keyboard.
  • Untuk pengetikan tanda legato yang panjang, Garis Bar 2 atau 1 untuk SATB gunakan alternatif dengan memanfaatkan menu Insert - Shape dengn jenis Line.
  • Tips pamungkas yang harus diingat adalah, pada saat pengetikan sebisa mungkin gunakanlah tampilan halaman pada posisi view 100%, posisi ini hampir 99% tepat dengan hasil print outnya. 
  • Pada kasus ini, ukuran tampilan halaman dengan view lebih atau kurang dari 110% biasanya tidak akan sama dengan print outnya. Untuk memastikannya sebelum anda mencetaknya, silahkan cek dulu di Print View atau pratinjaunya terebih dahulu.
JIka anda ingin mencoba dengan font-font terbaik lainnya seperti Font Parnumation, Notangka2, dan Doremi, silahkan download File.ttfnya serta panduan cara pemakaiannya pada artikel selanjutnya di Kumpuaan Font Notasi Angka (download beserta panduannya)

Bonus Download Partitur Sederhana Lagu Indonesia Raya dalam Not Angka di MS Word

Nah, itulah beberapa trik dalam membuat partitur lagu dengan Not angka di MS word. 

Jika anda berminat melihat hasil pengetikan not angka yang saya buat, untuk jadi refrensi cara kerjanya, anda bisa mendownloadnya di sini, yaitu Contoh Partitur Not Angka Lagu Indonesia Raya.

Penutup
Anda bisa mendapatkan hasil yang baik, karena anda sudah berlatih dan terbiasa, dan terus belajar dari pengalaman yang salah, maka jangan takut salah dan carilah sebuah solusi.

Dalam Menulis Partitur Lagu dengan Not Angka di MS Word, butuh ketelatenan dan kekreatifan seseorang dalam memainkan semua fitur di MS Word dengan bantuan Font tanbahan "Font Notasi angka"

Selamat Mencoba!!

Comments

Popular posts from this blog

Cara Mudah Membuat Jadwal Piket /Jadwal Dinas 3 Shift

100+ Nama Baptis Katolik Berdasarkan Pesta Nama orang Kudus dari Buku Puji Syukur

4 Cara Mudah Menutup Polis Asuransi Prudential