Mudah Sekali! 5+ Cara Merubah File PDF ke Word-offline-online baik dari PC/laptop ataupun HP

myavitalia.com - Sebuah pekerjaan berupa tulisan ada kalanya memerlukan sebuah sumber dari dokumen lain.

Saat ini dokumen-dokumen tersebut bisa sangat mudah dicari melalui internet. Salah satu penyebaran dokumen di internet, format yang paling populer adalah dengan format PDF (lihat cara mengubah ms word ke format PDF).

Jika jika anda sebagai pemublikasi sebuah dokumen tersebut, pastilah memiliki sebuah master dari MS word untuk selanjutnya bisa diedit sesuai kemauan penulisnya tersebut.

Namun, jika anda adalah seseorang yang mencari sumber untuk sebuah tulisan tersebut dalam format PDF, dan ingin menggunakannya untuk keperluan tertentu, yang ada kalanya memerlukan sebuah editan tulisan terlebih dahulu sebelum mempresentasikannya atau mempulbikasikannya kembali, mungkin anda akan sangat melelahkan jika menulis ulang kembali tulisan tersebut.

Salah satu cara untuk memudahkan anda mengerjakan pengediten tersebut atau mengambil sebuah data tulisan dari format PDF ke format MS Word /*doc/*docx, anda dapat melakukan konversi langsung dokumen format PDF tersebut menjadi sebuah dokumen format *doc (Ms Word).


Saat ini sebenarnya sudah tidak susah lagi untuk konversi dokumen tersebut. sudah banyak sekali penyedia layanan konversi pdf ke ms word, baik mulai dari sistem online maupun berupa aplikasi offline yang harus diinstal dahulu di komputer anda.

Berikut beberap cara yang anda dapat lakukan untuk mnegambil data dari file pdf dan mengkonversikannya ke file MS Word baik *.doc atau *.docx

Mengubah file atau data PDF menjadi file atau data di MS Word, melalui sistem online.


Untuk melakukan konversi tersebut, saat ini banyak sekali bertebaran situs-situs penyedia layanan pengubah file PDF ke WORD, baik itu yang gratis free ataupun sistem trial ataupun premium. anda cukup memasukkan kata kunci pdf to word online atau sejenisnya seperti pdf ke word atau mengubah pdf ke word online dan seterusnya. Anda akan melihat banyak sekali disuguhkan situs atau website conberter tersebut, anda tinggal memilih saja.


Dari berbagai pilihan yang disuguhkan, pada kesempatan ini saya akan memberikan contoh 2 situs converter populer yang sering direkomendasikan yang pastinya memiliki free service dan pastinya memuaskan juga yaitu convertonlinefree.com dan ILovePDF.com

1. Converter Online PDF to word melalui iLovePDF

Sebenarnya dan seperti namanya " I Love PDF", merupakan sebuah situs multi fungsi poengolah file PDF, bukan hanya untuk urusan mengubah file pdf ke word melainkan sebuah situs untuk converter file pdf ke berbagai jenis atau format dokumen atau sebaliknya dari berbagai jenis dokumen lain ke format pdf.

Untuk mengkonver file PDF ke word anda dapat membuka langsung situsnya dengan url https://www.ilovepdf.com/pdf_to_word

Untuk prosesnya sendiri sangat mudah anda hanya perlu upload, file pdf yang sudah disiapkan, selanjutnya convert.



# Select PDF File (pilih atau browse file pdf dari sumber yang sudah disiapkan, baik itu dari Komputer / Google drive / Dropbox)
# setelah file ter upload dan nampak file tersebut pada layar, selanjutnya anda cukup menlanjutkan dengan tekan Convert to Word
#Proses konversi akan berlangsung, jika sudah selesai, silahkan tekan tombol Download word anda akan dibawa ke jendela untuk menyimpan file tersebut kedalam format ms word, isi nama file dan save

2. Convertonlinefree.com (Online)

Seperti pada situs sebelumnya, situs atau website converter ini prosesnya memiliki proses yang sama, yaitu upload, proses conver, dan download hasil ms wordnya.

Di situs ini anda akan mendapatkan keuntungan
  • Layanan yang sepenuhnya gratis
  • Konversi PDF berkualitas tinggi baik ke FILE *.DOC ataupun ke *.DOCX
  • Tidak diperlukan informasi pribadi (file dikembalikan ke browser Internet Anda)
  • Konversi langsung
  • Maksimal File yang dapat diterima atau di upload sampai pada ukurun 50 MB, untuk kapasitas diatas 50MB tidak diterima


# Untuk memulai konversinya, silahkan kunjungi url https://convertonlinefree.com/PDFToWORDEN.aspx

# Pilih jenis hasil konversi yang di inginkan (doc atau docx)

# Selanjutnya upload file PDF yang telah disediakan (Browse) dan Konversi (Convert)

# setelah proses konversi selesai, silahkan simpan hasil konversi tersebut dengan nama file dan folder yang anda tentukan sendri.

Itulah 2 situs terbaik dan gratis yang mungkin bisa anda coba, atau jika anda ingin mencoba yang lain, anda dapat mencarinya atau browsing langsung di internet dan anda bisa coba satu persatu untuk mendapatkan sesuai keinginan anda.

3. Melalui Google Docs (Gogole Drive)

Google merupakan sebuah perusahaan raksaksa yang diakui menguasai produk hampir disegala bentuk layanan dunia maya. Salah satunya adalah produk pengolahan dokumen.

Layanan tersebut memunculkan sebuah produk dengan nama Google Docs.

Google docs salah satu kegunaaannya adalah mengkonversi dokumen PDF menjadi bentuk Microsoft word.

Syarat utama untuk bisa membuka Google Docs anda harus memiliki Account Gmail terlebih dahulu.

Langkah yang dapat dilakukan

# Silahkan masuk terlebih dahulu ke Google Drive dengan account Gmail anda.

# Upload File PDF dengan meng Klik +Baru --> Upload file

# Tunggu proses upload selesai hingga file tersebut masuk ke google drive.

# Setelah berhasil. Silahkan Klik Kanan pada file PDF tersebut. Buka Dengan ---> Google Dokumen


# Setelah dokumen PDf tersebut terbuka dalam google dokumen, maka dokumen dapat di edit sesuai keingginan anda. anda bisa mengeditnya langsung ataupun langsung menjadikannnya kedalam bentuk MS Word


# Langkah selanjutnya adalah menyimpan dokumen tersebut kedalam bentuk ms word. File--> Download sebagai ---> Microsoft Word(.docx)

Mengubah PDF menjadi MS Word (Doc-Docx), melalui Aplikasi Offline

Selain melalui online, secara offline pun bisa dilakukan untuk pengambilan dokumen pdf menjadi dokumen ms word.

Aplikasi-aplikasi offline tersebut anda bisa dapatkan dengan mendownload dan menginstalnya di komputer anda terlebih dahulu. 

Atau mungkin juga, konversi pfd to word sudah menjadi salah satu fitur tambahan dari sofware MS Office itu sendiri seperti yang terdapat pada MS Office 2013, 2016 dan versi diatasnya.

Berikut beberapa rekomendari Sofware atau aplikasi  offline yang dapat digunakan untuk konversi PDF ke dokumen word

4. Microsoft office-MS Word 2013, 2016 dan versi di atasnya
Bagi anda pengguna MS Office 2013 dan versi diatasnya, anda bisa langsung bisa menikmati fitur tambahan pada sofware ini yaitu  fitur untuk merubah atau membuka file pdf menjadi sebuah dokumen word yang bisa di edit secara langsung dari MS Word yang sedang dibuka.

Caranya cukup mudah.

# Buka file PDF langsung dari MS Word dengan cara klik menu File ---> Open 

Selanjutnya setelah file PDF akan terbuka pada MS Word, bisanya utnuk pertama kalinya akan muncul sebuah peringatan berupa jendela pop up, silahkan langsung klik "OK" saja.

# Maka file PDF tersebut akan siap di sunting atau  di edit langsung melalui MS Word tersebut. Silahkan edit sesuai kebutuhan.

# Setelah dirasa cukup. silahkan saja langsung simpan dalam bentuk atau Type Word dengan extensi *.Docx dengan cara File -> Save As--> Pilih jenis /tipe/ format DOCX


5. Menggunakan UniPDF (Aplikasi Offline)
Sofware Offline selanjutnya adalah aplikasi UniPDF. UniPDF merupakan sebuah sofware pengubah PDf ke Word yang memiliki banyak kemudahan seperti memiliki lisensi gratis alias tidak berbayar, mudah digunakan dan masih kompitable dengan Windows XP keatas seperti Vista, Win 7, Win 8,dan Win 10.

Untuk versi tidak berbayar ini anda hanya dapat mengkonveri file pdf dengan maksimal 3 halaman. namun jika ingin melanjutkan dengan versi berbayarnya anda bisa mendapatkan fasilitas lebih yaitu dalam sekali konversi dapat mengubah lebih dari 3 halaman sekaligus.

Untuk mendapatkn aplikasi ini anda bisa download langsung pada url https://unipdf.com/download/ kemudian silahkan instal aplikasi tersebut agar segera dapat digunakan untuk mengkonversi file pdf yanganda inginkan.

Cara melakukan konversi tersebut sangat mudah

# Buka aplikasi UniPDF

# Tambahkan File PDF yang akan diubah dengan memilih menu Add+ pada bagian kiri bawah aplikasi tersebut



#Pilih Jenis outputnya dengan jenis " Word". Pada pengaturan standar file word tersebut akan berbentuk format *.rtf, jika anda hendak mengubahnya pada format *.doc, anda bisa mengubahnya pada menu setting--> word format--> pilih format *.doc / *.rtf 




# Proses selanjutnya adalah dengan tekan "Convert" untuk memulai proses pengubahan tersebut.

# Tunggu hingga selesai. Dan jika proses telah selesai, anda dapat membukanya langsung baik memuka file secara langsung (open Converted file) ataupun hanya memuka folder dimana file itu berada (open Output Path) lalu tekan "OK" ataupun anda bisa membukanya nanti dengan menekan "Cencel"

5. Menggunakan Adobe Acrobat PRO
Adobe Acrobat merupakan sebuah aplikasi buatan Adobe System yang memiliki fitur dan fungsi sebagai aplikasi editing file PDF, cut, merge, move, add hingga conversi pdf kedalam format word, baik docx (word 2007 higher) ataupun doc (Word 97-2003)

Jika anda belum menggunakan aplikasi ini, anda bisa mendapatkannya melalui url https://acrobat.adobe.com/us/en/acrobat/acrobat-pro.html , silahkan download dan instal di pc / laptop anda.

# Buka aplikasi tersebut

# Buka file PDF yang sudah anda siapkan. File --> Open

# Setelah terbuka anda bisa langsung menyimpannya kembali dengan format dokumen ms word dengan dua pilihan Word Document (Docx) atau Word 97-2003 (Doc).




#Caranya menyimpannya: File - Export to - Microsoft Word - Pilih Word Document atau Word 97-2003

6. Aplikasi android (PDF Converter) - Melalui HP

Untuk mengkonvert PDF ke Word saat ini, bukan lagi hanya bisa dilakukan melalui PC / Laptop saja. Peranan HP -Android-iOS saat ini telah menjadi sebuah PC/ Laptop ke 2 dalam tanggan anda. Hampir semua kegiatan yang dilakukan di komputer, bisa dilakukan juga di HP.

Salah satu bentuknya adalah aplikasi koverter ini.

Banyak aplikasi Konverter PDF ke word yang di tawarkan melalui Google Play, anda tinggal memilih saja, cukup dengan mengetik kata kunci, PDF to word converter, berderet aplikasi akan terlihat, anda tinggal download sesuka anda.

Inti dari cara kerjanya adalah buka PDF-- convert --- Simpan.

Berbagai aplikasi pdf conveter di Google play


Pada kesempatan ini, saya akan membagikan satu saja contoh pdf converter ke Word yang sering direkomendasikan oleh banyak pengguna untuk memberikan gambaran saja, karena pada umumnya cara kerja yang harud dilakukan relatif sama semua.

Aplikasi ini adalah PDF Converter yang dikeluarkan dari Offiwis. Anda bisa mendownloadnya pada link https://play.google.com/store/apps/details?id=com.ticktalk.pdfconverter


Langkahnya: sangat mudah sekali
# Buka likasi tersebut PDF Converter

# Tambahkan File PDF dengan mnegetuk tanda Plus (+) pada bagian pojok kanan bawah

# Lalu muncul beberapa tab jenis-jenis file yang akan di tampikan--> anda silahkan pilih tab untuk format PDF.

# dengan memilik fomat PDF tersebut aka akan muncul kumpulan semua File PDF yang ada di drive HP anda. Pilih salah satu yang akan di ubah ke MS Word

# Klik File PDF tersebut, maka akan muncul sebuah jendela Convert PDF to, anda pilih saja DOC word Document


# Dengan memili DOC Word dokumen--> anda akan diarahkan kembali ke jenis word dokumen yang lebih mendetail yaitu DOC (Word 97-2003) atau DOCX (word 2007 ke atas). piih salah satu sesuai kebutuhan.

# Selanjutnya, silahkan beri nama dokumen baru hasil dari output PDF ke word tadi. Lalu ketuk "OK"

# Tunggu proses sampai selesai. Maka Hasil convert tadi akan berubah menjadi format DOC atau DOCX dengan nama baru yang diberikan tadi.

Itulah 6 cara sebagai contoh yang anda dapat lakukan untuk mengubah PDF ke Word. Untuk kualitas hasil konversi tersebut, akan sangat dipengaruhi sekali dari kualitas resolusi dari File PDF sebelumnya.

Sebagai Catatan:

Jika PDFnya memiliki kualitas gambar atau text yang baik, akan baik pula hasil convert di MS Wordnya.

Atau juga, hasil convert akan berbeda, atau akan terlihat acak-acakan jika isi dokumen PDF tersebut banyak memiliki gambar atau tabel yang banyak dan tidak beraturan.

Demikian sharing beberaa tutuorial website atau aplikasi pengubah pdf  ke ms word. Semoga dapat bermanfaat.

Dan jika anda menemukan, situs atau aplikasi lain yang mungkin lebih baik, silahkan berbagi di kolom kementar di bawah...

Terimakasih 

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Mudah Sekali! 5+ Cara Merubah File PDF ke Word-offline-online baik dari PC/laptop ataupun HP"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel